Sukses

Hadiri Rakernas PDIP, Langkah Awal PPP-PAN Tinggalkan KMP?

Liputan6.com, Jakarta - Pakar Komunikasi Politik Universitas Mercu Buana Heri Budianto menilai hadirnya elite PPP dan PAN dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-IV PDIP sebenarnya sudah menunjukkan sinyal jika kedua partai tersebut akan berlabuh ke PDIP atau berkoalisi dengan Pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Kata dia, itu artinya, sama saja kemungkinan besar kedua partai politik tersebut akan keluar dari Koalisi Merah Putih (KMP) atau gabungan parpol pengusung Prabowo Subianto-Hatta Raja pada Pilpres 2014.

"Saya melihat ini langkah permulaan yang dapat membuka bergabungnya PPP dan PAN ke kubu PDIP," kata Heri kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (19/9/2014).

Dia menjelaskan, dalam politik itu, kehadiran PPP dan PAN tersebut merupakan simbol politik yang menguatkan keduanya membuka ruang untuk bersama-sama. Ia menambahkan, kehadiran keduanya dalam rakernas partai besutan Megawati Soekarnoputri itu merupakan titik awal ke kubu koalisi pimpinan PDIP.

"Bahkan tak hanya itu, menurut saya langkah politik PAN sudah terlihat saat Jokowi ketemu dengan Hatta Rajasa beberpa waktu lalu di rumah Surya Paloh," ujar Heri.

Lebih lanjut, dia menilai aroma PPP ingin ke kubu Jokowi-JK sangat kental sebelum pelaksanaan Pilpres 9 Juli lalu Walau kemudian Ketua Umum PPP saat itu Suryadharma Ali (SDA) mampu meredam gejolak dan membawa PPP ke kubu KMP.

"Sejak Jokowi mau mengumumkan ada 16 kursi menteri utk parpol, menurut saya langkah PPP dan PAN semakin terarah. Ini semakin menguatkan bahwa politik itu dinamis, dan memang perubahan sikap itu bisa terjadi jika ada tawaran-tawaran politik menarik yang ditawarkan oleh kubu penguasa," tandas Heri.

Tiga elite Koalisi Merah Putih hadir dalam Rakernas PDIP yang digelar di Semarang, Jawa Tengah, yakni pejabat Ketua Umum PPP Emron Pangkapi dan Ketua DPP PAN Drajat Hari Wibowo dan Tjatur Sapto Edy.

Namun menurut Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arwani Thomafi, meskipun Emron hadir dalam Rakernas PDIP, pihaknya tetap berada di Koalisi Merah Putih (KMP).

Thomafi yang berada dalam kubu Emron Pangkapi mengatakan, hal yang lumrah jika seseorang memenuhi undangan seperti halnya PPP diundang oleh PDIP.

"Itu tradisi yang sudah berjalan selama ini saling undang-mengundang ini, memang ada kader yang mewakili. Jadi soal koalisi kita tetap terikat dengan KMP," tegas Thomafi.