Sukses

10 Kata-Kata Hari Guru 2023, Quotes Penuh Makna Ki Hajar Dewantara

Membagikan segala sesuatu di media sosial tentang Hari Guru 2023 dapat disertai dengan kepsyen yang menarik. Anda dapat mengutip kata-kata tentang guru dari tokoh pendidikan Islam, Ki Hajar Dewantara.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia memperingati Hari Guru Nasional setiap tanggal 25 November. Pada momen tersebut berbagai acara digelar untuk mengingat jasa-jasa guru dalam dunia pendidikan.

Pada dasarnya, yang dimaksud guru dalam peringatan 25 November tidak hanya guru-guru di sekolah. Guru-guru yang mengajar ngaji di madrasah atau pesantren pun termasuk bagian yang diperingati.

Dalam memperingati Hari Guru 2023 dapat dilakukan dengan banyak cara. Anda bisa mengikuti upacara di instansi atau satuan pendidikan masing-masing, sebagaimana termaktub dalam Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional 2023.

Memeriahkan Hari Guru 2023 tidak cukup dengan upacara atau kegiatan-kegiatan yang sifatnya formal. Di era digital, Anda dapat merayakan Hari Guru 2023 di media sosial.

Membagikan segala sesuatu di media sosial tentang Hari Guru 2023 dapat disertai dengan kepsyen yang menarik. Anda dapat mengutip kata-kata tentang guru dari tokoh pendidikan Islam, Ki Hajar Dewantara.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut kata-kata atau quotes Ki Hajar Dewantara di momen peringatan Hari Guru 2023 untuk dibagikan di media sosial.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata-Kata Ki Hajar Dewantara

1. Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah.

2. Guru adalah seorang pejuang tulus tanpa tanda jasa mencerdaskan bangsa.

3. Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani (Di depan, seorang pendidik harus memberi teladan yang baik, di tengah atau di antara murid guru harus menciptakan prakarsa dan ide, dari belakang seorang guru harus memberikan dorongan dan arahan)."

4. Guru jangan hanya memberi pengetahuan yang perlu dan baik saja tetapi harus juga mendidik si murid akan dapat mencari sendiri pengetahuan itu dan memakainya guna amal keperluan umum. Pengetahuan yang baik dan perlu itu yang manfaat untuk keperluan lahir batin dalam hidup bersama.

5. Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

3 dari 3 halaman

Kata-Kata Ki Hajar Dewantara

6. Jadikan setiap tempat sebagai sekolah. Jadikan setiap orang sebagai guru.

7. Dunia pendidikan tak lepas dari para pengajar alias guru, para pejuang tulus tanpa tanda jasa yang mencerdaskan kehidupan bangsa.

8. Apapun yang dapat diperbuat oleh seseorang itu hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya.

9.  Meskipun mengenyam pendidikan di tempat yang sama dan dididik oleh guru yang sama, tentunya setiap murid punya jalannya sendiri-sendiri.

10.  Orang yang mempunyai kecerdasan budi pekerti itu senantiasa memikir-mikirkan dan merasa-rasakan serta selalu memakai ukuran, timbangan dan dasar-dasar yang pasti dan tetap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.