Sukses

Kaum Wanita Disebut Sebagai Penghuni Terbanyak Neraka, Bagaimana dengan Surga?

Balasan atas segala amal perbuatan manusia selama di muka bumi adalah surga dan neraka. Namun tak ada yang dapat memastikan siapakah yang paling banyak menghuni surga atau pun neraka. Ternyata ini jawabannya menurut hadis nabi.

Liputan6.com, Jakarta - Surga dan neraka merupakan balasan atas segala perbuatan yang dilakukan manusia selama hidup di dunia. Tentunya surga merupakan harapan tempat kembali bagi setiap orang di akhirat kelak.

Surga juga digambarkan sebagai tempat suci dan paling baik sebagaimana dijelaskan dalam salah satu firman-Nya QS. As-Saff ayat 12,

يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ وَمَسٰكِنَ طَيِّبَةً فِيْ جَنّٰتِ عَدْنٍۗ ذٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُۙ 

Artinya: “niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam surga ‘Adn. Itulah kemenangan yang agung”.

Namun, ternyata dalam suatu hadis menyebutkan bahwa penghuni neraka kebanyakan adalah kaum wanita. Hal tersebut didasarkan pada sabda Rasulullah yang menyatakan bahwa kebanyakan kaum wanita ingkar atas perbuatan baik suaminya. 

Jika demikian, lantas siapa sebenarnya penghuni surga yang dijanjikan banyak kemuliaan tersebut? Berikut ulasannya melansir dari laman merdeka.com.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Muncul Pertanyaan Mengenai Penghuni Surga

Penghuni neraka disebutkan merupakan mayoritas dari kaum wanita. Lantas, mengapa demikian?

Dalam bab khusus yang dicantumkan Imam Bukhari, terdapat satu hadis yang mengungkapkan alasan mengapa wanita menjadi mayoritas dari penduduk neraka. Hadis tersebut tak lain merupakan sabda Rasulullah yang diucapkan kepada beberapa sahabiyah atau sahabat perempuan.

Adapun bunyi hadis sahih tersebut yakni sebagai berikut,

"Rasulullah Saw bersabda: 'Wahai para perempuan sekalian bersedekahlah! Karena sesungguhnya aku diperlihatkan bahwa mayoritas penghuni neraka adalah kalian (kaum perempuan).' Kemudian para perempuan itu bertanya: 'Mengapa ya Rasulullah?' Rasul pun menjawab: Kalian sering melaknat dan berbuat kufur kepada suami."

Berkaca dari hal tersebut, golongan awal umat Islam pun lantas mengalami perdebatan antara kaum laki-laki dengan wanita mengenai perkara penduduk surga. Hal itu diungkap oleh Ibnu Sirin yang mengutip hadis riwayat sahabat Abu Hurairah ra.

"Dari Ibnu Sirin, ia bercerita bahwa laki-laki dan perempuan bertikai perihal jenis mana di antara mereka yang paling banyak menghuni surga. Mereka lalu bertanya sahabat Abu Hurairah ra, ia berkata, Nabi Muhammad saw bersabda seperti hadits riwayat Ibnu Ulayyah sebelumnya dari Abu Hurairah ra," (HR Muslim).

3 dari 4 halaman

Ditengahi Sahabat Rasulullah

Melihat perseteruan yang terjadi antara kaum laki-laki dan wanita perihal penduduk surga, sahabat Abu Hurairah pun diketahui berusaha menengahi. Upaya tersebut dilakukan dengan mengungkap salah satu hadis Rasulullah SAW.

Menurut hadis sahih dari sabda Rasulullah, gambaran mengenai penduduk mayoritas surga yakni dijelaskan melalui penyebutan golongan.

Di antaranya yakni golongan yang senantiasa bercahaya bak bulan purnama. Sementara golongan kedua yakni manusia yang senantiasa bercahaya bak bintang pada malam hari.

Adapun hadis tersebut yakni berbunyi sebagai berikut.

"Dari Muhammad bin Sirin, suatu hari lak-laki dan perempuan saling membanggakan dan menyebut-nyebut diri, apakah laki-laki atau perempuan yang lebih banyak di surga. Sahabat Abu Hurairah ra berkomentar, ‘Bukankah Nabi Muhammad saw telah bersabda, ‘Rombongan pertama masuk ke surga dengan bercahaya laksana bulan purnama. Rombongan berikutnya juga bercahaya laksana bintang yang berkilau di langit. Setiap laki-laki memiliki dua istri yang sumsum betis keduanya tembus terlihat dari balik daging. Di surga tidak ada jomblo," (HR Bukhari dan Muslim).

4 dari 4 halaman

Jawaban Mengenai Mayoritas Penduduk Surga

Sejumlah ulama seperti Imam An-Nawawi pun berusaha menafsirkan maksud dari sejumlah hadis mengenai golongan penduduk surga. Pemahaman tersebut disimpulkan bahwa perempuan merupakan mayoritas dari penduduk surga Allah di hari akhir kelak.

Bukan bidadari yang dijanjikan bakal menjadi pendamping kaum laki-laki, namun golongan perempuan tersebut merupakan dari jenis manusia.

"Al-Qadhi berkata, secara harfiah hadits ini mengatakan, perempuan merupakan penghuni terbanyak surga. Tetapi hadits lain menyebutkan bahwa mereka adalah penduduk terbanyak neraka. Keluar dari pertemuan kontradiksi ini, dapat dikatakan bahwa perempuan merupakan keturunan terbanyak anak Adam. Semuanya merupakan bangsa manusia. Kalau tidak dipahami demikian, tentu jumlah bidadari yang banyak itu akan disebut sebagai pasangan seorang laki-laki penghuni surga," (Imam An-Nawawi, Al-Minhaj fi Syarhi Shahih Muslim Ibnil Hajjaj, [Kairo, Darul Hadits: 1998 M/1419 ], juz IX, halaman 189).

Menurut kisah tersebut, diperoleh informasi jika generasi awal umat Islam pernah mendebatkan perkara penghuni surga. Dengan demikian melalui sejumlah hadis sahih yang merupakan perkataan Rasulullah dapat dijadikan sebagai titik terang untuk dipahami umat Islam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.