Sukses

5 Resep Makanan Ramadhan yang Paling Dicari di Google

Berikut lima resep makanan khas Ramadhan yang paling banyak dicari di Google.

Liputan6.com, Jakarta - Google menilai kebutuhan informasi masyarakat Indonesia berubah selama bulan Ramadhan. Tren pencarian umumnya menjadi seputar persiapan dalam menyambut bulan suci ini.

Pencarian seputar "Persiapan Ramadan", "Doa Menyambut Ramadan", dan "Menyambut Bulan Ramadan" meningkat sebesar 210 persen, 180 persen, dan 230 persen pada Maret 2023, dibandingkan periode yang sama pada 2022.

Di sisi lain, Google juga mencatat pencarian soal persiapan Ramadan di Indonesia, mencakup soal makanan dan resep.

Seperti yang terlihat pada tahun 2022, resep takjil Ramadan menjadi yang paling banyak dicari oleh pengguna Google di Indonesia.

Berikut 5 Resep Ramadhan yang Paling Dicari di Google

  1. Resep takjil Ramadan
  2. Resep ayam bakar
  3. Kue Ramadan
  4. Resep membuat puding
  5. Resep jelly Milo Ramadan

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kue Bongko, Takjil Andalan di Ranah Minang Ketika Ramadan

Kue bongko, namanya mungkin agak asing di telinga masyarakat Sumatera Barat khususnya. Bongko merupakan salah satu kuliner yang mulai tergerus zaman.

Biasanya, kue bongko akan muncul kembali ketika Ramadan tiba. Penganan ini kerap dijadikan salah satu menu takjil yang bisa dijumpai di pasar Ramadan di sejumlah daerah di Ranah Minang.

Kue yang disajikan dengan bungkusan daun pisang itu memiliki rasa yang manis. Proses pembuatannya pun tergolong sederhana, dengan mengandalkan tepung beras sebagai bahan utama.

Tepung beras diolah seperti bubur, tetapi lebih padat kemudian dicampur santan, perasan air pandan, serta gula aren.

Setelah itu, adonan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus beberapa menit. Bongko cocok dimakan saat berbuka, rasa manis dan teksturnya yang lembut membuat berbuka puasa terasa lebih nikmat.

Bongko juga bisa dinikmati bersama makanan lainnya, seperti lemang terutama di saat Ramadan. Perpaduan dua penganan yang melepas dahaga sekaligus mengenyangkan.

Salah seorang warga Kabupaten Limapuluh Kota, Zahra (23) mengatakan, kue bongko di daerahnya memang hanya bisa didapati ketika Ramadan.

"Pada hari biasa memang agak sulit ditemui," katanya.

Setiap puasa, takjil ini selalu jadi favorit keluarga, anak-anak juga suka karena manis dan nyaman di perut.

Mencari bongko saat puasa tidak sulit di Ranah Minang, rata-rata setiap Pasar Pabukoan selalu banyak yang menjual bongko. Dengan merogoh kocek sebesar Rp5.000, satu bungkus bongko sudah bisa dibawa pulang.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Macam-Macam Kue Kering Khas Lebaran. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.