Sukses

Ada E-book Panduan Mudik Aman dari Kemenkominfo, Begini Isinya

Dalam rangka mempersiapkan libur mudik Lebaran, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan buku elektronik atau e-book, “Mudik Aman Berkesan 2023”.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka mempersiapkan libur mudik Lebaran, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan buku elektronik atau e-book bertajuk 'Mudik Aman Berkesan 2023'. 

Buku elektronik ini dibuat untuk mewujudkan mudik aman, nyaman dan penuh makna bagi mereka yang hendak melakukan tradisi tahunan, pulang kampung jelang Lebaran. Untuk mengaksesnya, dapat dilakukan hanya dengan mengklik tautan s.id/mudiklebaran.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Usman Kansong menjelaskan, E-book tersebut akan menyajikan berbagai informasi penting untuk para pemudik.

"E-book mudik 2023 ini sebenarnya melanjutkan kerja tim komunikasi publik mudik tahun sebelumnya untuk memberikan panduan kepada masyarakat. Agar ketika melakukan mudik, bisa dengan nyaman, aman dan berkesan," ucapnya di Jakarta, Senin (3/4/2023).

Panduan dan informasi e-book akan semakin krusial karena jumlah pemudik diprediksi akan melonjak tajam dibanding tahun-tahun sebelumnya. Usman mengatakan prediksi ini didorong oleh situasi pandemi COVID-19 yang semakin terkendali sehingga tidak ada lagi pembatasan-pembatasan.

“Untuk itu masyarakat perlu mendapat penjelasan. Apa tujuanya? Pemudik dapat menentukan, misalnya kapan dan melalui jalur mana saat akan mudik atau menghindari penumpukkan. Dalam buku juga ini ada berbagai informasi, misalnya lokasi pom bensin terdekat, rumah makan, posko kesehatan dan berbagai lokasi lainnya untuk beristrahat,” katanya.

Ditambah lagi, isi dan substansi buku yang terus ter-update. Selain itu, juga terdapat peta lokasi kuliner juga tersaji di dalamnya sehingga pemudik dapat dengan mudah menentukan lokasi kuliner yang memanjakan lidah, sebelum kemudian melanjutkan perjalanan.

“Buku ini adalah teman bacaan selama perjalanan. Karena di dalamnya juga ada informasi terkait latar belakang, sejarah dan berbagai hal menarik tentang tradisi mudik di Indonesia,” lanjutnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seputar Kendaraan Listrik

Tidak kalah menarik, Usman juga menjelaskan bahwa buku elektronik 'Mudik Aman Berkesan 2023' juga sudah mencakup informasi keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). 

Bagi pemudik yang menggunakan transportasi umum, buku elektronik ini juga dapat memberi informasi soal ulasan detail kelaikan bus yang akan ditumpangi. Tentunya hal ini akan sangat penting bagi pemudik karena terkait dengan keselamatan selama perjalanan.

Selain itu, terdapat informasi penting lainya seperti, nomor pusat krisis Kementerian Kesehatan, nomor mobil ambulance, pertamina delivery service, Direktorat Lalu Lintas Polri. 

Kemudian ada prediksi puncak arus mudik dan balik, jalur padat pemudik yang menggunakan roda dua maupun empat, jalur tol, informasi pemberlakuan pembatasan kendaraan atau rekayasa lalu lintas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini