Sukses

Tips Hemat Mahasiswa Rantau Menjalani Puasa di Bulan Ramadan

Kita tidak bisa seperti di rumah yang setiap sahur dan berbuka menu selalu tersaji karena didukung dengan peralatan dapur yang lengkap.

Liputan6.com, Jakarta Pengeluaran sebagai seorang mahasiswa selama bulan Ramadan seharusnya lebih rendah dibandingkan bulan biasanya. Pasalnya, di bulan Ramadan mahasiswa hanya perlu menyiapkan menu makanan untuk buka puasa dan sahur.

Namun, fakta yang terjadi sebagian besar tidak demikian adanya. Banyak mahasiswa yang justri mengeluarkan banyak uang di bulan ramadan.

Bagi mahasiswa rantau, tentu memiliki keterbatasan saat sahur dan berbuka puasa di Bulan Ramadan. Kita tidak bisa seperti di rumah yang setiap sahur dan berbuka menu selalu tersaji karena didukung dengan peralatan dapur yang lengkap.

Disamping anggaran yang minim, mahasiswa juga dituntut untuk mengatur waktu seperti tugas kuliah, kegiatan kampus, ngabuburit. Selain itu berkumpul dengan teman maupun istirahat agar tidak mudah lemas saat melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

Berdasarkan pengalaman banyak orang, pengeluaran bulan Ramadan justru melonjak dua kali lipat. Ini terjadi karena mereka mengalokasikan dana untuk membeli takjil atau camilan lainnya yang bisa dikonsumsi setelah tarawih.

Guna menghemat biaya pengeluaran saat puasa, dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips hemat bagi mahasiswa saat Bulan Ramadan:

Memasak Sendiri

Alangkah bijaknya jika mahasiswa menulis jadwal menu sahur dan berbuka puasa. Setelah itu lanjutkan dengan berbelanja untuk satu minggu atau satu bulan. Jika sudah tersedia, memasaklah untuk dikonsumsi sendiri. Selain lebih hemat, memasak makanan sendiri juga tentunya membuat lebih sehat.

Oh ya, saat memasuki waktu sahur jika kesulitan bangun tak ada salahnya memasang alarm agar kamu makan sahur tidak terburu-buru.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilihan Takjil

Terkadang ada orang yang kalap saat waktu menjelang puasa dengan bertebarannya orang berjualan takjil. Guna mengantisipasinya, pastikan memilih takjil yang dibidik sebelum keluar dari kos-kosan atau kontrakan. Hal ini supaya keuangan terkontrol. Kontrol juga waktu jajan di luar, misal dua kali seminggu.

Catat Pengeluaran

Ketika berbuka puasa di luar, pastikan catat berapa budget yang dikeluarkan. Hal ini supaya bisa terkontrol dengan menyesuaikan pengeluaran di pekan selanjutnya minggu.

Buat Camilan Sendiri

Jika punya waktu luang, buatlah camilan untuk dikonsumsi. Beragam resep camilan pun telah tersedia di internet. Makanan ringan yang kamu buat sendiri bermanfaat untuk menemanimu mengerjakan tugas kuliah.

Gabungkan Menu Buka Puasa dan Sahur

Guan meminimalisir tenaga, pikiran, waktu, dan uang, tak ada salahnya menu buka puasa dikonsumsi kembali saat sahur selama makanan tersebut masih layak.

Itulah lima tips bag mahasiswa supaya lebih hemat dalan berpuasa Ramadan, selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.