Sukses

Cara Memaafkan Orang yang Telah Begitu Menyakiti di Hari Raya Idul Fitri

Memaafkan orang yang sudah menyakiti memang tak mudah, apalagi ia tak mau mengakui kesalahannya.

Liputan6.com, Jakarta Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan saat yang tepat untuk saling memaafkan. Tak sekadar tradisi, memaafkan memiliki manfaat kesehatan, baik fisik maupun mental.

Hanya saja, terkadang sulit untuk memberi maaf pada orang yang telah menyakiti hingga kita merasa terluka. Jika seperti ini, harus bagaimana?

Memaafkan orang yang sudah menyakiti memang tak mudah, apalagi ia tak mau mengakui kesalahannya. Jika ini kesulitan memaafkan terjadi pada Anda, jadikan sebagai tantangan. 

Jika perlu, jadikan langkah berikut agar bisa memaafkan orang lain, seperti mengutip Mayo Clinic.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Langkah agar Bisa Memaafkan

1. Latihlah empati Anda. Cobalah lihat situasi dari sudut pandang orang lain. Hal ini membantu Anda lebih memahami cara pandang orang tersebut.

2. Tanyakan pada diri sendiri mengapa ia bersikap seperti itu. Mungkin Anda akan melakukan hal yang sama jika berada di situasi sepertinya.

3. Renungkan saat Anda menyakiti orang lain tapi mereka memaafkan Anda

4. Tuliskan dalam catatan, berdoalah, atau lakukan meditasi, atau bicaralah dengan orang yang Anda percaya dan bijaksana seperti pemuka agama dan pimpinan spiritual atau bahkan kekasih dan teman.

5. Sadarilah bahwa pengampunan adalah suatu proses. Bahkan luka kecil pun perlu untuk dilihat kembali dan diampuni berulang kali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini