Sukses

Kisah Ekspat Non-Muslim di Uni Emirat Arab Merasakan Suasana Ramadan

Melewatkan makan merupakan tantangan bagi warga Filipina, terutama karena mereka menggunakan transportasi umum setiap hari untuk berangkat kerja.

Liputan6.com, Abu Dhabi - Jennie Liz Li, ekspatriat non-Muslim Filipina di Dubai, telah berpuasa setiap Ramadhan selama empat tahun terakhir. Beberapa hari pertama selalu sulit, katanya, dan dia biasanya bergumul dengan sakit kepala, kelelahan, dan pusing. Tapi Jennie tidak pernah bergeming. Dia melakukannya untuk menghormati orang-orang di sekitarnya.

"Ini dimulai karena sepupu saya, yang telah memeluk Islam sejak lama. Sekitar empat tahun yang lalu, kami menghabiskan beberapa hari bersama selama Ramadan. Saya menyukai ritual puasa. Dia juga menyemangati saya. Dan di kantor saya, sebagian besar kolega saya adalah Muslim. Untuk menghormati mereka, saya berpuasa," kata koordinator penjualan senior di Hotpack Packaging.

Melansir Khaleej Times, melewatkan makan adalah sebuah tantangan, terutama karena dia menggunakan transportasi umum setiap hari untuk pergi bekerja.

"Ini sangat sulit, terutama di musim panas. Saya perlu melakukan perjalanan dari flat saya di Al Karama ke kantor kami di DIP. Biasanya butuh dua jam perjalanan melalui Metro ke Ibnu Battuta dan dari sana kami punya fasilitas penjemputan perusahaan," kata Jennie.

Pada hari biasa, dia akan meneguk air begitu sampai di kantor. Namun, selama Ramadhan, dia bahkan menyembunyikan gelasnya agar dia tidak merasa ingin minum.

"Selain itu, kami biasanya memasak sesuatu yang istimewa pada Jumat sore dan menonton film. Tapi kami tidak melakukannya selama bulan suci," kata Jennie.

Puasa, kata dia, merupakan kesempatan untuk melatih pengendalian diri.

"Anda perlu mengatur tidur Anda. Tetapi setelah beberapa saat, Anda merasa hebat. Saya akan menurunkan berat badan selama bulan ini. Di tempat kerja, Anda merasakan tekanan, tetapi bulan ini, Anda belajar pengendalian diri dan disiplin diri."

Jennie juga menikmati kegembiraan mengakhiri hari puasa. “Di rumah, kami punya buah-buahan, kurma dan laban. Puasa membersihkan tubuh dan pikiran. Ini membantu menyingkirkan semua pikiran negatif, ”katanya. 

 

Reporter: Lianna Leticia

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

INFOGRAFIS: Beda Durasi Waktu Puasa Negara-Negara di Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.