Sukses

Tatkala Malaikat Jibril Bertanya kepada Rasulullah SAW Kapan Kiamat Terjadi

Malaikat Jibril kerap menyamar sebagai manusia biasa ketika menjumpai Rasulullah SAW. kehadirannya ini bisa disaksikan oleh para sahabat-sahabatnya. Pernah suatu ketika Jibril hadir menemui Rasulullah SAW dan menanyakan perihal tanda-tanda kiamat.

Liputan6.com, Cilacap - Malaikat Jibril pernah menyamar sebagai manusia biasa ketika menjumpai Rasulullah SAW. Kehadirannya ini bisa disaksikan oleh para sahabat-sahabatnya.

Pernah suatu ketika Jibril hadir menemui Rasulullah SAW dan menanyakan perihal kapan waktu kiamat terjadi.

Kedatangan Malaikat Jibril ini sejatinya mengajarkan kepada para sahabat lewat lisan mulia Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itu hadis ini populer disebut sebagai hadis Jibril.

Dalam hadis itu Malaikat Jibril datang menyerupai manusia ini seolah-olah sedang belajar agama kepada Rasulullah SAW. Jibril hadir sebagai sosok orang yang bertanya dan membutuhkan jawaban perihal pengetahuan agama.

Termasuk yang ditanyakan ialah tentang tanda-tanda kiamat. Fenomena ganjil dan menakjubkan ini disebutkan oleh Rasulullah SAW untuk menjawab pertanyaannya.

Berikut ini tanda-tanda kiamat dalam hadis Jibril sebagaimana dirangkum dari laman pecihitam.org.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jibril Bertanya tentang Kiamat Kepada Rasulullah

Malaikat Jibril bertanya kepada Rasulullah SAW perihal hari kiamat dan tanda tandanya. 

…قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ السَّاعَةِ، قَالَ: مَا الْمَسْؤُوْلُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ. قَالَ فَأَخْبِرْنِي عَنْ أَمَارَاتِهَا، قَالَ أَنْ تَلِدَ اْلأَمَةُ رَبَّتَهَا وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُوْنَ فِي الْبُنْيَانِ، ثُمَّ انْطَلَقَ فَلَبِثْتُ مَلِيًّا، ثُمَّ قَالَ : يَا عُمَرَ أَتَدْرِي مَنِ السَّائِلِ ؟ قُلْتُ : اللهُ وَرَسُوْلُهُ أَعْلَمَ . قَالَ فَإِنَّهُ جِبْرِيْلُ أَتـَاكُمْ يُعَلِّمُكُمْ دِيْنَكُمْ

…Beritahukan aku tentang hari kiamat (kapan terjadinya).” Beliau menjawab, “Yang ditanya tidaklah lebih mengetahui dari yang bertanya.” Dia berkata, “Beritahukan kepadaku tentang tanda-tandanya?“ Beliau menjawab, “Jika seorang budak melahirkan tuannya dan jika kamu melihat orang yang sebelumnya tidak beralas kaki dan tidak berpakaian, miskin dan penggembala domba, (kemudian) berlomba-lomba meninggikan bangunan,” Orang itu pun pergi dan aku berdiam lama, kemudian Beliau bertanya, “Tahukah kamu siapa yang bertanya tadi?” Aku menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Beliau bersabda, “Dia adalah Jibril yang datang kepadamu dengan maksud mengajarkan agamamu.” (HR. Bukhari Muslim)

3 dari 3 halaman

Fenomena Ganjil dan Menakjubkan Sebagai Tanda-tanda Kimat

Malaikat Jibril membiarkan Nabi untuk menerangkan jawabannya di hadapan para sahabatnya.

“Tidaklah orang yang ditanya itu lebih mengetahui daripada orang yang bertanya” merupakan ungkapan yang menunjukan bahwa tidak ada makhluk yang mengetahui kapan terjadinya kiamat kecuali Allah Swt saja. Bahkan baik Nabi Muhammad Saw maupun Malaikat Jibril As juga tidak mengetahui kapan waktu terjadinya kiamat, kecuali hanya mengetahui tanda-tanda datangnya saja.

Berdasarkah hadis di atas tanda-tanda datangnya yaitu: jika seorang budak melahirkan tuannya dan jika kamu melihat orang yang sebelumnya tidak beralas kaki dan tidak berpakaian, miskin dan penggembala domba, (kemudian) berlomba-lomba meninggikan bangunan.

Sebagaimana firman Allah Swt:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Mereka bertanya kepadamu tentang Kiamat, ‘Kapankah terjadinya?’ Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu adalah pada sisi Rabb-ku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.’” (QS. Al-A’raf ayat 187).

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.