Sukses

7 Tips Berpuasa saat Sedang Demam, Perhatikan Waktu Istirahat

Tips berpuasa saat sedang demam harus memperhatikan pola makan dan tidur.

Liputan6.com, Jakarta Tips berpuasa saat sedang demam harus memperhatikan pola makan dan tidur. Kerap kali demam menyerang secara tiba-tiba, tidak terkecuali saat kamu menjalankan ibadah puasa. Keluhan ini sering menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh, seperti badan lemas hingga pusing berputar

Keluhan tersebut tentu sangat mengganggu dan bisa membuat puasa kamu batal di tengah jalan. Oleh karena itu, kamu perlu mengatur pola makan, pola tidur, hingga berbagai penanganan untuk membuat ibadah puasa tetap lancar saat sedang demam.

Tips berpuasa saat sedang demam harus benar-benar diperhatikan agar badanmu tetap kuat. Namun, jika kamu merasa tidak kuat dengan keluhan yang timbul, jangan paksakan diri untuk menahan haus dan lapar hingga waktu berbuka tiba. Akan lebih baik jika kamu segera berobat ke dokter dan absen puasa sementara waktu hingga kondisi tubuh benar-benar pulih seperti semula.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tips berpuasa saat sedang demam dari berbagai sumber, Rabu (29/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh dan Konsumsi Makanan yang Tepat

Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tips berpuasa saat sedang demam yang pertama adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Peningkatan suhu tubuh saat demam membuat cairan dari dalam tubuh lebih mudah menguap. Hasilnya, kamu akan lebih mudah haus dan berisiko mengalami dehidrasi bila tidak segera minum.

Untuk mencegah hal ini terjadi saat kamu menjalankan ibadah puasa, memenuhi kebutuhan cairan tubuh menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Kamu dianjurkan untuk minum air putih setidaknya delapan gelas: dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam hari, dan dua gelas saat sahur.

Jika memungkinkan, konsumsilah air putih hangat. Hindari air dingin, kopi, atau teh, karena dapat memperparah demam yang sedang kamu alami.

Konsumsi Makanan yang Tepat saat Sahur dan Berbuka

Pemilihan makanan saat sahur dan berbuka yang tepat juga merupakan salah satu tips berpuasa saat demam yang perlu diperhatikan. Ketika sahur atau berbuka, konsumsilah makanan yang kaya vitamin C seperti buah jeruk atau stroberi. Buah-buahan ini dapat melawan infeksi dan menurunkan demam. Buah-buahan ini juga akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu.

Hindari gorengan, makanan pedas dan berlemak, karena makanan tersebut bisa membuat demam semakin parah. Di samping itu, perhatikan pula komposisi menu saat sahur dan berbuka. Pastikan sajian yang kamu konsumsi terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serta lemak sehat.

3 dari 5 halaman

Istirahat Cukup dan Hindari Aktivitas Berlebihan

Istirahat Cukup

Tips berpuasa saat sedang demam selanjutnya adalah dengan beristirahat yang cukup. Beberapa penelitian mengatakan, waktu tidur yang dibutuhkan tubuh untuk dapat memperbaiki diri dari dalam adalah 8 jam per hari.

Jika kesulitan tidur, kamu harus menjauhi kafein dan alkohol sama sekali, hindari rokok, dan buat lingkungan tidur senyaman mungkin. Kamu bisa mewujudkan tidur yang berkualitas dengan mendengarkan musik atau mandi air hangat. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah tidur di malam hari

Hindari Aktivitas Berlebihan

Hindari melakukan aktivitas berlebihan jika kamu sedang demam saat puasa. Hal ini bertujuan agar kondisi tubuh cepat pulih dan puasa bisa berjalan lancar hingga waktu berbuka tiba.

Pastikan pula kamu tidak banyak menghabiskan waktu di bawah teriknya matahari. Sebab hal ini akan membuat kamu lebih mudah haus, apalagi saat sedang demam.

4 dari 5 halaman

Hindari Pakaian Tebal dan Kompres Air Hangat

Hindari Pakaian Tebal

Tips berpuasa saat sedang demam berikutnya adalah dengan menghindari pakaian tebal. Saat demam, sebaiknya kamu tidak menggunakan pakaian yang tebal. Karena pakaian tersebut dapat menghambat proses pelepasan panas yang mengakibatkan suhu tubuh bisa bertambah tinggi.

Walaupun merasa kedinginan saat sedang demam, sebenarnya suhu tubuh kamu sangat tinggi, dan kamu harus menurunkannya agar tubuh menjadi lebih hangat.

Oleh karena itu, biarkan tubuh mengeluarkan panas yang berlebihan dengan mengenakan pakaian yang tipis dan menutupi tubuh dengan selimut atau kain yang tipis apabila diperlukan.

Kompres Air Hangat

Kompres merupakan tindakan yang biasa dilakukan ketika demam. Namun, kompres tidak akan efektif menurunkan suhu tubuh jika menggunakan air dingin.

Tips berpuasa saat sedang demam ini dianjurkan menggunakan kompres air hangat, bukan dingin. Hal ini untuk memindahkan suhu panas pada tubuh. Bagian tubuh yang bisa kamu kompres adalah dahi dan ketiak.

5 dari 5 halaman

Minum Obat

Tips berpuasa saat sedang demam berikutnya tentu adalah dengan minum obat. Untuk membantu menurunkan demam, kamu dapat mengonsumsi obat-obatan antidemam saat sahur dan berbuka. Parasetamol, ibuprofen, dan aspirin adalah beberapa jenis obat yang bisa kamu konsumsi.

Sebelum minum obat, pastikan kamu membaca label kemasan dengan saksama. Pastikan dosis yang kamu minum sesuai dengan anjuran yang tertera. Jika kamu membeli obat tersebut di apotek, berkonsultasilah terlebih dahulu pada apoteker yang melayani mengenai dosis obat yang sesuai dengan kondisimu.

Itulah beberapa tips berpuasa saat sedang demam yang harus kamu perhatikan. Dengan melakukan berbagai tips tersebut kamu bisa tetap berpuasa walaupun sedang demam. Tentunya dengan pola makan dan tidur yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini