Sukses

Forum Kiai Kampung Jawa Timur Dukung Prabowo-Hatta

Para Kiyai menilai Prabowo-Hatta sosok yang tegas dan mampu menyelesaikan persoalan bangsa dan ekonomi yang lebih baik.

Liputan6.com, Pacitan - Puluhan ulama yang tergabung dalam Forum Kiai Kampung se-Jawa Timur memberikan dukungan penuh pada Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa untuk bertarung pada Pilpres 9 Juli mendatang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (22/5/2014), para kiai yang memiliki basis massa pesantren yang tersebar di seluruh kampung di Jawa Timur ini menilai Prabowo-Hatta sebagai sosok yang tegas dan mampu menyelesaikan persoalan bangsa, termasuk ancaman bangsa asing dan mampu membentuk kemandirian bangsa serta membangun perekonomian yang lebih baik.

Selain itu, sikap PKB yang dinilai telah banyak mengkhianati para kiai juga mendorong mereka mendukung Prabowo-Hatta. Para kiai kampung juga berharap sosok Prabowo tetap tegas dan tidak akan meninggalkan jabatannya hingga masa jabatan berakhir jika terpilih nanti

Setelah melakukan deklarasi, para kiai kampung ini akan langsung melakukan koordinasi untuk memematangkan pasangan Prabowo-Hatta menuju kursi presiden dan wakil presiden.

Dukungan untuk capres dan cawapres Prabowo-Hatta juga datang dari sejumlah elemen masyarakat di Pacitan, Jawa Timur. Di antaranya dari Gerakan Rakyat Pendukung Prabowo, Angkatan Muda Partai Golkar, Komunitas Masyarakat Pacitan, dan Komunitas Pemantau Kinerja Pemerintah Kabupaten Pacitan.

Sementara pendeklarasiannya dilakukan di Monumen Jenderal Sudirman, Tumpak Rinjing, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Dalam pendeklarasian ini mereka menyatakan beberapa sikapnya, di antaranya siap memenangkan Prabowo menjadi Presiden Republik Indonesia.

Menurut mereka, Prabowo sangat pas dan cocok sebagai calon yang bisa meneruskan kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bisa melanjutkan pembangunan bangsa yang sudah berjalan selama ini. Selain itu Prabowo dinilai dan diyakini bisa mewujudkan Indonesia yang kuat dan bermartabat di mata negara lain.

Selesai pendeklarasian mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan mengheningkan cipta dan ditutup dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Monumen Pahlawan Jenderal Sudirman.

Dukungan terhadap pasangan capres dan cawapres ini juga mengalir dari mantan Ketua Mahkamah Konstitusu Mahfud MD. Ia menyatakan dukungan bagi pasangan Prabowo-Hatta. Bentuknya, ia menerima posisi sebagai Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta.

Pernyataan dukungan Mahfud MD dilakukan di Kantor MMD Initiative di Jalan Dempo Matraman, Jakarta Pusat. Mahfud sebelumnya telah merundingkan keputusan ini bersama tim dan para kiai. Dibutuhkan 3 hari lamanya hingga mantan Ketua MK itu menyatakan dukungan secara resmi.

Menurut Mahfud proses ini penuh dengan dilema. Beberapa teman dekatnya berharap Mahfud tak lagi terjun ke dunia politik. Meski begitu Mahfud tetap memilih untuk berkarya sebagai Ketua Tim pemenangan Prabowo-Hatta. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini