Sukses

Link Download Logo Hari Guru 2023 Kemenag Format PNG Lengkap Filosofinya

Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia telah meluncurkan logo Hari Guru 2023. Logo Hari Guru 2023 versi Kemenag dapat diunduh melalui tautan yang disajikan dalam artikel ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia telah meluncurkan logo Hari Guru 2023. Logo Hari Guru 2023 versi Kemenag tidak terlalu berbeda jauh dengan tahun sebelumnya.

Perbedaan yang mencolok pada logo Hari Guru 2023 versi Kemenag RI adalah pada temanya. Tema Hari Guru 2023 yang diusung Kemenag RI adalah “Guru Pembelajar Bahagia Mengajar”.

Logo Hari Guru 2023 versi Kemenag mengombinasikan beberapa warna yang merepresentasikan sifat-sifat yang dimiliki guru. 

Warna emas bermakna ceria dan optimis, hijau bermakna religius dan harmonis, biru bermakna cerdas dan bijaksana, serta crimson bermakna hangat (simpati dan empati).

Logo Hari Guru 2023 yang dikeluarkan Kemenag memiliki 7 elemen yang mengandung filosofi. Ketujuh elemen ini antara lain bunga tulip, matahari, pendidik, pena, buku, daun, dan garis zigzag.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Filosofi Logo Hari Guru Kemenag 2023

Mengutip laman pendis.kemenag.go.id, berikut filosofi setiap elemen yang terdapat dalam logo Hari Guru 2023 versi Kemenag.

1. Bunga Tulip

Simbol kasih sayang yang tak terhingga, merepresentasikan kasih sayang guru yang mendalam kepada muridnya.

2. Matahari

Melambangkan cahaya atau ilmu, bahwa seorang guru madrasah harus memiliki ilmu yang luas dan dalam. Ilmu adalah cahaya,

3. Pendidik

Pendidik yang terdiri dari Guru dan Tenaga Kependidikan yangg secara ikhlas mendidik (pahlawan tanpa tanda jasa) untuk melahirkan generasi- generasi yang unggul, cerdas, dan berprestasi.

4. Pena

Melambangkan kreativitas guru madrasah yang mampu memecahkan masalah- masalah pembelajaran dan pendidikan

5. Buku

Jendela ilmu yang merupakan media dan sumber informasi untuk menemukan ide-ide seger sehingga menghasilkan inovasi-inovasi baru sesuai dengan kebutuhan zaman.

6. Daun

Melambangkan kontribusi guru guru madrasah yang memiliki dedikasi dan pengabdian yang tulus dalam mengajar dan mendidik siswa.

7. Garis Zigzag

Transformasi guru madrasah yaitu kemauan beradaptasi disegala kondisi untuk menjadi guru yang hebat (great teachers).

3 dari 3 halaman

Link Download Logo Hari Guru Kemenag 2023

Logo Hari Guru Kemenag 2023 format PNG dan beberapa bahan publikasi lainnya dapat diunduh melalui tautan berikut. Demikian, selamat Hari Guru 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.