Sukses

Cara Membuat Pakaian Putih yang Menguning Jadi Baru Lagi, Bisa untuk Lebaran

Masalah pada pakaian putih adalah perubahan warnanya.

Liputan6.com, Jakarta Hari Raya Idul Fitri identik dengan pakaian yang baru dan bersih. Tak jarang, orang memilih pakaian berwarna putih untuk merayakan Idul Fitri. Warna putih bisa melambangkan kesucian hati di hari yang Fitri. 

Namun, pakaian di Hari Raya tak harus baru. Jika kamu sudah memiliki pakaian putih, kamu bisa menggunakannya di hari raya ini. Mungkin, pakaian putihmu sudah mulai berubah warna menjadi kusam atau kekuningan.

Pakaian putih menjadi kusam dan menguning seiring waktu karena terkena kotoran tubuh, transfer pewarna dari kain lain, dan residu dari deterjen cucian berlebih dan pelembut kain yang terperangkap di serat kain. Tak perlu khawatir, kamu tetap bisa mengenakan pakaian putih lamamu dan tetap bersih, cerah dan tidak menguning.

Ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk memutihkan pakaian yang menguning. Cara memutihkan pakaian yang menguning ini bisa menggunakan produk pemutih, teknik pencucian yang benar, atau menggunakan bahan alami seperti lemon. Berikut cara memutihkan pakaian yang menguning, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(25/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara memutihkan pakaian yang menguning

Pemutih klorin

Pemutih klorin dapat digunakan pada kain katun yang telah menguning karena masalah penyimpanan. Selalu ikuti petunjuk produk, dan jangan gunakan terlalu banyak pemutih. Periksa label untuk petunjuk tentang suhu air juga. Gunakan pemutih klorin untuk pakaian yang berwarna putih dan warna yang dapat diputihkan. Pemutih klorin dapat menghasilkan asap berbahaya bila dikombinasikan dengan cuka, produk amonia, atau bahan kimia rumah tangga lainnya. Jangan pernah menggabungkan produk pembersih ini, karena kombinasi tersebut dapat berbahaya bagi sistem pernapasan.

Oxygen Bleach

Cara memutihkan pakaian yang menguning yang paling lembut dan efektif adalah dengan mencampur larutan air hangat dan pemutih berbasis oksigen. Rendam pakaian putih dan biarkan terendam setidaknya delapan jam atau semalaman. Kemudian cuci seperti biasa menggunakan air dengan suhu yang direkomendasikan untuk kain, tambahkan 1/2 cangkir cuka putih suling ke air bilasan. Proses ini aman digunakan pada pakaian poliester dan semua kain sintetis serta serat alami seperti katun dan linen. Jangan gunakan pada sutra, wol, atau kulit.

3 dari 6 halaman

Cara memutihkan pakaian yang menguning

Blau

Blau adalah bahan berwarna biru yang biasanya digunakan untuk memutihkan pakaian. Blau berbentuk serbuk dan biasanya dilarutkan pada air dan digunakan untuk merendam pakaian putih. Cukup larutkan blau pada air, masukkan pakaian dan rendam selama satu jam. Pakaian bisa dibilas lalu dikeringkan. Merendam pakaian dengan blau akan membuat pakaian putih tampak lebih cerah. Cairan blau akan menambahkan sedikit warna biru pada kain untuk membuatnya tampak lebih putih dan cerah.

Jemur di bawah sinar matahari

Jika memungkinkan, jemur cucian putih di luar di bawah sinar matahari. Sinar ultraviolet dari sinar matahari akan membantu memutihkan pakaian. Setelah pakaian putih baru saja dicuci dan dibasahi, lewati siklus pengering. Jemur pakaian langsung di bawah sinar matahari.

4 dari 6 halaman

Cara memutihkan pakaian yang menguning

Jus Lemon

Jus lemon adalah pemutih dan penyegar cucian alami. Tambahkan 1 cangkir ke air lemon mesin cuci bersama dengan deterjen. Tambahkan cucian dan cuci seperti biasa. Hanya gunakan jus lemon pada pakaian putih karena ia dapat memutihkan warna tertentu. Cara lain menggunakan lemon untuk memutihkan pakaian adalah dengan merebus pakaian putih dengan lemon atau jus lemon sampai airnya berbuih dan biarkan meresap selama sekitar satu jam.

Soda kue

Natrium bikarbonat, atau soda kue, membantu menghilangkan bau dan melembutkan pakaian. Tambahkan 1/2 cangkir soda kue bersama dengan deterjen cair biasa di awal siklus pencucian. Jika menggunakan deterjen bubuk, tambahkan soda kue selama siklus pembilasan. Gunakan lebih sedikit untuk beban yang lebih kecil.

5 dari 6 halaman

Cara memutihkan pakaian yang menguning

Boraks

Sedikit boraks dapat bekerja untuk meningkatkan efektivitas deterjen cucian biasa. Ini bisa membuatnya lebih efektif untuk mengembalikan kebersihan dan warna. Mineral alami, boraks membantu menghilangkan noda, menghilangkan bau badan dan mencerahkan pakaian. Boraks juga memecah mineral di dalam air sehingga deterjen dapat bekerja lebih baik. Tambahkan 1/2 cangkir boraks di awal siklus pencucian. Sebagai pra rendam, tambahkan 1/2 cangkir boraks dan sedikit deterjen untuk menghilangkan noda kopi atau keringat.

Natrium Karbonat

Senyawa kimia yang mirip dengan soda kue, yaitu natrium karbonat memiliki tingkat alkalin yang lebih tinggi yang menjadikannya bahan pembersih yang kuat. Tambahkan 1/2 cangkir ke cucian sebagai pendorong deterjen.

6 dari 6 halaman

Cara memutihkan pakaian yang menguning

Hidrogen Peroksida

Hidrogen Peroksida adalah pengoksidasi yang melarutkan residu dan mencerahkan pakaian putih dengan cara yang mirip dengan agen pemutih yang biasa dibeli di toko. Cukup tambahkan 1 cangkir hidrogen peroksida ke mesin cuci sebelum menambahkan air dan pakaian. Hidrogen peroksida juga dapat ditempatkan di dispenser pemutih otomatis mesin cuci di mana ia akan disebarkan ke dalam siklus pencucian. Hidrogen peroksida juga cukup efektif menghilangkan noda kuning di ketiak pakaian putih jika dipadukan dengan soda kue dan air.

Cuka Suling Putih

Cuka suling putih merupakan pelembut dan pewangi kain yang sangat baik. Cuka putih suling bekerja dalam siklus bilas. Tuangkan 1/4 cangkir ke dalam mesin cuci selama siklus pembilasan terakhir. Lanjutkan siklus seperti biasa. Cuka putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan sisa sabun. Tambahkan 1 cangkir ke siklus pembilasan terakhir mesin cuci untuk tujuan itu. Jangan pernah menggabungkan cuka dengan pemutih klorin karena akan menghasilkan asap yang berbahaya. Jangan gunakan cuka pada pakaian sutra, asetat, atau rayon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.