Sukses

Mengenal La'eeb, Kafiyeh Gemoy Khas Arab yang Jadi Maskot Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com, Banyumas - Piala Dunia 2022 telah resmi dimulai. Di antara ingar bingar gelaran sepak bola sejagat itu, salah satu yang menyita perhatian adalah La'eeb si maskot Piala Dunia Qatar 2022.

Pada Piala Dunia 2022 ini, FIFA mengadopsi budaya Arab atau Timur Tengah. Ini memang berbeda dari gelaran sebelumnya, yang lazim mengusung konsep hewan sebagai maskot.

La'eeb adalah gembaran budaya timur tengah yang ramah dan ceria. Maskot ini tampak menggemaskan dan agak sedikit chuby sehingga tampak gemoy.

Dikutip dari laman resmi fifa.com, La’eeb berasal dari bahasa Arab yang berarti pemain yang sangat terampil atau berkemampuan super. Bisa dikatakan bahwa La’eeb berasal dari dunia paralel yang merupakan dunia di mana ide dan kreativitas membentuk dasar karakter yang hidup di benak setiap orang.

Maskot Piala Dunia 2022 Qatar ini berbentuk seperti kuffiyah. Kuffiyah atau keffiyeh merupakan penutup kepala orang-orang Timur Tengah yang digunakan sebagai pakaian sehari-hari.

Disebutkan pula bahwa La’eeb tak memiliki bentuk asli di dunia nyata, sehingga siapa pun bebas menginterpretasikan sesuai imajinasinya. Dengan kata lain, kehadiran La'eeb mendorong para penikmat Piala Dunia 2022 untuk percaya pada diri sendiri.

Selain itu, maskot ini juga diharapkan membawa kegembiraan sepak bola untuk semua orang. Dari sumber yang sama, La'eeb juga digambarkan sebagai maskot yang penuh semangat bermain, menyebarkan kegembiraan, dan kepercayaan diri.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

La'eeb di Indonesia

Ngomong-ngomong, La'eeb cukup lama berada di Indonesia. Sejak Oktober lalu, maskot Piala Dunia 2022 ini menyapa masyarakat Indonesia tepatnya di kota Denpasar, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Solo, dan Banjarmasin.

Perjalanan La'eeb di Jakarta dan Makassar akan dilakukan serentak. La'eeb bersama tim Berburu La'eeb menyambangi Jakarta mulai 4 hingga 6 November 2022.

Untuk Jumat, destinasi yang akan disambangi La'eeb yaitu Masjid Agung Al Barkah Bekasi, Taman Hutan kota Patriot Bekasi, dan Alun Alun M.Hasibuan Kota Bekasi. Sementara di Sabtu, La'eeb akan menyambangi Taman Balaikota Depok, Setu Rawa Besar kota Depok, dan Situ Rawakalong.

Kegiatan La'eeb di Ibukota akan berakhir dengan kunjungan ke Car Free Day Sudirman dan Area Monas. Jadi sobat Liputan6.com yang berada di Jakarta dan sekitarnya jangan sampai kelewatan bertemu dengan La'eeb.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.