Sukses

Bazar di Kampoeng Glam Singapura Kembali Buka Selama Ramadhan, Ada Banyak Makanan hingga Pernak-pernik

Bazar di Kampoeng Glam Selama Ramadhan 2023 dibuka pada 15 Maret dan akan berlangsung hingga 16 April 2023.

Liputan6.com, Baghdad - Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Singapura, sempatkanlah untuk mampir ke kawasan bersejarah Kampoeng Glam, karena tempat ini hidup kembali dengan adanya bazaar Ramadhan tahunan, yang menampilkan berbagai truk makanan berwarna-warni, toko ritel lokal dan internasional, program hiburan, dan banyak lainnya.

Bazar ini diselenggarakan oleh One Kampong Gelam yang bekerja sama dengan Singapore Tourism Board, acara tahun ini bertajuk Cahaya Ramadhan dam dibuka pada Rabu 15 Maret hingga 16 April. 

Melansir dari Cna lifestyle, Senin (27/3/2023), selama periode ini, pengunjung dapat dimanjakan penawaran makanan dan minuman bazar di sepanjang Jalan Baghdad, Jalan Kandahar, dan di luar Gerbang Sultan.

Akan ada hingga 86 kios yang menyajikan makanan favorit lokal seperti nasi lemak, burger, biryani, pasta fusion, dan berbagai camilan gorengan.

Mereka yang menyukai makanan manis juga tidak akan melewatkannya, karena berbagai makanan penutup dan minuman juga tersedia, termasuk kueh tradisional Melayu, churros, teh susu Thailand, bagel, dan minuman tebu.

Gerai F&B ini terdiri dari merek ternama seperti Broti, The Secret Garden by Zeekri dan Ramly Cafe, serta bisnis F&B rumahan seperti Le Paque, Alyummyni Bakes, dan 47 Beverages.

Semua gerai F&B yang berpartisipasi di bazar memiliki sertifikat halal atau milik Muslim. 

Di luar pilihan F&B, pengunjung juga dapat menjelajahi berbagai stan ritel yang menjual seni dan kerajinan, pakaian tradisional Melayu, aksesori dan suvenir, karya seni modern, dan layanan lainnya dari berbagai desainer dan seniman lokal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selain Bazar ada Pertunjukan Musik dan Panggung

Pengunjung dapat beristirahat dari keramaian di Jalan Kandahar dan Jalan Pahang, di mana terdapat area tempat duduk untuk menikmati suguhan sambil menikmati malam dalam suasana yang semarak.

Untuk menyaksikan lokakarya dan aktivitas langsung, kursi akan tersedia di Baghdad Street, dekat tempat parkir mobil, yang menampilkan panggung untuk pertunjukan musik dan budaya.

Bazar ini juga akan menampilkan lampu proyeksi dan lampu udara menggunakan layang-layang LED yang dikendalikan drone dan instalasi lampu mikro pada waktu tertentu pada Jumat dan selama akhir pekan di bulan Ramadhan.

Selain berbelanja dan melihat lampu pajangan, bazaar ini menawarkan berbagai kegiatan komunitas dalam merayakan semangat komunitas selama bulan Ramadhan.

Akan ada acara buka puasa massal pada 1 April untuk menyatukan anggota komunitas dan acara makan malam atau berbuka puasa setiap hari.

Selain itu, dari tanggal 7 hingga 16 April, akan ada kegiatan amal untuk mengumpulkan barang-barang bekas bagi penerima manfaat tepat pada perayaan Hari Raya Puasa pada tanggal 22 April.

3 dari 4 halaman

Pasar Takjil Bermunculan saat Ramadhan

Tak hanya bazar yang semarakan Ramadhan, ternyata pasar takjil juga ikut merayakan Ramadhan, hingga membuat kemacetan, salah satunya di Indonesia. 

Sejumlah titik rawan macet imbas kemunculan pasar takjil di bulan Ramadhan. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya siapkan skenario guna mengurai kepadatan kendaraan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menerangkan, pihaknya telah memetakan kawasan rawan macet yang disebabkan adanya pasar takjil Ramadan. Latif menyebut, diantaranya kawasan Benhil, Senen dan titik-titik Traffic Light.

"Pastinya seperti tahun kemarin hampir sama (pemetaannya). Di Benhil (Bendungan Hilir), di daerah Senen, di tempat-tempat itu," ujar dia.

Latif mengimbau kepada pejual takjil untuk menghargai pengguna jalan lain. Diharapkan, mereka tak menganggu arus lalu lintas. 

"Intinya gitu, jangan sampai mengganggu arus lalu lintas," ujar dia.

Lebih lanjut, Latif mengatakan, personel turut menjaga tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kemacetan. Pastinya, kata dia akan ada pengamanan demi kelancaran arus lalu lintas.

Baca selengkapnya disini... 

 

4 dari 4 halaman

Pemprov Kalteng Gelar Pasar Murah Akibat Dampak Bahan Pokok Mahal

Terlepas dari bazar dan penjualan takjil, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui organisasi perangkat daerahnya terus berupaya melakukan intervensi harga, salah satunya melalui pasar murah.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah, Aster Bonawaty mengatakan bahwa pemerintah telah melaksanakan pasar murah untuk mengintervensi dan menstabilkan harga barang kebutuhan pokok, terkhusus menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Menurut Aster, kenaikan harga barang kebutuhan pokok tidak hanya disebabkan oleh satu faktor seperti kenaikan gabah, tapi juga karena adanya kenaikan permintaan pasar yang meningkat.

Meski harga barang kebutuhan pokok di Kalimantan Tengah relatif stabil, operasi pasar murah rutin tetap dilaksanakan di setiap kabupaten dan kota. Pemerintah memberikan subsidi kepada sejumlah barang kebutuhan pokok masyarakat yang mengalami gejolak harga.

"Pada operasi pasar murah yang kami laksanakan, satu paket sembako diberikan subsidi Rp100 ribu dari total harga total satu paket Rp150 ribu. Sehingga masyarakat dapat membeli dengan harga Rp50 ribu per paketnya," ujar Aster.

Baca selengkapnya disini... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.