Sukses

11 Persiapan Penting Jelang Ramadhan agar Ibadah Lebih Khusyuk dan Maksimal

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan menjadi bulan yang paling ditunggu oleh umat Muslim. Apalagi, pada bulan Ramadhan segala ibadah yang dilakukan akan dilipatgandakan.

Pada bulan penuh berkah ini juga mengajarkan umat Muslim untuk melatih kesabaran dan menahan berbagai macam godaan. Hal tersebut dilakukan agar setiap insan dapat menjadi hamba yang takwa di hadapan Allah SWT. Tak heran, jika banyak orang yang mempersiapkan banyak hal untuk menyambut bulan nan suci ini.

Persiapan dalam menyambut bulan puasa tidak hanya bersifat material semata, tetapi juga harus didukung oleh konsep spiritual yang benar-benar terprogram. Dengan kata lain, semaksimal mungkin kita harus mempersiapkan diri dan rohani untuk menyongsong datangnya bulan Ramadhan. 

Banyak hal yang mesti dipersiapkan sebelum kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, agar ibadah puasa kita tidak percuma. Sebagaimana peringatan dari Rasulullah: 

“Banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa, kecuali lapar dan dahaga.” (HR. Ahmad).

Persiapan menghadapi bulan Ramadhan dimulai dengan berniat dan berdoa,  berusaha meningkatkan khazanah keilmuan (khususnya belajar agama), dan mensucikan diri, yakni bersih diri, tempat dan lingkungan sekitarnya.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

2 dari 3 halaman

Persiapan Menyambut Ramadhan

1. Perkuat Iman

Persiapan Ramadhan yang paling dasar adalah mempersiapkan iman. Persiapan secara keimanan bisa dilakukan dengan mulai melatih pengendalian dari kebiasaan-kebiasaan buruk sehari-hari. 

Hal ini bisa dilakukan dengan cara sederhana memastikan sholat lima waktu yang tidak pernah bolong, atau menghentikan kebiasaan merokok.

2. Persiapan Fisik dan Jasmani untuk Puasa

Jaga kondisi fisik dan jasmani mulai dari sekarang dengan mengurangi kebiasaan tidak sehat seperti begadang dan mengkonsumsi makanan tidak sehat. Mulailah lebih rutin berolahraga dan bila perlu konsumsi vitamin atau suplemen kesehatan. Mengkonsumsi multivitamin membuat tubuh menjadi tahan banting memasuki bulan Ramadhan dan tidak mudah sakit. Sehingga tak ada halangan untuk berpuasa hingga akhir.

3. Perdalam Ilmu dan Pengetahuan Agama

Perbanyak bacaan-bacaan mengenai agama dan lebih sering mengikuti forum kajian untuk memperdalam pengetahuan dan ilmu keagamaan agar bisa menunaikan ibadah di bulan Ramadhan dengan lebih afdal.

Pelajari mengenai hal-hal apa saja yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan oleh umat Muslim di bulan Ramadhan. Pelajari juga mengenai tata cara ibadah yang baik dan benar.

4. Persiapan Amal dan Materi

Persiapan materi adalah persiapan menyambut Ramadhan selanjutnya yang tidak boleh terlewatkan. Selain karena kebutuhan menjelang bulan Ramadhan yang meningkat serta harga-harga barang yang melonjak,tentu ingin meningkatkan amal dengan berzakat dan bersedekah di bulan Ramadhan. 

Mumpung masih memiliki waktu, mulailah kelola keuangan dengan hidup lebih hemat agar tabungan cukup untuk memenuhi kebutuhan dan juga amal di bulan Ramadhan.

5. Persiapan Kebutuhan Ramadhan Sehari-hari

Mempersiapkan ketersediaan kebutuhan sehari-hari. Mulai dari perlengkapan ibadah hingga keperluan dapur.Mulai dari sembako dan bumbu masak yang memadai. Agar menjalankan ibadah bisa maksimal dengan santapan sahur dan buka puasa bergizi.

6. Membersihkan Lingkungan Sekitar

Membersihkan rumah, lingkungan sekitar, bahkan jika bisa ikut serta membersihkan masjid dan musholla akan lebih baik.

3 dari 3 halaman

Persiapan lainnya

7. Persiapan Jiwa dan Mental

Alangkah lebih baik jika kita bertaubat terlebih dahulu atas semua kesalahan yang pernah dilakukan agar semua ibadah puasa lebih khusyuk dan fokus. Selain itu mental juga harus dipersiapkan karena pada bulan ini kita akan beribadah puasa secara optimal selama sebulan penuh. 

Jiwa dan mental harus dipersiapkan dengan penuh keimanan dan ketulusan hati dalam beribadah. Dengan demikian, maka kesulitan dan sikap malas dalam ibadah bisa diatasi dan dihilangkan. Ibadah pun menjadi terasa mudah dan menyenangkan.

8. Berharap Dosa Diampuni

Bersyukurlah dan memuji Allah atas kedatangan bulan yang berkah ini. Jika semua sudah dilakukan, kita tinggal pasrah berharap dan berdoa kepada Allah SWT agar dosa yang sudah dilakukan dapat dimaafkan dan kita memasuki Ramadhan dengan keadaan suci.

9. Siapkan Perlengkapan Ibadah

Hal yang sangat penting untuk mendukung dalam mempertebal iman di bulan Ramadhan adalah dengan adanya perlengkapan ibadah yang terpenuhi. Siapkan sajadah, sarung, peci hingga mukena agar aktivitas beribadah bisa dilakukan secara maksimal.

10. Banyak Berbuat Kebaikan

Memang tidak ada manusia yang sempurna, tapi di bulan yang penuh berkah ini kita bisa memulai banyak perbuatan baik terhadap sesama dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk. Agar di bulan Ramadhan kali ini dan seterusnya, kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

11. Melunasi Utang Puasa Tahun Lalu

jangan lupa untuk melunasi utang puasa di tahun lalu. Karena, ada beberapa kondisi yang memperbolehkan umat Muslim untuk tidak menjalani ibadah puasa. Seperti saat sedang sakit, hamil, dan datang bulan.

Nah, itulah beberapa persiapan khusus yang dapat dilakukan dalam menyambut Ramadhan. Mudah-mudahan, dapat menjadi penyemangat dalam menjalani Ramadhan yang lebih baik dan giat di tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.