Sukses

SEA Games 2023 di Depan Mata, Timnas Atletik Indonesia Tetap Latihan Selama Ramadhan

Tim kepelatihan atletik Indonesia menyiasati hadirnya bulan puasa dengan mengubah porsi dan jadwal latihan atlet.

Liputan6.com, Jakarta- Tim nasional atletik Indonesia tetap menggelar latihan selama bulan Ramadhan tahun 2023. Pasalnya SEA Games 2023 sudah di depan mata dan Indonesia membidik target tinggi di Kamboja nanti.

Tim kepelatihan atletik Indonesia menyiasatinya dengan melakukan penyesuaian jadwal latihan selama bulan puasa.

"Ya, ada perubahan. Pelatih (dari masing-masing disiplin) melakukan penyesuaian latihan untuk latihan atlet. Pelatih tetap menyiapkan program. Meski ada penyesuaian jadwal, secara kualitas latihan tidak berubah," kata manajer tim atletik Indonesia Mustara Musa di Stadion Madya GBK, Senayan, Jakarta, Selasa.

Mustara memastikan persiapan atlet menuju SEA Games 2023 berjalan dengan baik. Terdapat tiga sentra pelatihan yang bergulir yakni di Jakarta, Bandung, dan Pangalengan, Jawa Barat.

Khusus untuk di Jakarta, disiplin yang berlatih di Stadion Madya di antaranya lari jarak pendek atau sprint, lompat galah, lompat jauh, lari gawang, dan lempar lembing.

PB PASI bertekad memperbaiki prestasi pada SEA Games 2023 dengan membidik lima medali emas. Jumlah tersebut meningkat dari pencapaian pada SEA Games 2021 di Vietnam dengan membawa pulang tiga emas, lima perak, dan empat perunggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

25 Atlet

Sejauh ini ada 25 nama atlet yang tergabung dalam pemusatan latihan nasional (pelatnas) atletik untuk SEA Games Kamboja.

Namun, kata Mustara, jumlah atlet berpotensi bertambah karena pihaknya akan mengajukan tiga nama tambahan yakni Suwandi yang dipersiapkan untuk nomor lompat jauh putra, Wahyudi Putra pada nomor lari jarak jauh, dan Intan Violin untuk jalan cepat putri.

3 dari 3 halaman

Lalu Muhammad Zohri

Lalu Muhammad Zohri tetap menjalankan ibadah puasa Ramadhan di tengah persiapannya menuju SEA Games 2023. Pesta olahraga se-Asia Tenggara itu akan berlangsung di Phnom Penh, Kamboja, 5-17 Mei.

Menurut sprinter Indonesia. latihan bukan menjadi penghalang untuknya menjalankan kewajiban rukun Islam keempat tersebut. Dia pun bertekad untuk bisa menjalankan puasa Ramadhan selama satu bulan penuh.

"Sejauh ini bersyukur masih tetap bisa menjalankan ibadah puasa. Tidak ada kendala berarti karena jadwal latihan juga ada penyesuaian selama Ramadhan," kata Zohri di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, baru-baru ini, seperti dikutip dari Antara.

Guna memaksimalkan latihan menuju SEA Games 2023 Kamboja sembari berpuasa, Zohri menyiasatinya dengan santap sahur makanan bergizi tinggi. "Saat sahur saya lebih banyak makan daging dan karbohidrat agar tubuh saya lebih kuat," ujarnya.

"Memang perbedaan lari saat berpuasa, tubuh lebih capek karena selama berjam-jam tidak makan dan minum."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.