Sukses

Yang Terjadi saat Guru Ngaji Jokowi Hadiri Pengajian Gus Iqdam

Wow, ngeri guru ngaji Jokowi sampai hadir di pengajian Gus Iqdam

Liputan6.com, Jakarta - Kepopuleran Gus Iqdam membius banyak orang. Tak tanggung-tanggung sosok Gus Karim atau KH Abdul Karim guru ngaji Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al-Qur'aniy Az-Zayadiyy Laweyan, Solo turut menghadiri pengajian di markas Sabilu Taubah di Blitar ini.

Dalam tayangan yang diunggah akun TikTok @garanganst_ Gus Iqdam menyebut kedatangan Gus Karim, yang merupakan guru ngaji Jokowi, yang pernah daiajak umrah masuk Kabah, dan Raudhah.

Ia menjadi guru ngaji Jokowi muda, hingga sebelum menjadi presiden.

Kedatangan Gus Karim menjadi nuansa tersendiri bagi jemaah Majelis Ta'lim Sabilu Taubah, bahkan, Gus Karim pun menyesuaikan dengan jemaah ST Nyel, di mana tampilan ngajinya santai menggunakan kaus hitam dan berpeci hitam.

Gus Karim yang viral karena diajak Jokowi masuk Ka'bah malam itu datang dengan rombongannya sejumlah 70 motor. Gus Iqdam berharap setelah guru ngajinya datang, tak lama lagi murid ngajinya yang hadir di pengajian rutinannya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebenarnya Siapa Gus Karim

Mengutip laduni.id KH Abdul Karim Ahmad Al-Hafidz adalah putra ulama Solo yang mendirikan pondok pesantren Al-Quraniy Mangkuyudan, Surakarta yakni KH. Ahmad Mustofa. Lahir di Surakarta pada 21 April 1964.

KH Abdul Karim Ahmad Al-Hafidz menamatkan pendidikan Sekolah Dasar di SD Takmirul Islam surakarta. Setelah lulus sekolah dasar, KH. Abdul Karim Ahmad Al-Hafidz belajar di pondok pesantren Tebuireng Jombang pada tahun 1976 selama satu tahun, kemudian pindah ke pondok pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan Surakarta selama tiga tahun.

Setelah di pondok pesantren Al-Muayyad KH. Abdul Karim Ahmad Al-Hafidz melanjutkan petualangan belajarnya ke pondok pesantren Krapyak Yogyakarta pada tahun 1980 sampai dengan 1987 kurang lebih selama delapan tahun.

3 dari 3 halaman

Pengalaman Umrah Bersama Jokowi

Setelah keluar dari pondok, KH. Abdul Karim Ahmad Al- Hafidz ditugaskan untuk turut serta membantu ayahandanya di pondok pesantren Al-Quraniy Mangkuyudan. Kemudian pada tahun 2005, KH. Abdul Karim Ahmad Al-Hafidz diberikan amanat untuk memimpin pondok pesantren Al-Quraniy Az-Zayadiy yang merupakan cabang dari pondok pesantren Al-Quraniy Mangkuyudan.

Pengasuh Ponpes di Jalan Kabangan, Kelurahan Bumi Laweyan, Surakarta itu mengutarakan, pemberian yang tak bisa dibayangkan ketika Jokowi mengajaknya Umroh. Perjalanan ibadah tersebut di laksanakan awal kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) kedua.

Baginya pengalaman yang luar biasa ketika Umroh bareng Jokowi sekeluarga. Dia begitu masuk dalam Ka’bah dan sholat di makam Rasullah begitu khusuknya. Dibandingkan dirinya kalau didepan Ka’bah permintaanya luar biasa, jadikanlah sebagai Ketua RW atau berbagai permintaan yang sesuai dengan keinginannya.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.