Sukses

Ribuan Calon Haji Kota Tangerang Diberangkatkan, Begini Cerita Jemaah

Kota Tangerang telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan ibadah haji tahun 2023, khususnya bagi calon haji asal Kota Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta Kota Tangerang berhasil memberangkan jemaah haji dengan kuota penuh. Tercatat, mengalami peningkatan dua kali lipat dari tahun sebelumnya, yakni 1.667 jemaah haji, serta akan diberangkatkan secara bertahap melalui beberapa kloter yang telah ditentukan.

“Kota Tangerang tahun ini memberangkatkan jamaah haji dengan optimalisasi kuota yang disediakan, yakni sebesar 1667 jamaah. Kemudian, proses pemberangkatan akan dibagi menjadi 6 kloter secara bertahap sesuai pembagian kloter secara nasional, yakni kloter 3, kloter 7, kloter 25, kloter 33, kloter 55, dan kloter 58,” ujar Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Kanwil Kemenag Kota Tangerang, Tutun, Selasa (23/5/2023)

Untuk itu, Kota Tangerang telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan ibadah haji tahun 2023, khususnya bagi calon haji asal Kota Tangerang.

Sutrisno (63), salah satu calon jemaah haji yang merupakan warga Kelurahan Cipondoh Makmur, mengungkapkan terima kasihnya kepada Pemkot Tangerang yang telah memberikan fasilitas transportasi berupa bus yang akan mengantar dirinya bersama ribuan jemaah lainnya.

"Alhamdulillah, busnya nyaman, terima kasih udah fasilitasin busnya. Buat saya, Kota Tangerang itu nomor satu dalam melayani ibadah haji," kata Sutrisno, yang ditemui di dalam bis sebelum keberangkatan ke Asrama Haji Pondok Gede.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

45 Bus Disiapkan untuk Jemaah Haji

Hal senada juga diungkapkan oleh Wawan (43), yang telah menanti giliran menunaikan ibadah haji selama 11 tahun. Pria asal Kelurahan Petir mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Pemkot Tangerang untuk para jemaah haji.

"Alhamdulillah, Pemkot kasih kemudahan ibadah haji kami, pokoknya cakep banget deh," tegas Wawan yang pergi beribadah haji bersama istrinya.

Untuk diketahui, pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023, Pemkot Tangerang telah memberikan hibah sebesar Rp 1 miliar serta fasilitas transportasi berupa 45 unit bus untuk keperluan pemberangkatan dan pemulangan 1.652 jemaah haji Kota Tangerang.

Seperti diketahui, jamaah haji Kota Tangerang kloter 3 nasional resmi diberangkatkan pada hari ini. Dilepas secara langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Wali Kota Tangerang, Wakil Wali Kota Tangerang, dan Pimpinan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten maupun Kota Tangerang, terlihat ribuan keluarga serta sanak saudara turut mengiringi pelepasan pemberangkatan di Masjid Raya Al-Adzom, Kota Tangerang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.