Sukses

Layanan Gratis di Posko Mudik Lebaran BPJS Kesehatan, Buka 24 Jam Penuh

Posko Mudik Lebaran BPJS Kesehatan dengan operasional 24 jam penuh berikan pelayanan gratis kepada pemudik.

Liputan6.com, Jakarta - Para pemudik yang hendak memeriksakan kesehatan dan membutuhkan obat dapat memeroleh pelayanan gratis di Posko Mudik Lebaran BPJS Kesehatan. Bahkan bila diperlukan pemberian rujukan ke fasilitas kesehatan di lokasi setempat juga bisa dilakukan.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menyampaikan, pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan di Posko Mudik BPJS Kesehatan. Sejumlah layanan meliputi konsultasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan dan penyediaan obat-obatan.

Kemudian ada layanan pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency (darurat) dan pemberian rujukan bila diperlukan.

"Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut. Pemudik juga bisa menikmati takjil gratis yang disediakan di posko," ujar Ghufron saat peresmian Posko Mudik BPJS Kesehatan di Terminal Bus Pulo Gebang, Jakarta baru-baru ini.

Tim yang Bertugas Bergantian Tiap 8 Jam

Di Posko Mudik BPJS Kesehatan, kata Ghufron, akan beroperasi selama 24 jam penuh dan ada tim yang bertugas secara bergantian tiap delapan jam. Tim terdiri atas dokter, petugas BPJS sampai paramedis.

“Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya," lanjutnya.

"Posko Mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadirkan Pojok Mobile JKN

Sebagai upaya menggencarkan sosialisasi dan edukasi terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada pemudik, BPJS Kesehatan juga menghadirkan Pojok Mobile JKN.

Ali Ghufron Mukti berharap masyarakat bisa lebih mengenal dan memanfaatkan aplikasi yang disiapkan BPJS Kesehatan ini, karena memiliki banyak fitur untuk memudahkan peserta mengakses layanan JKN.

“Kami ingin di libur Lebaran tahun 2023 peserta bisa tetap mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, BPJS Kesehatan ingin memberikan mutu layanan yang lebih baik, salah satunya dengan menyediakan posko,” tambahnya.

Lokasi Posko Mudik BPJS Kesehatan

Demi upaya mendukung kelancaran aktivitas peserta JKN maupun masyarakat luas yang melaksanakan mudik Lebaran tahun 2023, BPJS Kesehatan menghadirkan Posko Mudik di lima titik dan satu titik Posko Arus Balik padat pemudik.

Lima Posko Mudik antara lain, Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek KM 57, Rest Area Tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Kemudian Posko Arus Balik terdapat di Rest Area 319 B Pemalang.

Posko Mudik BPJS Kesehatan akan tersedia pada 18-21 April 2023, sedangkan Posko Balik pada 25-27 April 2023.

3 dari 3 halaman

Posko Mudik Harus Sediakan Fasilitas Lengkap

Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar layanan posko mudik di seluruh wilayah memiliki fasilitas lengkap untuk menunjang kebutuhan pemudik. Layanan di posko-posko mudik diharapkan menjadi obat lelah perjalanan para pemudik.

“Untuk posko-posko mudik yang dibuat oleh pemerintah atau swasta, saya minta untuk mengedepankan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan menyediakan fasilitas yang lengkap,” tutur Puan Maharani dalam keterangannya, Rabu (19/4/2023).

Karena banyak pemudik yang lelah selama perjalanan dan ingin beristirahat. Tak hanya petugas keamanan dan kesehatan, diperlukan juga tempat istirahat yang layak, toilet, bahkan jika perlu tempat untuk salat,” lanjutnya.

Siapkan Fasilitas Perawatan Kendaraan

Selain itu, kata Puan, posko mudik yang berada di titik-titik jalur darat juga harus menyiapkan fasilitas perawatan kendaraan. Sebab banyak pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi pasti akan memerlukan bengkel-bengkel apabila ada kendala di kendaraannya.

“Selain fasilitas lengkap untuk pemudik, posko mudik juga harus menyiapkan teknisi perbaikan kendaraan. Ini untuk meminimalisir adanya kendaraan mogok saat perjalanan mudik yang menggunakan jalur darat,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.