Sukses

Ribuan Umat Islam Banjiri Kawasan Alkhairaat Palu Jelang Puncak Haul Guru Tua

Kawasan Wisata Religi Kompleks Alkhairaat di Jalan Sis Aljufri Kota Palu, Sulteng ramai dikunjungi masyarakat, khususnya umat Islam, dari berbagai daerah di Tanah Air menjelang Haul Pendiri Alkhairaat Habib Idrus bin Salim Aljufri (Guru Tua)

Liputan6.com, Palu - Kawasan Wisata Religi Kompleks Alkhairaat di Jalan Sis Aljufri Kota Palu, Sulteng ramai dikunjungi masyarakat, khususnya umat Islam, dari berbagai daerah di Tanah Air menjelang Haul Pendiri Alkhairaat Habib Idrus bin Salim Aljufri (Guru Tua).

Nilam, salah satu pengunjung Festival Raudhah asal Kabupaten Sigi di Palu, Minggu, mengaku datang berkunjung karena kegiatan ini hanya dilakukan sekali dalam satu tahun.

"Menyempatkan datang bersama teman karena kegiatan seperti ini hanya sekali dalam setahun terus nuansa religinya juga jarang bisa ditemukan di tempat lain," katanya, dikutip Antara.

Ia mengajak teman-temannya untuk berkunjung dan ingin ikut menyaksikan Haul Guru Tua. Haul Guru Tua dirangkaikan dengan Festival Raudhah yang telah dibuka sejak Minggu (30/4) malam dan akan berlangsung hingga tanggal 3 Mei yang merupakan puncak pelaksanaan Haul Ke-55 Guru Tua.

"Diperkirakan Haul Guru Tua Tahun 2023 ini dihadiri 70.000 orang," kata Ketua Panitia Haul Ke-55 Sis Aljufri, Habib Hasan Alhabsyi.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebar Agama Islam di Indonesia Timur

Kawasan Alkhairaat salah satu tempat bersejarah di Provinsi Sulawesi Tengah karena menjadi titik awal pendirian pendidikan Islam dan penyebaran syiar Islam ke berbagai daerah di Tanah Air, khususnya di kawasan timur Indonesia, yang diprakarsai Habib Sayyid Idrus bin Salim Aljufri (Guru Tua).

Umat Islam, khususnya Abnaulkhairaat, dari berbagai penjuru Tanah Air datang untuk ikut Haul Guru Tua yang tahun ini memasuki tahun ke-55.

Mereka yang datang di kawasan religi Alkhairaat, umumnya berziarah ke Makam Guru Tua serta melihat berbagai peninggalan bersejarah di kawasan itu. Pemerintah Kota Palu juga menyediakan pameran UMKM sehingga masyarakat yang datang bisa berbelanja langsung di pameran UMKM tersebut.

Sebelumnya, Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid berharap, pemerintah pusat menetapkan Guru Tua sebagai tokoh nasional.

"Kami mengharapkan dan terus berupaya mendorong agar pemerintah pusat dapat membuka pandangan mereka untuk menetapkan Habib Habib Sayid Idrus bin Salim (Sis) Aljufri sebagai tokoh nasional," katanya.

Guru Tua merupakan ulama besar yang menghibahkan perjalanan hidupnya untuk kepentingan masa depan pembangunan bangsa di bidang pendidikan dan dakwah Islam di Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.