Sukses

2 Elite PKB Temani Safari Politik Jokowi Atas Titah Cak Imin

Kedua elite PKB itu yakni Ketua DPP PKB Marwan Djaffar dan Wasekjen PKB Fathan Subchi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Guna mendulang dukungan dari tokoh muslim, capres PDIP Jokowi bertolak ke Yogyakarta dan Jawa Timur mengunjungi para kiai dan cendekiawan muslim. Jokowi tak hanya didampingi elite PDIP dan Partai Nasdem, tapi juga diikuti 2 elite Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kedua elite PKB itu yakni Ketua DPP PKB Marwan Djaffar dan Wasekjen PKB Fathan Subchi. Keberadaan keduanya memang disengaja, yakni atas perintah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

"Saya ditugaskan ke sini oleh Ketua Umum untuk mengikuti Jokowi sowan ke tokoh-tokoh bangsa, ke kiai-kiai," ujar Marwan di Yogyakarta, Sabtu (3/5/2014).

Menurut Marwan, walau partainya belum mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi, namun internal PKB telah sepakat mendukung Jokowi pada Pilpres 2014 nanti.

"Seluruh pengurus baik itu dipusat dan daerah sudah solid, semuanya kompak dan telah sepakat. Solid di bawah komando Pak Muhaimin Iskandar," tegas Marwan.

Soal deklarasi dukungan terhadap Jokowi, kata Marwan, partainya tinggal menunggu waktu yang tepat. Yang jelas, deklarasi tersebut akan dipublikasikan usai penghitungan suara sah hasil Pileg 2014.

"Kalau itu, tinggal tunggu waktu saja, tunggu timing (waktu) yang tepat. ‎Tapi tentu yang paling realistis, setelah 9 Mei nanti," kata Marwan.

Selama 2 hari ini, Jokowi akan menyambangi beberapa kota di  provinsi Yogyakarta dan Jawa Timur. Dari Bandara Halim Perdanakusuma, Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Joko Widodo itu akan mendarat di kota Yogyakarta.

Di Kota Gudeg itu, Jokowi akan berkunjung ke rumah mantan Ketua PP Muhammadiyah Syafii Maarif.  Lalu, Jokowi akan bertolak ke beberapa situs sejarah di Yogyakarta seperti Taman Siswa dan berkeliling ke beberapa museum.

Sedangkan di Jawa Timur, Jokowi diagendakan akan bertemu dengan Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Khofifah Indar Parawansa di Surabaya. Keduanya akan membahas sejumlah isu, termasuk mengenai isu arah peta koalisi sejumlah partai Islam.

Perjalanan akan dilanjutkan ke sejumlah pesantren di Jawa Timur. Beberapa pesantren yang akan dikunjungi yaitu Pesantren Tebu Ireng di kota Jombang. Di Kota Santri itu, Jokowi akan bertemu dengan pimpinan Pesantren yaitu KH Salahuddin Wahid.

Selain itu, Jokowi juga akan bertolak ke Pesantren Pacul Gowang. Di sana Jokowi akan menemui Ketua Dewan Syiro PKB KH Azis Mansyur, yang disebut-sebut sebagai guru dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Dari Kota Jombang, Jokowi rencananya juga akan berkunjung ke Tambak Beras, mengunjungi Pesantren Putri al-Lathifiyah I Tambakberas Hj Mahfudhoh Ali Ubaid, dan KH Hasib Wahab Hasbullah. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.