Sukses

Bulan Ramadhan Jadi Momen Orangtua Lebih Perhatikan Gizi Anak

Tentang Anak berkomitmen untuk mendampingi setiap perjalanan orangtua dalam membesarkan anak secara optimal, termasuk di momen Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Di bulan Ramadhan ini banyak hal positif yang bisa dilakukan termasuk mengedukasi para orangtua tentang gizi untuk anak. Tentang Anak, one stop solution parenting platform kembali mempersembahkan sederet rangkaian webinar dan aktivitas edukatif bagi keluarga Indonesia.

Di momen Ramadhan ini, mereka menggagas kampanye Bermakna (Berkah Bersama Keluarga Tentang Anak). Selama kampanye ini berlangsung pada bulan Ramadan, Tentang Anak akan membahas berbagai isu parenting seperti nutrisi, pola asuh dan stimulasi yang optimal untuk anak Indonesia.

Founder dan CEO Tentang Anak, dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A., mengatakan, bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat bagi orangtua untuk merefleksikan diri pada peran mereka terhadap tumbuh kembang si kecil. Tentang Anak berkomitmen untuk terus hadir mendampingi setiap perjalanan orangtua dalam membesarkan anak secara optimal, termasuk di momen spesial seperti bulan suci Ramadhan.

“Melalui berbagai sesi edukatif selama kampanye Bermakna berlangsung, kami berharap bisa menghadirkan solusi terutama untuk pemenuhan gizi anak Indonesia yang kini masih menjadi fokus utama pihak pemerintah dan para ahli untuk menekan angka stunting serta obesitas yang tinggi pada anak Indonesia,” terang Mesty dalam webinar yang digelar pada 5 April 2022.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin dalam pidatonya di webinar tersebut menyatakan, masa depan suatu bangsa tergantung pada keberhasilan anak dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Seorang anak memerlukan asah, asih, dan asuh untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.

Momentum bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, dapat dijadikan sebagai penguatan peran orangtua baik dari aspek religius, maupun memahami kebutuhan anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gaya Hidup Sehat

“Hal ini bisa dimulai dari kecukupan gizi, pola asuh hingga gaya hidup sehat untuk pencapaian tumbuh kembang anak yang optimal. Orangtua, keluarga dan masyarakat dapat menjadi role model dalam berperilaku dan bergaya hidup sehat.,” jelas Menkes.

Isu tersebut diangkat dikarenakan berbagai studi yang membuktikan bahwa gizi anak Indonesia masih menjadi isu utama yang dihadapi oleh sebagian orangtua dan anak saat ini. Berdasarkan survei Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021, menyebutkan prevalensi stunting sebesar 24,4 persen.

Sementara itu, berdasarkan Riskesdas 2018 prevalensi obesitas pada Balita sebanyak 3,8 persen dan obesitas usia 18 tahun ke atas sebesar 21,8 persen.  Tren ini diperparah oleh pandemi COVID-19.

Survei tahun 2020 yang dilaksanakan terhadap rumah tangga berpendapatan rendah di Jakarta menemukan bahwa makanan bergizi—seperti buah dan sayur, daging sapi dan ikan, dan kacang-kacangan—yang dikonsumsi anak-anak selama pandemi lebih sedikit dibandingkan tahun 2018.

3 dari 3 halaman

Program Edukatif Tentang Anak Selama Bulan Ramadhan

Melalui kampanye Bermakna, Tentang Anak menghadirkan berbagai rangkaian webinar dan aktivitas edukatif. Program ini berlangsung dari 5 - 26 April 2022 untuk mendampingi orangtua di rumah sembari menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Orangtua dapat bergabung di berbagai acara tersebut secara gratis melalui aplikasi Tentang Anak dan bagi orang tua yang sudah mendaftar dapat menonton tayangan ulangnya kembali jika terlewat. Berbagai topik dan pengisi acara yang akan meramaikan kampanye Bermakna dari Tentang Anak di bulan Ramadhan ini dapat ditemukan pada tabel di gambar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.