Sukses

8 Salat Sunnah Saat Bulan Ramadan, Mendatangkan Berkah

Salat Sunnah Saat Bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki bulan Ramadan, memang mempersiapkan berbagai macam bekal ibadah dan amalan saleh sudah menjadi kebiasaan umat muslim. Hal ini disebabkan karena bulan Ramadan ini sudah dikenal sebagai bulan suci penuh ampunan. Selain salat wajib dan berpuasa, salat sunnah saat bulan Ramadan juga bisa dijadikan penambah pahala. Bahkan penambah berkah untuk kehidupan di dunia dan di akhirat kelak. 

Salat memang satu-satunya metode yang bisa digunakan oleh umat Islam melakukan komunikasi secara langsung dengan Allah SWT. Tanpa penghalang dan bisa lebih khusyuk tentunya. Mengingat banyaknya setan yang dibelenggu dan pahala amal salih yang dilipat gandakan. Salat sunnah saat bulan Ramadan tentu harus dijadikan pertimbangan.

Semakin banyak salat sunnah saat bulan Ramadan yang dijalankan, maka akan semakin dekat pula hamba dengan Tuhannya. Keberkahan hidup akan semakin dekat dan melekat hingga kesucian diri benar-benar akan didapat.

Berikut salat sunnah saat bulan Ramadan yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Salat Sunnah Saat Bulan Ramadan

1. Salat Tarawih

Salat tarawih ini memang salah satu salat sunnah yang sangat dianjurkan karena hanya bisa dilakukan pada malam bulan Ramadan saja. Rakaat paling sedikit salat tarawih ini 2 rakaat dengan 1 rakaat salat witir.

Pahala yang didapat juga akan semakin berlipat jika dilaksanakan dengan berjemaah. Walaupun salat tarawih juga boleh dilakukan di rumah. Bisa sendiri atau juga berjemaah.

Manfaatnya pun ada banyak sekali, termasuk mengampuni dosa diri sendiri, mengampuni dosa orang tua, pahala yang sama dengan pahala ibadah Nabi Muhammad SAW dan masih banyak lagi.

2. Salat Duha

Salat duha ini memang dianjurkan sekali saat bulan Ramadan. Hal ini disebabkan karena berkah yang luar biasa akan didapatkan melalui salat Duha. Salat ini bisa dilaksanakan setelah matahari terbit menjelang salat Zuhur.

Salat ini bisa dilakukan di mana saja. Seperti di kantor, sekolah, rumah sakit, stasiun, terminal, dan masih banyak lagi. Rakaat minimalnya juga hanya 2 rakaat saja. Manfaat dari salat Duha ini bisa digunakan untuk membangun rumah di surga, dan bahkan pahalanya setara dengan pahala ibadah Umrah.

3 dari 5 halaman

Salat Sunnah Saat Bulan Ramadan

3. Salat Qobliyah dan Salat Ba’diyah

Salat sunnah ini bisa dilaksanakan sebelum dan sesudah salat wajib. Salat Qabliyah dilakukan sebelum sholat wajib sedangkan salat Ba’diyah dilaksanakan setelah salat wajib. Pada setiap waktu salat memiliki rakaat dan aturan salat Qabliyah dan salat Ba’diyahnya masing-masing. Manfaat salat ini juga mampu digunakan untuk membangun rumah atau istana di Surga.

Sedangkan untuk pelaksanaannya, salat ini hanya boleh dilakukan sendiri yang berarti tidak boleh berjemaah. Salat ini biasa disebut sebagai salat sunnah pengiring salat Fardu.

Salat sunnah Qabliyah zuhur empat rakaat dilakukan sebelum salat zuhur dengan cara dua kali salam, yaitu sekali salat dua rakaat. Hal ini berdasar pada tindakan Rasulullah SAW yang selalu melaksanakan dan jarang sekali meninggalkannya. Hal ini dijadikan sebagai petunjuk bagi umatnya bahwa empat rakaat sebelum dan sesudah zuhur hukumnya sunnah muakkadah atau sunnah yang dianjurkan sekali.

4. Salat Tahajud

Salat sunnah ini biasa dilaksanakan di tengah malam setelah bangun tidur dan sebelum subuh. Tidak hanya saat bulan Ramadan, tetapi salat ini juga sangat dianjurkan dilaksanakan setiap malam. Namun saat bulan Ramadan salat sunnah ini sangat efektif dilaksanakan.

Hal ini disebabkan karena bertepatan dengan waktu sebelum menyantap makan sahur, dengan minimal 2 rakaat saja, dan tidak dilakukan dengan berjemaah. Namun tetap pastikan sebelum melaksanakan salat, harus sudah tidur terlebih dahulu walaupun hanya sebentar.

Salat Tahajud ini sangat bermanfaat untuk menghindarkan dari berbagai bencana, keringanan hisab, jaminan masuk surga, menenangkan pikiran, menjaga kesehatan, mengangkat derajat, menyinari wajah, serta bisa mengabulkan doa dan permintaan.

4 dari 5 halaman

Salat Sunnah Saat Bulan Ramadan

5. Salat Tasbih

Salah satu salat sunnah yang sangat baik dilakukan saat bulan Ramadan. Salat ini sangat dianjurkan untuk dilaksanakan setelah salat Tarawih tanpa berjemaah. Namun sebenarnya boleh dilaksanakan pada siang hari atau malam hari. Jika dilakukan pada siang hari, salat Tasbih ini dilakukan 4 rakaat dengan sekali salam. Sedangkan jika dilaksanakan saat malam hari, dengan dua kali salam.

Salat Tasbih ini dilakukan dengan membaca kalimat “Subhanallahu wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 300 kali dalam 4 rakaat, yaitu dilakukan 75 kali tasbih setiap rakaatnya. Tata caranya sama dengan salat sunnah lainnya. Namun yang membedakan adalah bacaan Tasbih yang dilantunkan setiap melakukan gerakan sholat. 

Salat Tasbih ini akan sangat berguna untuk mengisi timbangan amal saat perhitungan di hari akhir, menjadi penghapus dosa, penghindar kesedihan dan penyakit berat. Bahkan, di surga kelak umat Islam yang melaksanakan salat Tasbih dijanjikan satu pohon kurma.

6. Salat Taubat

Sesuai dengan namanya, salat Taubat ini memang ditujukan untuk memohon sebenar-benarnya ampunan kepada Allah SWT. Dianjurkan untuk dilaksanakan saat bulan Ramadan karena bulan ini tepat dibuka selebar-lebarnya ampunan.

Salat Taubat ini disarankan untuk dilaksanakan pada malam hari setelah salat Tarawih. Hal ini ditujukan agar bisa mendapatkan waktu yang lebih khusyuk dan tenang. Bahkan, salat sunnah ini akan membuat seseorang seolah lahir kembali layaknya seorang bayi tanpa dosa.

5 dari 5 halaman

Salat Sunnah Saat Bulan Ramadan

7. Salat Hajat

Salat sunnah ini memang ditujukan untuk sebuah permintaan. Dianjurkan untuk dilaksanakan saat bulan Ramadan karena bagi orang-orang yang berpuasa, segala macam doa akan dikabulkan oleh Allah SWT. Sehingga dengan dilaksanakannya salat sunnah ini, permintaan seorang hamba akan lebih mudah dikabulkan. Salat ini boleh dilaksanakan pada siang atau malam hari dengan tujuan untuk mengambulkan permintaan dan juga mengusir kesulitan dalam mencapai tujuan atau permintaan tertentu.

8. Salat Tahiyatul Masjid

Salat sunnah ini memang hanya ditujukan bagi yang rajin mengunjungi masjid. Pahala dari salat sunnah ini bisa dijadikan penyemangat, agar saat bulan Ramadan bisa lebih rajin datang ke masjid untuk beribadah. Boleh juga dilaksanakan sebelum melaksanakan salat Tarawih di masjid. Salat ini dilaksanakan dengan 2 rakaat sebelum duduk di masjid tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini