Sukses

Syarief Hasan: Demokrat Lebih Bagus Jadi Penyeimbang

Partai Demokrat akan mengkritik keras bila ada kebijakan pemerintah yang menyudutkan rakyat. Kritik pun akan disertai dengan solusi.

Liputan6.com, Jakarta - Hingga kini Partai Demokrat belum menunjukkan sikap politik yang tegas terhadap pemerintahan mendatang. Namun begitu, Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan untuk saat ini partainya memilih untuk menjadi kekuatan penyeimbang.

"Sampai sekarang sikapnya lebih bagus penyeimbang. Penyeimbang kalau programnya sesuai dengan pemerintahan SBY dan rakyat, dan cocok kita dukung," ungkap Syarief di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Sebaliknya, sesuai fungsinya sebagai penyeimbang, Partai Demokrat akan mengkritik keras bila ada kebijakan pemerintah yang menyudutkan rakyat. Kritik pun akan disertai dengan solusi.

"Kalau tidak sama (dengan kebijakan SBY dan rakyat), kita berikan masukan. Kasih solusi. Kita kritisi. Bedanya, jadi koalisi kan harus mendukung terus," imbuhnya.

Partai Demokrat sejak proses pilpres lalu memilih untuk bersikap netral. Partai tersebut tidak masuk dalam Koalisi Merah Putih ataupun koalisi ramping Jokowi-JK.

Namun, beberapa elite partainya, antara lain Syarief Hasan, Wakil Ketua Majelis Tinggi Demokrat Marzuki Alie dan Sekjen Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, menyatakan mendukung pasangan Prabowo-Hatta. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.