Sukses

Perolehan Suara DPRD Riau Didominasi Caleg Golkar

Hasil penghitungan suara sementara untuk DPRD Provinsi Riau, Golkar berhasil menempatkan 11 calegnya

Liputan6.com, Pekanbaru - Pleno rekapitulasi suara Pemilu Legislatif 2014 yang digelar KPU Provinsi Riau di Hotel Pangeran, Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru pada Rabu 23 April 2014 akan berakhir pada Kamis (24/4/2014). Penghitungan KPU kabupaten/kota di Riau masih dilakukan satu persatu dan belum bisa dipastikan partai yang menang.

Namun, dari pantauan wartawan di lokasi, Partai Golkar masih mendominasi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya Caleg partai berlambang pohon beringin itu mengisi kursi di DPRD kabupaten atau kota di Riau.

Hasil penghitungan suara sementara untuk DPRD Provinsi Riau, Golkar berhasil menempatkan 11 calegnya. Jumlah itu bisa saja bertambah karena masih ada beberapa KPU kabupaten atau kota yang rekapitulasinya dibacakan.

Setelah Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Demokrat masih bersaing. Hasil sementara, masing-masing partai tersebut mendapat perolehan 7 kursi di DPRD Riau. Kemudian menyusul Gerindra 5 kursi, PAN 4, PKB 4, PPP 3, Nasdem 2, Hanura 1 dan PKS 1.

Menurut Ketua KPU Riau Nurhamin, jumlah itu hanya sementara. Penghitungan masih dilakukan dan akan ada penambahan. "Untuk sementara hasilnya itu, nanti dilanjutkan sampai tanggal 24 April," katanya sewaktu rapat pleno diistirahatkan, Rabu (23/4/2014) malam.

Untuk DPD RI dari Riau, ada 4 calon yang mendapatkan suara terbanyak. Mereka adalah Intsiawati Ayus 352.603, Abdul Gafar Usman 227.982 suara, Rosti Uli Purba 197.295 dan Maimanah Umar 184.625.

"Itu masih sementara, belum semuanya dihitung. Suara partai juga belum final, masih dihitung. Tanggal 24 April baru ditetapkan hasilnya," kata Nurhamin.

Dalam rapat pleno, Polda Riau menurunkan 849 personel Dalmas dan 100 Brimob. Mereka disiagakan di beberapa lokasi penghitungan Hotel Pangeran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.