Sukses

Aktivitas Pengguna DANA Melonjak hingga 126 Persen di Awal Ramadhan

DANA mengklaim aktivitas pengguna yang mengakses aplikasi melonjak hingga 126 persen di awal Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - DANA mencatat lonjakan antusiasme pengguna dalam mengakses aplikasi di momen Ramadan. Capaian ini terbilang cukup signifikan dari tahun lalu dan terjadi pada beberapa aspek. 

Head of Marketing DANA Indonesia, Lim Wimawan Kusuma, menuturkan Daily Active User (DAU) melonjak 126 persen. Hal ini menunjukkan semakin banyak pengguna DANA yang mengakses aplikasi tersebut selama bulan Ramadan. 

Dari segi transaksi, jumlahnya mengalami kenaikan 122 persen, sedangkan Daily Transaction User (DTU)  DANA meningkat 103 persen. 

Nilai transaksi pembelian juga melonjak 146 persen. Adapun data-data ini dihimpun pada dua belas hari pertama di Bulan Ramadhan 2023. 

Di samping peningkatan tersebut, jumlah merchant di dompet digital DANA juga turut tumbuh seiring dengan bertambahnya fitur-fitur pada aplikasi tersebut.

Fitur seperti Edukasi, E-Samsat, serta Games & Digital Voucher merupakan fitur di kategori Bayar Tagihan (Biller) dengan pertumbuhan terpesat selama kuartal I 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jumlah Merchant Meningkat 45 Persen

Tercatat, populasi merchant meningkat 45 persen di tahun 2023 yang didorong oleh mitra QR. Perluasan mitra strategis seperti Alfamart dan MAP Group pun menjadi salah satu strategi utama DANA. 

"Banyak merchant kami yg bergerak di F&B, retail, dan fashion yang mulai terbiasa dengan transaksi normal tahun ini," tutur Luqman Ibnu Purnomo, VP of Operation DANA Indonesia, dalam Media Gathering: Ngabuburit Bareng DANA di Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Akan tetapi, setelah pandemi penetrasi transaksi digital tidak sepenuhnya anjlok. Hanya transaksi pembelian game online yang mengalami sedikit penurunan.

Luqman menambahkan, kolaborasi DANA dengan KitaBisa juga mengalami peningkatan transaksi yang tinggi selama Ramadhan ini. 

3 dari 4 halaman

Strategi DANA untuk Masa Mendatang

Menurut Lim, tujuan utama DANA masih sama, yaitu berkontribusi dalam mengembangkan inklusi finansial dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Adapun strategi utama DANA adalah memperluas pengguna aplikasi. Namun, aplikasi ini juga berfokus untuk memberikan layanan dan membantu semua pengguna untuk memenuhi kebutuhan financial lifestyle. 

Oleh sebab itu, DANA terus memperluas jangkauannya agar akses pengguna di aplikasi semakin rata.

"Salah satu bentuk support, kami memungkinkan pengguna dapat memilih kartu kredit sebagai metode pembayaran yang umumnya hanya tersedia untuk brand-brand kelas atas," lanjut Luqman. 

Di sisi lain, aplikasi ini sedang mengembangkan fitur terbarunya, DANA Cicil, yang akan semakin mudahkan proses transaksi pengguna. Namun, perilisan fitur ini akan dimulai secara selektif ke pengguna tertentu.

4 dari 4 halaman

Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.