Sukses

5 Fakta Menarik Qatar, Negara Islam Pertama Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Qatar menjadi negara Islam pertama yang jadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Penunjukan Qatar sebagai tuan rumah hajatan sepak bola akbar empat tahunan ini sejak 2010.

Liputan6.com, Jakarta - Qatar menjadi negara Islam pertama yang jadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Penunjukan Qatar sebagai tuan rumah hajatan sepak bola akbar empat tahunan ini sejak 2010. 

Negara Islam ini mendapat suara terbanyak dalam pemungutan suara dari 22 anggota eksekutif FIFA. Qatar mengalahkan empat negara pesaingnya, yakni Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, dan Australia.

FIFA memberikan kepercayaan kepada Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 bukan tanpa alasan. Salah satu alasan terbesarnya adalah Qatar dianggap telah memenuhi kriteria FIFA untuk menyelenggarakan Piala Dunia.

Dalam perkembangannya, Qatar sempat diisukan telah menyuap petinggi FIFA yang nilainya diperkirakan sebesar Rp54,2 miliar. Suap ini disebut-sebut untuk mengamankan posisi Qatar sebagai tuan rumah perhelatan sepak bola akbar dunia.

Namun akhirnya, Qatar bebas dari tudingan penyuapan tersebut setelah dilakukan penyidikan selama dua tahun. Negara mayoritas muslim ini tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Mengingat Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia tahun ini, kanal Islami Liputan6.com akan membeberkan fakta-fakta menarik tentang Qatar. Yuk simak fakta-fakta menarik berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Negara Islam Pertama Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia

Melansir situs resmi kemlu.go.id, Qatar adalah negara Islam yang hukum dan adatnya mengikuti tradisi Islam. Sejak 2013, Qatar dipimpin oleh H.H. Sheikh Tamim bin Hamad bin Khalifa Al-Thani.

Dengan demikian, Qatar menjadi negara Islam pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Qatar mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan hajatan akbar sepak bola dunia empat tahunan ini pada 2022.

2. Pengekspor Minyak Bumi di Dunia

Fakta menarik lainnya, Qatar memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Dengan SDA yang sangat kaya, Qatar menjadi negara yang mengekspor minyak bumi ke terbesar di dunia.

3 dari 4 halaman

3. Negara Paling Aman di Dunia

Mengutip kanal Bola Liputan6.com, Qatar termasuk negara paling aman di dunia. Ada beberapa sebab, di antaranya kondisi alam di Qatar yang relatif stabil dengan risiko gempa bumi hanya sebesar 0,1 persen.

Selain itu, Indeks Kejahatan Numbeo pada tahun 2022 dan beberapa tahun terakhir menempatkan Qatar sebagai negara teraman di dunia. Numbeo juga menempatkan Doha, Ibukota Qatar sebagai kota teraman kedua di dunia.

4 dari 4 halaman

4. Negara yang Jika Musim Dingin Tetap Hangat

Piala Dunia 2022 di Qatar nanti akan digelar kali pertamanya pada musim dingin. Biasanya, perhelatan sepak bola dunia empat tahunan ini digelar pada musim panas. Kenapa demikian?

Ternyata, Qatar memiliki iklim gurun dengan musim panas yang panas, musim dingin yang hangat, dan turunnya hujan yang langka. Dengan begitu, meski digelar pada musim dingin akan tetap hangat.

5. Negara yang Makmur

Fakta menarik kelima, Qatar termasuk negara yang makmur. Selain ekonominya yang berkembang pesat, pekerja di negara mayoritas muslim ini memiliki penghasilan yang besar dan dibebaskan dari pajak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.