Sukses

Mengenal 10 Ibu Susuan Nabi Muhammad SAW

Liputan6.com, Jakarta - Pada masa lalu, bangsa Arab dikenal memiliki kebiasaan menyusukan anak kepada perempuan lain. Terutama bagi orang Arab yang berdomisili di kota. Mereka sering menitipkan anak untuk disusui oleh penduduk kampung. 

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari anak dari pengaruh kehidupan kota, menguatkan fisik, dan menjaga kemurnian serta kefasihan berbahasa. Demikian pula Muhammad kecil, tidak hanya disusui oleh satu perempuan. 

Selama ini yang banyak dikenal sebagai ibu susuan Nabi Muhammad SAW ada dua orang, yaitu Tsuwaibah Al-Aslamiyah dan Halimah As-Sa'diyah. Padahal sebenarnya bukan hanya mereka berdua. 

Mengutip keterangan dari Syekh Al-Burhan, dalam kitab Syarh 'ala Al-Mawahib Al-Laduniyyah, Az-Zarqani yang dilansir dari laman NU Online, menjelaskan ada 10 wanita yang menjadi ibu susuan atau pernah menyusui Nabi Muhammad SAW.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ibu Susuan Nabi Muhammad SAW

1. Sayidah Aminah binti Wahb

Sayyidah Aminah binti Wahb adalah orang yang pertama menyusuinya. Ada yang mengatakan, beliau menyusui Nabi selama sembilan hari. Menurut pendapat lain selama tujuh hari. Ada juga yang mengatakan selama tiga hari.

2. Tsuwaibah Al-Aslamiyah 

Tsuwaibah Al-Aslamiyah menyusui Rasulullah SAW selama beberapa hari sebelum kedatangan Halimah. Ia adalah budak dari Abu Lahab yang dimerdekakan ketika memberitahukan kabar gembira atas kelahiran Nabi SAW. 

Karena kegembiraan Abu Lahab atas kelahiran Nabi, Allah Taala meringankan siksanya di neraka, sebagaimana diriwayatkan Imam Al-Bukhari dalam hadits Mursal. Dalam beberapa keterangan disebutkan, bahwa Sayyidina Abbas bin Abdul Muthalib bermimpi bertemu Abu Lahab setahun setelah meninggalnya.

Lalu Abu Lahab memberikan keterangan bila siksanya diringankan setiap malam Senin dan ia bisa menyesap air dari sela ibu jari dan telunjuknya. Hal ini sebab ia memerdekakan Tsuwaibah ketika memberikan kabar kelahiran Nabi dan memerintahkannya untuk menyusui Nabi.

3. Halimah As-Sa'diyah

Nama beliau adalah Halimah binti Abi Dzu'aib, dari kabilah Bani Sa'd. Mulanya Halimah enggan untuk mengambil Rasulullah SAW guna disusui, karena anak yatim. Namun setelah membawa Rasulullah, Halimah justru menemukan banyak keberkahan. 

Halimah menyusui Rasulullah SAW sampai sempurna dua tahun. Namun Rasulullah SAW tetap bersama Halimah hingga usia empat tahun. Hal ini karena ketika sudah sempurna masa menyusui, Halimah meminta kepada Sayyidah Aminah agar Nabi SAW tetap bersamanya, karena melihat keberkahan yang diperoleh selama menyusuinya. Halimah mengatakan: “Seandainya Anda mengizinkan ia tetap bersama kami hingga fisiknya besar dan kuat, karena kami khawatir ia terkena penyakit di Makkah.” (Syarh Az-Zarqani, juz I halaman 279).    Halimah baru mengembalikan Nabi SAW kepada ibunya setelah peristiwa pembelahan dada oleh Malaikat Jibril ketika Nabi SAW berusia empat tahun.

4. Perempuan Bani Sa'd 

Di samping Halimah, ada perempuan dari Bani Sa'd yang pernah menyusui Nabi SAW. Perempuan tersebut adalah perempuan yang juga menyusui Sayyidina Hamzah bin Abdul Muthalib. 

Ibn Sa'd meriwayatkan dari Ibnu Abi Mulaikah bahwa Hamzah disusui di suatu kaum dari Bani Sa'd. Kemudian ibu susuan Hamzah pernah menyusui Rasulullah SAW masih berada pada perawatan Halimah.

3 dari 3 halaman

Ibu Susuan Nabi Muhammad SAW

5. Ummu Aiman 

Ummu Aiman bernama asli Barakah binti Tsa'labah Al-Habasyiyah. Awalnya Ia adalah budak dari Sayyid Abdullah yang kemudian diwaris oleh Rasulullah SAW hingga di kemudian hari dimerdekakan. Ummu Aiman adalah istri Zaid bin Haritsah dan ibu dari Usamah bin Zaid. Menurut penuturan Imam Al-Qurthubi, ia pernah menyusui Nabi SAW. Namun pendapat masyhur mengatakan bahwa ia adalah pengasuh Nabi dan tidak pernah menyusuinya.

6-8. Tiga Perempuan Bani Sulaim 

Ibnu Abdil Barr dalam kitab Al-Isti'ab menyebutkan bahwa suatu ketika Rasulullah SAW disusui oleh tiga perawan dari Bani Sulaim. Ketika mereka bertemu Nabi SAW, mereka mengeluarkan puting susunya kemudian memasukkan ke mulut Nabi SAW. Seketika air susu mengalir deras. 

9.Ummu Farwah

Sebagaimana keterangan Imam Al-Mustaghfiri dalam kitab Fadhailul Quran.

 10. Khaulah binti Mundzir Al-Anshariyah 

Sebagaimana keterangan Imam Ibnul Amin. Namun keterangan ini dinilai kurang tepat karena sebenarnya Khaulah menyusui putra Nabi SAW yang bernama Ibrahim, bukan menyusui Nabi SAW.   

Itulah 10 perempuan yang diceritakan pernah menyusui Nabi SAW. Namun mengapa yang populer hanya Tsuwaibah dan Halimah, menurut Imam Az-Zarqani karena mereka berdua yang memang diamanahi secara resmi untuk menyusui Nabi SAW.

Selain itu, ulama masih berbeda pendapat tentang persusuan Ummu Aiman dan Khaulah. Sementara tiga perempuan Bani Sulaim, mereka menyusui secara kebetulan karena bertemu Nabi SAW. Sedang Sayyidah Aminah menyusui sambil menunggu kedatangan perempuan kampung untuk diamanahi menyusui Nabi SAW. Wallahu a'lam.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.