Sukses

Keutamaan dan Bacaan Sholawat Tibbil Qulub untuk Jaga Kesehatan dan Obat Segala Penyakit

Liputan6.com, Bogor - Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk bersholawat kepada nabi. Dalam QS Al Ahzab ayat 56 disebutkan Allah tidak hanya memerintah, tapi juga ikut bersholawat kepada nabi bersama malaikat-malaikat-Nya.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ  يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا 

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya. (Ayat Al-Qur’an terkait dapaat dilihat di sini)

Bacaan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW terhitung banyak jumlahnya. Setiap amalan sholawat memiliki keutamaan tersendiri bagi yang membacanya.

Salah satu bacaan sholawat kepada nabi adalah sholawat Tibbil Qulub. Sholawat ini cukup populer dan sering dibaca oleh umat Islam, bahkan sudah ada bentuk lagunya. 

Berikut ini adalah bacaan sholawat Tibbil Qulub yang redaksinya dikutip dari laman NU.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ 

Arab-latin: Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa ‘âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa ’alâ âlihî wa shahbihî wa sallim.   

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan.” 

 

Sasksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Keutamaan Sholawat Tibbil Qulub

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa setiap sholawat memiliki keutamaan yang berbeda-beda. Adapun keutamaan sholawat Tibbil Qulub dijelaskan dalam kumupulan dzikir Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu'iyah.

صلوات طب القلوب منيكا مجرب كاغكى أنجاكي كصحاتان بدان لن دادوس تومبا سدايا فياكيت ظاهر أتاوي باطن   

Artinya: “Sholawat Tibbil Qulub ini teruji (berfaedah) untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit dzahir ataupun batin.” (KH Muhammad bin Abdullah Faqih, Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah, hal. 47 sebagaimana dinukil dari laman NU). 

Keutamaan ini berlaku bagi yang membaca sholawat Tibbil Qulub dengan cara yang umum. Adapun keutamaan khusus dari sholawat ini tergantung dari ijazah yang diberikan para guru.

Wallahu’alam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS