Sukses

Kisah Ali bin Abi Thalib Saksikan Umar bin Khattab Bentak Malaikat Munkar Nakir

Dalam kondisi kasf itu, Ali bin Abi Thalib melihat kedatangan Malaikat Munkar Nakir yang begitu menyeramkan. Ternyata Malaikat itu justru dibentak oleh Umar bin Khattab

Liputan6.com, Banyumas - Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Thalib adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang sangat populer. Sepertinya, hampir seluruh umat Islam di dunia pernah mendengar riwayat kedua orang mulia ini.

Umar bin Khattab dikenal sebagai pemuda yang tangguh dan berani. Umar memiliki julukan Al-Faruq, yang berarti sang pembeda antara yang haq (benar) dan yang batil (salah). Dia dijuluki Al-Faruq karena ketagasannya untuk menegakkan kebenaran tanpa pandang bulu.

Selain itu, sahabat nabi ini juga berjuluk "Singa Padang Pasir” karena keberaniannya ini diketahui memiliki beberapa kelebihan dan keistimewaan. Salah satunya, tak pernah memiliki rasa takut, termasuk pada makhluk kasat mata seperti setan. Sebaliknya, setan begitu ketakutan jika bertemu Umar.

 

Berkaitan dengan dua sahabat tersebut, pada suatu ketika, melihat riwayat keberanian Umar, Ali bin Abi Thalib penasaran apakah keberanian itu akan dibawanya hingga liang lahat. Kisah ini diceritakan oleh KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha dalam ceramahnya.

Sayyidina Ali pun meminta kasf (terbukanya tirai gaib) kepada Allah SWT untuk melihat Umar di dalam kubur. Permintaannya dikabulkan Allah dan ketika dalam kondisi kasyf, Sayyidina Ali dapat melihat Umar yang berada di dalam kubur.

“Jadi, diam-diam Sayyidina Ali itu jengkel sama Sayyidina Umar. Orang kok keras begitu, setiap orang pernah ia bentak, coba berani membentak Malaikat (Munkar Nakir) atau tidak?," kata Sayyidina Ali dikutip Gus Baha, dalam sebuah video ceramahnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Umar bin Khattab Bentak Munkar Nakir Agar Sopan

Dalam kondisi kasf itu, Ali bin Abi Thalib melihat kedatangan Malaikat Munkar Nakir yang begitu menyeramkan. Malaikat ini digambarkan bermata besar melotot layaknya kendil yang terbakar.

Melihat itu, Sayyidina Ali sangat senang. Sebab dia yakin Umar akan kehilangan keberanian dan akan ketakutan.

Namun, ternyata dugaan Ali keliru. Alih-alih takut, Umar bin Khattab justru memarahi Malaikat Munkar dan Nakir.

“Tapi ternyata tidak, Umar bin Khattab justru bangkit dan membentak Munkar Nakir seraya berkata “Hai Munkar Nakir kalian tahu sedang berhadapan dengan siapa?! Yang sopan!,” kata Gus Baha.

"Malaikat kaget, mungkin itu yang pertama (dibentak). Lalu Malaikat bertanya, 'Memang kamu siapa?' Umar menjawab, 'Saya ini temannya kekasih Tuhanmu',” kata Gus Baha.

Akhirnya Munkar Nakir bertanya kepada Allah SWT, namun Allah SWT justru menyarankan kepada Munkar Nakir agar lebih sopan kepada orang mukmin seperti Umar bin Khattab.

“Sejak kejadian tersebut Munkar Nakir tidak selalu berpenampilan seram,” kata Gus Baha.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.