Sukses

5 Khasiat Barley bagi Kesehatan, Makanan Kegemaran Rasulullah SAW

Khasiat Barli bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Mashur dalam berbagai riwayat, Nabi Muhammad SAW menyukai beberapa makanan, baik bahan makanan pokok maupun buah-buahan. Dari beberapa makanan itu, lantas menjadi sunah yang banyak ditiru oleh umat muslim.

Belakangan diketahui, makanan-makanan tersebut berkhasiat bagi tubuh, dan bukan hanya untuk rasa kenyang atau kepuasan semata. Dengan mengonsumsi makanan sunah, umat Islam dapat menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Salah satunya adalah barley kesukaan Rasulullah SAW. Barley merupakan salah satu biji-bijian yang banyak digunakan dalam pembuatan roti, minuman dan hidangan lain.

Biji-bijian kaya akan serat, vitamin dan galian yang memberikannya banyak khasiat untuk kesehatan.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Khasiat bagi Kesehatan

1. Barley membantu dalam memperbaiki kesehatan usus 

Nilai serat yang tinggi di dalam barley dalam membantu makanan bergerak di dalam usus dan meningkatkan keseimbangan bakteria di dalam usus yang memainkan peranan yang sangat penting dalam proses pencernaan. Nilai serat yang tinggi sekali lagi merupakan punca, khususnya serat yang tidak larut.

2. Menjaga Kesehatan tulang

Zat fosfrus, kalsium, kuprum, magnesium dan zink dalam barley mendorong peningkatan struktur serta kekuatan tulang. Sebagai contoh, zink berperanan dalam pemineralan dan pertumbuhan tulang. Sementara itu, kalsium, kalium, magnesium serta fosforus dapat menjaga kesehatan tulang dan keperluan untuk mengekalkan kekuatan sistem rangka.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Meminum air barli berdampak baik terhadap kolesterol. Bahan kimia dalam barli atau yang disebut tocols berfungsi menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh dan mendorong peningkatan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan. 

4. Mengurangi peradangan

Kolin adalah zat lain yang dapat membantu mengurangi peradangan. Barley mengandungi betaina yang oleh tubuh diproses menjadi kolin. Di antara khasiatnya yaitu membantu mendapatkan tidur yang baik, meningkatkan pergerakan otot dan daya ingatan. Selain itu, juga dapat menguatkan struktur membran seluler, serta membantu penghantaran impuls dan penyerapan lemak. 

5. Membantu dalam proses penurunan berat badan

Barley mengandung beta-glukan  yang dapat mengurangi rasa lapar dan juga mempercepat rasa kenyang. Selain itu, juga dapat membantu dalam penurunan berat badan. Beta-glukan sangat membantu dalam pembentukan bahan seperti gel dalam usus yang berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan dan juga penyerapan nutrient.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.