Sukses

5 Makam Keramat di Bogor untuk Wisata Religi, Sering Banjir Peziarah

Bogor, Jawa Barat tidak hanya terkenal dengan julukan Kota Hujan. Namun, Bogor juga terkenal dengan daerah yang memiliki tempat-tempat keramat, termasuk makam keramat yang tersebar di penjuru Bogor.

Liputan6.com, Bogor - Bogor, Jawa Barat tidak hanya terkenal dengan julukan Kota Hujan. Namun, Bogor juga terkenal dengan daerah yang memiliki tempat-tempat keramat, termasuk makam keramat yang tersebar di penjuru Bogor.

Ada banyak makam keramat di Bogor yang sering menjadi lokasi ziarah. Pengunjung makam keramat ini tidak hanya dari Bogor, tapi luar Bogor hingga luar Jawa pun berbondong-bondong untuk menziarahi makam keramat di Bogor.

Bila berkunjung ke makam keramat di Bogor, Anda harus menjaga tatakrama saat berziarah. Selama di lokasi ziarah, Anda juga harus mengikuti aturan yang berlaku.

Mengutip berbagai sumber, inilah daftar makam keramat di Bogor yang dapat diziarahi dalam waktu dekat.

1. Makam Keramat Empang

Berada di tengah-tengah kota, Makam Keramat Empang sering diziarahi. Hampir setiap hari ada saja orang yang berziarah ke makam ini. Siapakah sosok yang diziarahi di makam ini?

Makam Keramat Empang merupakan tempat peristirahatan para habib atau keturunan Rasulullah SAW yang populer di Bogor. Di lokasi ini ada makam Habib Abdullah bin Mukhsin al-Attas beserta anak dan murid kesayangannya.

Biasanya setiap malam Jumat Makam Keramat Empang ramai dengan peziarah dari berbagai pelosok daerah. Ada yang rombongan, ada pula yang perorangan untuk berziarah ke makam ulama ini.

Jika Anda ingin berziarah ke Makam Keramat Empang, silakan ke Komplek Masjid Annur, Jalan Lolongok, RT 02 RW 04, Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Makam Keramat Mbah Khair

Mbah Khair merupakan salah satu pendekar pencak silat Indonesia. Ia adalah sosok di balik pencak silat aliran Cimande. 

Semasa hidupnya, Mbah Khair pernah bertemu dengan dengan pendekar silat dari Minangkabau dan China. Oleh Bupati Cianjur Raden Aria Wiratanudatar VI, Mbah Khair ditawari menjadi guru silat keluarga bupati. 

Mbah Khair wafat pada tahun 1825 dan dimakamkan di Jalan Ahmad Yani, Desa. Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat. Makam Mbah Khair hingga kini masih banyak yang menziarahi.

3. Makam Mbah Aria Baya

Makam keramat ini berada di sebuah desa bernama Pasir Angin, Kecamatan Megamendung. Sosok yang ramai diziarahi oleh umat Islam dari berbagai daerah ini adalah Mbah Aria Baya.

Mbah Aria Baya merupakan penyebar agama Islam di Jawa Barat. Ia adalah keturunan dari Raden Angga Dipa. Jika dilihat silsilahnya, garis keturunan Mbah Aria Baya menyambung ke keluarga Sukapura yaitu Dalem Wira Wangsa.

3 dari 3 halaman

4. Makam Raden Saleh

Kembali ke tengah-tengah Kota Bogor. Anda dapat mengunjungi Makam Raden Saleh yang berada di Jalan Raden Saleh, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Makam yang Anda kunjungi ini merupakan makam sosok maestro pelukis, yakni Raden Saleh. Raden Saleh adalah seorang dzurriyah Nabi Muhammad SAW yang memiliki jiwa sosial, seni, dan nasionalisme tinggi semasa hidupnya.

5. Makam Mbah Dalem Sholawat

Mbah Dalem Sholawat merupakan panggilan populer untuk Raden Adipati Surya Wiranata. Panggilan Mbah Dalem Sholawat tersemat kepada bupati pertama di Bogor ini lantaran kerajinannya bersholawat di masjid.

Mbah Dalem Sholawat merupakan cucu dari pendiri Masjid Agung At Thoriyah. Masjid tersebut merupakan masjid pertama yang dibangun di Bogor Raya.

Bila ingin berziarah ke Mbah Dalem Sholawat, Anda bisa berkunjung ke Jalan Raden Aria Wiranata, Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.