Sukses

Rute Ziarah 3 Makam Walisongo di Jawa Tengah dari Jakarta, Langsung Tiba ke Lokasi

Makam walisongo tersebar di berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Banyak umat Islam yang mendatangi makam wali sembilan ini dalam rangka melakukan ziarah.

Liputan6.com, Jakarta - Makam walisongo tersebar di berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Banyak umat Islam yang mendatangi makam wali sembilan ini dalam rangka melakukan ziarah.

Di Jawa Tengah, ada tiga makam walisongo yang sering diziarahi. Ketiga walisongo ini adalah Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, dan Sunan Muria.

Ketiga walisongo tersebut dimakamkan di daerah yang berbeda-beda. Sunan Kalijaga dimakamkan di Kadilangu, Kabupaten Demak. Jaraknya sekitar 2 km dari Masjid Agung Demak.

Sunan Kudus dimakamkan di belakang Masjid Menara Kudus, Kabupaten Kudus. Sedangkan Sunan Muria makamnya terletak di Bukit Muria, Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Makam tiga walisongo di Jawa Tengah ini dapat Anda ziarahi kapan saja. Biasanya menjelang Ramadan banyak peziarah yang membanjiri lokasi makam para walisongo, termasuk ketiga wali itu.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rute Menuju Makam 3 Walisongo di Jateng

Jika berangkat dari Jakarta, Anda bisa menggunakan jalur Pantai Utara (Pantura). Untuk memudahkan, Anda bisa mengikuti rute berikut ini yang langsung tiba ke lokasi.

3 dari 3 halaman

Adab Ziarah Kubur

Mengutip NU Online, selama ziarah walisongo harus memperhatikan adab. Sedikitnya ada 7 adab ziarah kubur dari Syekh Nawawi Al-Bantani dalam kitab Nihayatuz Zain

1. Menjaga perilaku saat dimakam;

2. Mengucapkan salam dengan ucapan “Assalamu alaika dara qaumi mukminin, wa inna insyaallahu bikum lahiqun”;

3. Mengucapkan salam dengan menyebut nama almarhum;

4. Tidak duduk di atas kuburan;

5. Menghadirkan hati;

6. Membaca Al-Qur’an dan berdoa; dan

7. Merenung keadaan orang dan teman yang telah meninggal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.