Sukses

140 Kata-kata Bijak Bahasa Arab dan Artinya, Inspirasi Hadapi Tantangan Kehidupan

Kumpulan kata-kata bijak bahasa Arab dan artinya

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata bijak memiliki kekuatan untuk menginspirasi dan memberikan nasihat dalam menjalani kehidupan. Hal ini juga berlaku dalam bahasa Arab, di mana terdapat banyak kata-kata bijak yang kaya akan makna. Kata-kata bijak bahasa Arab menjadi sumber kebijaksanaan dan semangat bagi mereka yang memahaminya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi kumpulan kata-kata bijak bahasa Arab yang dapat menjadi sumber inspirasi untuk menghadapi segala tantangan kehidupan.

Kumpulan kata-kata bijak bahasa Arab ini mengandung kebijaksanaan dan nasihat dalam berbagai aspek kehidupan. Mulai dari motivasi diri, persahabatan, cinta, hingga kehidupan spiritual, kata-kata bijak bahasa Arab memberikan pengertian mendalam yang dapat mendorong kita untuk menjadi lebih baik. Setiap kata bijak memiliki arti dan pesan yang bermakna, sehingga menghargai dan memahaminya sangat penting.

Melalui kata-kata bijak bahasa Arab, kita dapat belajar tentang makna pentingnya ketekunan, kesabaran, dan kejujuran. Mereka mengajarkan kita untuk tidak menyerah dalam menghadapi kesulitan, serta mengingatkan kita tentang pentingnya berbuat baik dan berpikir positif. Kata-kata bijak bahasa Arab ini membantu kita untuk menemukan inspirasi dan kekuatan dalam upaya mencapai tujuan hidup kita.

Untuk lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber kumpulan kata-kata bijak bahasa Arab dan artinya, pada Selasa (30/4)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Kata-kata Bijak Bahasa Arab dan Artinya

Kata-kata bijak memiliki kekuatan yang luar biasa. Mereka mampu menyentuh hati dan memberikan inspirasi kepada setiap orang. Salah satu bahasa yang memiliki banyak kata-kata bijak yang indah adalah bahasa Arab. Dalam artikel ini, kami akan memberikan 20 quotes bijak bahasa Arab beserta artinya.

1. العقل الواعي مثل الشمعة التي تنير دروب الحياة (Al-'aql al-wa'i mithl al-sham'ah allati taneer durub al-hayah) Pemikiran yang sadar seperti lilin yang menerangi jalan hidup.

2. التجربة تعلّم الإنسان أكثر ممّا تعلّمه الكتب (Al-tajribah ta'llum al-insan akthar mimmah ta'llamahu al-kutub) Pengalaman belajar manusia lebih dari apa yang dipelajarinya dari buku.

3. عندما تغلق الأبواب, يفتح الله نافذة (Indama taghlaq al-abwab, yaftah Allah nawwaza)  Ketika satu pintu tertutup, Tuhan membuka jendela.

4. إذا غابت الشمس, قم بإشعال شمعة (Idha ghabat al-shams, qum bi-isha'i shammah) Jika matahari tidak ada, nyalakanlah lilin.

5. كلما أردت أن تنجم, تذكر أن إرادة الله تفوق إرادتك (Kullama aradt an tanjum, tadhkur ann iradah Allah tafaqu iradatik) Setiap kali kamu ingin menyerah, ingatlah bahwa kehendak Allah melampaui kehendakmu.

6. لا تحكم على كتاب من قصته بغلافه (La tahkum 'ala kutub min qisatih bi-ghalafih) Jangan menilai sebuah buku dari sampulnya.

7. عندما يغلق الله بابًا, لا تحاول فتحه (Indama yughlaq Allah baban, la tahawl fathih) Jika Tuhan menutup pintu, jangan mencoba membukanya.

8. الصبر هو مفتاح الفرج (Al-sabr huwa miftah al-faraj) Kesabaran adalah kunci kebahagiaan.

9. الكرامة ليست مادية, بل هي قيمة عالية (Al-karamah laysat madayah, bal hiya qimah 'aliyah) Kehormatan bukanlah tentang materi, tetapi nilai yang tinggi.

10. الحب أعظم سلاح يمكن أن تستخدمه (Al-hubb a'zam silah yamkin an tastakhdimuhu) Cinta adalah senjata terbesar yang bisa kamu gunakan.

11. لكل شخص رغباته وأحلامه الخاصة (Lilikulli shakhs raghatih wa-a'hlamih al-khasah) Setiap orang memiliki keinginan dan impian mereka sendiri.

12. استثمر وقتك فيما يجعلك سعيدًا (Istathamir waqtik fima yaj'aluka sa'idan) Investasikan waktu Anda dalam hal yang membuat Anda bahagia.

13. لا تيأس أبدًا, ففي النهاية ستجد النجاح (La ta'is abadan, fafi al-nihayah satujad al-najah) Jangan pernah putus asa, karena pada akhirnya kamu akan menemukan keberhasilan.

14. اجتهد ولا تعترض على العقبات (Ijtahid wala ta'tarid 'ala al-'aqbat) Bekerjalah keras dan jangan menyusahkannya tugas yang berat.

15. الصداقة الحقيقية لا تعتمد على المسافة (Al-sadqahah al-haqqiyah la ta'tamid 'ala al-masafah) Persahabatan sejati tidak memandang jarak.

16. العمل الجاد هو بوابة النجاح (Al-'amal al-jad huwa babat al-najah) Kerja keras adalah pintu menuju kesuksesan.

17. احترم ذاتك وستحصل على احترام الآخرين (Ihtaram dhatik wa-satuhusin al-'akhirin) Hormati diri sendiri dan kamu akan mendapatkan penghormatan dari orang lain.

18. لا تعطي الماضي القوة لتدمر مستقبلك (La tu'ati al-madi al-quwwah li-tudmir mustaqbalik) Jangan berikan kekuatan pada masa lalu untuk menghancurkan masa depanmu.

19. الابتسامة هي لغة لا تحتاج إلى ترجمة (Al-abtisamah hiya lugah la tahajju'ilu tajamah) Senyuman adalah bahasa tanpa perlu diterjemahkan.

20. اجعل كل يوم في حياتك قدوة للآخرين (Ij'al kullu yawm fi hayatik qudwah lil-'akhirin) Jadikan setiap hari dalam hidupmu sebagai teladan bagi orang lain.

 
3 dari 8 halaman

Kata-kata Bijak Bahasa Arab dan Artinya tentang Kehidupan

Kehidupan adalah anugerah yang berharga. Dalam perjalanan hidup ini, terdapat saat-saat yang penuh dengan kebahagiaan dan kesedihan, keberhasilan dan kegagalan. Untuk mencari inspirasi dan motivasi dalam menghadapi segala tantangan, kita dapat memperoleh bimbingan dari kata-kata bijak dalam bahasa Arab. Berikut ini adalah kumpulan 20 kutipan bijak Bahasa Arab dan artinya tentang kehidupan:

1. الصبر مفتاح الفرج (As-sabr miftah al-faraj) - Kesabaran adalah kunci keberhasilan.

2. قدرتك على التحمل تفوق بقدرتك على الحمل (Qudratuka 'ala at-tahammul tafawwq bi qudratika 'ala al-haml) - Kemampuanmu untuk bertahan melebihi kemampuanmu untuk memikul.

3. العمل أولاً ثم الراحة (Al-'amal 'awalan thumma ar-rahah) - Kerja terlebih dahulu, kemudian istirahat.

4. كن مُتفائلاً في زمن الشدائد (Kun muta'awwilan fi zaman ash-shada'id) - Jadilah optimis di masa kesulitan.

5. من شب على شيء شاب عليه (Man shab 'ala shay'in shab 'alayh) - Siapa yang terbiasa dengan sesuatu, maka akan terikat dengannya.

6. الصبر مرارة البداية وحلاوة النهاية (As-sabr murarah al-bada'ah wa hulwah an-nihayah) - Kesabaran adalah pahitnya awal dan manisnya akhir.

7. اطلب العلم من المهد إلى اللحد (Ibtalib al-'ilm min al-mahd ila al-lahd) - Carilah ilmu mulai dari buaian hingga liang kubur.

8. العقل السليم في الجسم السليم (Al-'aql as-salim fi al-jism as-salim) - Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat.

9. لا حيلة في دار الحيلة (La haylah fi dar al-haylah) - Tidak ada kesempurnaan dalam dunia yang penuh kepalsuan.

10. بالجد تحصد الثمار (Bil-jiddi tuhshad ath-thamar) - Dengan kerja keras, kamu akan menuai hasilnya.

11. الأرزاق بيد الله والأعمال بيد العباد (Al-arzaq biyadillahi wal-a'mal biyadil-'ibad) - Rezeki ada di tangan Allah, sedangkan pekerjaan ada di tangan manusia.

12. صعاب الدنيا أسهل من صعوبات الآخرة (Sa'ab ad-dunya ashal min sa'ubat al-akhirah) - Kesulitan dunia lebih mudah dari pada kesulitan di akhirat.

13. من أفشى سر أخيه دفع به ناراً في قلبه (Man afsha sir akhihi dafa'a bihi naran fi qalbihi) - Siapa yang membocorkan rahasia saudaranya akan menyalakan api di hatinya.

14. العقل زينة الإنسان (Al-'aql zinat al-insan) - Akal adalah perhiasan manusia.

15. كن غضبا كالفحم يُسغن عن الكثير من الوقود (Kun ghadban kal-fahm yusghin 'an al-kathir min al-waqud) - Jadilah marah seperti arang yang menggantikan banyak bahan bakar.

16. الحياة مدرسة تُعلمنا أن ملامح الأشخاص لا تعكس حقيقتهم (Al-hayah madrasah tu'allimuna 'an malamih al-ashkhas la ta'aksu haqiqatuhum) - Kehidupan adalah sekolah yang mengajarkan kepada kita bahwa penampilan seseorang tidak mencerminkan kebenaran mereka.

17. إسأل الله لا تطلب أحداً (Ista'alillah la tatlub ahadan) - Minta kepada Allah, jangan cari orang lain.

18. الاطلاع يُنوِّر العقل (Al-i'tilal yunnir al-'aql) - Membaca melahirkan pengetahuan.

19. العلم نور يُزين وجه الإنسان (Al-'ilm nur yuzin wajh al-insan) - Ilmu adalah cahaya yang mempercantik wajah manusia.

20. الثقة بالنفس طريق التفوق (Ath-thiqah bil-nafs tariq at-tafa'ul) - Kepercayaan diri adalah jalan menuju keunggulan.

4 dari 8 halaman

Kata-kata Bijak Bahasa Arab dan Artinya tentang Akhirat

Dalam agama Islam, memperhatikan kehidupan akhirat adalah salah satu prinsip penting yang harus kita pegang. Dalam rangka mendukung dan mengingatkan kita tentang pentingnya kehidupan di akhirat, berikut adalah beberapa kata-kata bijak dalam bahasa Arab yang berkaitan dengan akhirat beserta artinya:

1. لكل أمرٍ تلحق به عواقب ونتائج (Likulli amrin talihaq bihi 'awaqibun wa nata'ejun) Setiap perbuatan memiliki konsekuensi dan akibat.

2. اعمل لدنياك كأنك تعيش أبدًا، واعمل لآخرتك كأنك تموت غدًا (I'mal li dunyayka ka'annaka ta'ishu abdaan, wa'mal li akhiratika ka'annaka tamutu ghadan) Kerjakanlah untuk duniamu seolah kau hidup selamanya, dan kerjakanlah untuk akhiratmu seolah kau akan mati besok.

3. إن الإنسان ليشعر بقيمة الآخرة عندما يفهم غلاوته (Inna al-insana layash'uru biqimatil akhirati 'indama yafhamu ghawwatih) Seseorang hanya akan menghargai nilai akhirat ketika dia menyadari betapa berharganya dirinya.

4. اذكر الموت في حياتك، فإنه يذكرك (Uzkur al-mauta fi hayatika, fa innahu yadzukuruka) Ingatlah kematian dalam kehidupanmu, karena itu akan mengingatkanmu.

5. من أتى الدنيا فواته الآخرة (Man ataa ad-dunya faawatahal akhirah) Barangsiapa yang sibuk mengejar dunia, akan kehilangan akhiratnya.

6. الموت لا يكترث لجمال الجسد، بل لنبل الأعمال (Al-mawtu la yaktaritu li jamal al-jasad, bal li nabil al-a'mal) Kematian tidak peduli terhadap keindahan fisik, melainkan terhadap kebaikan perbuatan.

7. تعاهد نفسك على الاستعداد للقاء ربك في أي لحظة (Ta'ahhad nafsaka 'ala al-istu'dadi lilqa'i rabbika fi ayyi lahzhah) Berjanjilah pada dirimu sendiri untuk selalu siap menghadap Tuhanmu kapan pun.

8. كونوا كالنحل تأكلون الخير وتتركون الشر (Kunoo kan-nahla ta'kuloona al-khaira wa tatarakkoona ash-sharra) Jadilah seperti lebah yang memakan yang baik dan meninggalkan yang buruk.

9. الأعمال الصالحة هي التحف التي سترافقنا إلى القبر (Al-a'mal as-salihah hiya at-tuhafu allati satrakunna ila al-qabr) Amal shaleh adalah harta yang akan mendampingi kita hingga ke liang kubur.

10. ذكر الله هو العلاج الحقيقي لنفوسنا (Dhikrullah huwa al-'ilaj al-haqiqi li nafusina) Mengingat Allah adalah obat sejati untuk jiwa kita.

11. احرص على أن تكون محاسباً لنفسك قبل أن يحاسبك الله (Ihris 'ala an takuna muhasiban linafsika qabla an yuhasibaka Allah) Jagalah agar kamu mengoreksi dirimu sendiri sebelum Allah mengoreksimu.

12. الدنيا سرابٌ يحيّرنا والآخرة حقيقةٌ تنتظرنا (Ad-dunya surabun yuhyiruna wa al-akhirah haqiqatun tantadhurna) Dunia adalah fatamorgana yang membingungkan kita, sedangkan akhirat adalah realitas yang menanti kita.

13. تذكر أن الله ليس بحاجة إلى عبادة الناس، بل هم من يحتاجون إلى عبادته (Tadhkur 'anna Allah laysa bihaajatin ila 'ibadati an-nas, bal hum man yahytajoona ila 'ibadatihi) Ingatlah, Allah tidak membutuhkan ibadah manusia, tetapi merekalah yang membutuhkan ibadah-Nya.

14. اجعل الآخرة هدفك والدنيا وسيلة للوصول إليه (Ij'al al-akhirah hadafuka wa ad-dunya wasilatan lilwusuli ilayhi) Jadikan akhirat sebagai tujuanmu dan dunia hanya sebagai sarana untuk mencapainya.

15. الدنيا مصيدة نحن فيها، والآخرة محطة واحدة نسعى إليها (Ad-dunyaa masyidatun nahnu fiha, wa al-akhirah mahattatun wahidatun nase'i ilayha) Dunia adalah perangkap tempat kita berada, sedangkan akhirat adalah satu tujuan yang harus kita kejar.

16. مثابرون هم الذين يسعون إلى راحة الآخرة (Mathabirun hum aladzina yas'uoona ila rahatil akhirah) Orang-orang yang tekun adalah mereka yang berusaha menuju kenikmatan akhirat.

17. استثمار الوقت في الطاعة هو أفضل استثمار يمكنك أن تقوم به (Istitsmar al-waqt fi at-ta'ahhuh huwa afdhal istithmar tatakunuhu) Menginvestasikan waktu dalam ketaatan adalah investasi terbaik yang dapat kamu lakukan.

18. لا تدع الدنيا تشغل قلبك عن الآخرة (La tada' ad-dunyaa tashghul qalbuka 'an al-akhirah) Jangan biarkan dunia mengambil alih hatimu dari akhirat.

19. شغفك بالخير يعكس قوة إيمانك في الآخرة (Syaghfuka bil-khairi ya'ksu quwata iimanika fi al-akhirah) Semangatmu dalam kebaikan mencerminkan kekuatan imanmu pada akhirat.

20. لا تنس أن الأعمال الصغيرة بالنسبة للناس هي الكبيرة بالنسبة لله (La tansu 'anna al-a'mal as-saghirah bil-nisba lilnas hiya al-kubra bil-nisba lil-lah) Jangan pernah lupa bahwa amal kecil bagi manusia adalah besar di sisi Allah.

5 dari 8 halaman

Kata-kata Bijak Bahasa Arab dan Artinya tentang Pendidikan

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Pendidikan mengajarkan kita nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai potensi penuh kita. Dalam konteks pendidikan, bahasa Arab memiliki banyak kata-kata bijak yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi setiap individu yang sedang belajar. Berikut ini adalah kumpulan kata-kata bijak bahasa Arab dan artinya tentang pendidikan:

1. العلم يحلو كلما كررته (Al-'ilm yahlaw kulla maa karrartuhu) - Pengetahuan menjadi semakin manis ketika Anda mengulanginya.

2. لا تتوقف عن التعلم أبدًا. عليك أن تستمر في النمو والتطور. (La tatwaqqaf 'an al-ta'lim abadan. 'Alayka an tastamar fi al-namw wal-tatawwur) - Jangan pernah berhenti belajar. Anda harus terus tumbuh dan berkembang.

3. العلم لا يأتي من الجوع والعطش. إنه يأتي من الاسترخاء والترفيه. (Al-'ilm la ya'ti min al-jaw' wal-'atsh. 'Innahu ya'ti min al-istiraha' wal-tarfiyah) - Pengetahuan tidak datang dari lapar dan haus. Ia datang dari relaksasi dan hiburan.

4. المعرفة هي السلاح الأقوى. اسلح نفسك بها. (Al-ma'rifah hiya al-silah al-aqwa. Asalih nafsaka biha) - Pengetahuan adalah senjata terkuat. Bersenjalah dengan itu.

5. العلم هو النور الذي يستنير به السكون. وهو القوة التي تشق طريقك إلى القمة. (Al-'ilm huwa al-nuur alladhi yastaniru bih al-sukun. Wahuwa al-quwwah allati tashaqquu tariqa'ka ila al-qimah) - Pengetahuan adalah cahaya yang menerangi keheningan. Dan ia adalah kekuatan yang membuka jalanmu menuju puncak.

6. المعرفة ليست قوة حقيقية ما لم تستخدم. (Al-ma'rifah laysat quwwah haqiqiyyah ma lam tasta'mal) - Pengetahuan bukanlah kekuatan sejati kecuali jika digunakan.

7. اجعل التعلم هو عتادك الأساسي في رحلة الحياة. (Ij'al al-ta'lim huwa 'atadaka al-asasi fi rihlat al-hayah) - Jadikan pembelajaran sebagai peralatan utama Anda dalam perjalanan hidup.

8. المعرفة هي بادئة النجاح والتميز. (Al-ma'rifah hiya badi'at al-najah wal-tamyiz) - Pengetahuan adalah awal kesuksesan dan keunggulan.

9. التعليم هو السلاح الأقوى لتغيير العالم. (Al-ta'lim huwa al-silah al-aqwa litaghyir al-'alam) - Pendidikan adalah senjata terkuat untuk mengubah dunia.

10. التعلم مفتاح الفهم والتعايش في هذا العالم. (Al-ta'lam miftah al-fahm wal-ta'ayush fi hadha al-'alam) - Pembelajaran adalah kunci pemahaman dan kehidupan harmonis di dunia ini.

11. المثقفون هم من بناة المجتمعات ورواد التقدم. (Al-muthaqafun hum min bunat al-mujtama'at waraud al-taqaddum) - Intelektual adalah pembangun masyarakat dan pelopor kemajuan.

12. التعلم يغدق النور في قلوب الناس (Al-ta'lam yughdiq al-nur fi qulub al-nas) - Pembelajaran menanamkan cahaya di hati manusia.

13. المعرفة هي صديق حقيقي للإنسان. ترافقك حيثما ذهبت. (Al-ma'rifah hiya sadigh haqiqiyy lil-insan. Tarafuqak haythuma thahabt) - Pengetahuan adalah teman sejati manusia. Ia menemani Anda ke mana pun Anda pergi.

14. ابتعد عن الجهل، واستكشف عالم المعرفة. (Ibtia'd 'an al-jahl, waistakshif 'alam al-ma'rifah) - Jauhkan diri dari kebodohan, dan jelajahi dunia pengetahuan.

15. التعلم هو مفتاح الأبواب المغلقة وطريقك للحرية. (Al-ta'lam huwa miftah al-abwab al-mughlaqah watarika lik al-hurriyah) - Pembelajaran adalah kunci pintu yang terkunci dan jalan menuju kebebasan Anda.

16. التعلم ليس حفظًا فقط، بل فهمًا وتطبيقًا أيضًا. (Al-ta'lam laysa hifzan faqat, bal fahman watatbiqan 'aydan) - Pembelajaran tidak hanya tentang menghafal, tetapi juga tentang pemahaman dan penerapan.

17. التعلم يفتح أفقًا جديدًا للإبداع والإبتكار. (Al-ta'lam yufatih afqa' jadidah lil-ibtida' wal-ibtikar) - Pembelajaran membuka jenjang baru untuk kreativitas dan inovasi.

18. المعرفة هي أساس الاحترام والتعايش السلمي في المجتمع. (Al-ma'rifah hiya 'asas al-ihtram waltata'ayush al-salami fi al-mujtama') - Pengetahuan adalah dasar rasa hormat dan kehidupan harmonis di masyarakat.

19. التعلم يعطي الفرصة لتحقيق الأحلام وتحقيق النجاح. (Al-ta'lam yu'ti al-fursah litahqiq al-ahlam watahqiq al-najah) - Pembelajaran memberi kesempatan untuk mewujudkan mimpi dan mencapai kesuksesan.

20. التعلم الجيد هو أساس النجاح في الحياة. (Al-ta'lam al-jayyid huwa 'asas al-najah fi al-hayah) - Pembelajaran yang baik adalah kunci sukses dalam hidup.

6 dari 8 halaman

Kata-kata Bijak Bahasa Arab dan Artinya tentang Orang Tua

Orang tua adalah sosok yang penuh cinta dan pengorbanan. Mereka adalah pahlawan tak terlihat yang selalu siap mengorbankan segalanya demi kebahagiaan dan kesuksesan anak-anaknya. Dalam budaya Arab, terdapat banyak kata-kata bijak yang menggambarkan keistimewaan dan pentingnya orang tua. Berikut ini adalah 20 quotes bijak bahasa Arab dan artinya tentang orang tua:

1. احترم والديك حتى لو كانا في عداوة (ihtaram waldyk hatta law kanaw fi adawa) Artinya: Hormati orang tua bahkan jika mereka dalam permusuhan.

2. الوفاء للوالدين هو واجب دائم (al-wafa' lil-walidayn huwa wajib da'im) Artinya: Kesetiaan kepada orang tua adalah kewajiban yang abadi.

3. الوالدان الجيدين هما الحلم الأصعب لأي طفل (al-walladan al-jayyidayn huma al-hulm al-as'ab li-ayy tifl) Artinya: Orang tua yang baik adalah mimpi terberat bagi setiap anak.

4. الأم هي الحضن الدافئ الذي نجد فيه الأمان (al-um hiya al-hudn al-dafi al-lady najid fih al-aman) Artinya: Ibu adalah pelukan hangat di mana kita menemukan keamanan.

5. العائلة هي الجذور التي ننمو فيها والأساس الذي نقوم عليه (al-'ayilah hiya al-juthur allati nantamii fiha wal-usas al-lady nuqim 'alayh) Artinya: Keluarga adalah akar tempat kita tumbuh dan pondasi yang kita bangun.

6. ليس هنالك سلطان أعلى من سلطان الوالدين (lays hunalik sulthan a'la min sulthan al-walidayn) Artinya: Tidak ada kekuasaan yang lebih tinggi daripada kekuasaan orang tua.

7. الأب الحكيم هو الأفضل في رأي أطفاله (al-ab al-hakim huwa al-afdal fi ray a'tfalih) Artinya: Ayah yang bijaksana adalah yang terbaik di mata anak-anaknya.

8. القدوة الأسمى في الحياة هي أمي وأبي (al-qadwah al-osmah fi al-hayah hiya umi wa abi) Artinya: Teladan tertinggi dalam hidup adalah ibu dan ayahku.

9. الوالدان الحكيمان هما خير نصحين وأعظم مربين (al-walidayn al-hakiman huma khair nashayhin wa a'zam murabayin) Artinya: Orang tua yang bijaksana adalah penasehat terbaik dan pendidik terbesar.

10. الأم هي شعلة الحياة التي تضيء لنا الطريق (al-um hiya sha'lat al-hayah allati tuda' lilna al-tariq) Artinya: Ibu adalah nyala kehidupan yang menerangi jalan kita.

11. أنت سمّيت الأب لأنك الأفضل في العالم (anta samayt al-ab li-annak al-afdal fi al-'alam) Artinya: Kamu dipanggil ayah karena kamu yang terbaik di dunia.

12. العائلة هي أرضية السعادة وبذرة الأمل (al-'ayilah hiya ardiyat al-sa'adah wa bidrah al-amal) Artinya: Keluarga adalah tanah kebahagiaan dan benih harapan.

13. الآباء هم عكسنا الحقيقي، بدونهم لا نكون (al-abaa hum 'aksuna al-haqiqi, bidunhum la nukun) Artinya: Orang tua adalah cermin sejati kita, tanpa mereka kita tidak ada.

14. الأب أساس العائلة وقلبها الذي يضخ الحب والحنان (al-ab asas al-'ayilah wa qalbha allady yadkh al-hubb wal-hinan) Artinya: Ayah adalah dasar keluarga dan hati yang memompa cinta dan kasih sayang.

15. الأم هي الشمس التي تشرق حتى في أظلم الأوقات (al-um hiya al-shams allati tashraq hatta fi azlam al-awaqit) Artinya: Ibu adalah matahari yang bersinar bahkan di saat tergelap.

16. اجعل والديك فوق رأسك وقلبك (ij'al waldyk fawq ra'sik wa qalbik) Artinya: Jadikan orang tua di atas kepala dan dalam hatimu.

17. من يطعن في أمه، يطعن في قلبه (man ya'tin fi umih, ya'tin fi qalbih) Artinya: Siapa yang menusuk ibunya, ia menusuk hatinya sendiri.

18. السعادة الحقيقية هي أن ترى والديك فخورين بك (al-saadah al-haqiqiyyah hiya an tara waldyk fakhurin bika) Artinya: Kebahagiaan sejati adalah melihat orang tuamu bangga padamu.

19. الأمان الحقيقي هو في حضن والديك (al-aman al-haqiqi huwa fi hudn waldyk) Artinya: Keamanan sejati ada dalam pelukan orang tuamu.

20. أنت نعمة من الله على والديك (anta ni'mah min Allah 'ala waldyk) Artinya: Kamu adalah anugerah dari Allah bagi orang tuamu.

7 dari 8 halaman

Kata-kata Bijak Bahasa Arab dan Artinya tentang Pertemanan

Pertemanan adalah salah satu bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Melalui pertemanan, kita dapat berbagi kegembiraan, dukungan, dan menghadapi tantangan bersama. Pertemanan sejati adalah sebuah nikmat yang tak ternilai harganya. Dalam budaya Arab, terdapat banyak kata-kata bijak yang menggambarkan makna pentingnya pertemanan. Berikut adalah 20 quotes bijak Bahasa Arab dan artinya tentang pertemanan:

1. صديق حقيقي هو كنزٌ لا يفنى. (Sadeequn haqiqi hunaka kanzun la yafni) Sahabat sejati adalah harta yang tak terkalahkan.

2. ليسَ مِثلَ الصّداقة فِي العالم. (Laysa mithla al-sadaqah fi al-alam) Tak ada yang seperti persahabatan di dunia ini.

3. الصّداقة هي روح الحياة. (Al-sadaqah hiya ruh al-hayah) Persahabatan adalah jiwa kehidupan.

4. الحُبّ والصّداقة عشيقان لا ينفصلا. (Al-hubb wa al-sadaqah 'ushiqaan la yunfaasila) Cinta dan persahabatan adalah pasangan yang tak terpisahkan.

5. الدقيق في اختيار الأصدقاء الذين يتشاركون في شغفك هو أمرٌ ضروريٌ. (Al-daqqiq fi ikhtiyar al-asdiqa' al-ladhina yatasharekuna fi shaghafik huwa amrun daruri) Kejelian dalam memilih teman yang berbagi gairah Anda adalah suatu keharusan.

6. صداقة حقيقية ترتقي إلى المستوى الروحي. (Sadaqah haqiqiyyah tartaqi ila al-mustawaa al-ruhi) Persahabatan sejati mencapai tingkat spiritual.

7. صديق حقيقي هو من يفهمك حتى في صمتك. (Sadeequn haqiqi hunaka yafhamuk hatta fi samtik) Sahabat sejati adalah orang yang memahami Anda bahkan ketika Anda diam.

8. الأصدقاء الحقيقيون هم من يظلون معك في الأوقات العصيبة. (Al-asdiqa' al-haqiqiyyun hum man yathaluna ma'ak fi al-awaqit al-'asiba) Sahabat sejati adalah mereka yang tetap bersama Anda dalam waktu sulit.

9. الصديق صندوق المفاجآت اللامحدودة. (Al-sadeeq sandwq al-mufajaa'at al-laa muhadudah) Sahabat adalah kotak kejutan yang tak terbatas.

10. الصداقة ثروة لا يمكن زعزعتها. (Al-sadaqah tharwah la ymkn zaezeha) Persahabatan adalah kekayaan yang tak tergoyahkan.

11. الأصدقاء هم العائلة التي تختارها بنفسك. (Al-asdiqa' hum al-'ayilah allati takhtaroha binafsika) Sahabat adalah keluarga yang Anda pilih sendiri.

12. الأصدقاء الحقيقيون هم من يبقون معك حتى النهاية. (Al-asdiqa' al-haqiqiyyun hum man yabquna ma'ak hatta al-nihayah) Sahabat sejati adalah mereka yang tetap bersama Anda hingga akhir.

13. صداقة حقيقية هي عمرٌ جديد. (Sadaqah haqiqiyyah hiya 'amrun jadid) Persahabatan sejati adalah kehidupan baru.

14. الأصدقاء هم أشعة الشمس في الأيام المعتمة. (Al-asdiqa' hum ash'at al-shams fi al-ayyam al-mu'tamah) Sahabat adalah sinar matahari dalam hari yang gelap.

15. الصداقة وقود للروح. (Al-sadaqah waqood lal-ruh) Persahabatan adalah bahan bakar bagi jiwa.

16. الأصدقاء هم الشفاء للجروح العميقة. (Al-asdiqa' hum al-shifa' lil-juruh al-'ameeqah) Sahabat adalah penyembuh bagi luka yang dalam.

17. الصداقة هي قوة تجمع القلوب. (Al-sadaqah hiya quwwah tajma' al-qulub) Persahabatan adalah kekuatan yang menghimpun hati.

18. الأصدقاء هم العطر لحياتنا. (Al-asdiqa' hum al-'itr lihayatina) Sahabat adalah wewangian dalam hidup kita.

19. الصداقة تروي العطش الروحي. (Al-sadaqah tarwi al-'ash al-ruhi) Persahabatan meredakan dahaga jiwa.

20. الأصدقاء هم الملاذ في عواصفِ الحياة. (Al-asdiqa' hum al-malaz fi 'awasif al-hayah) Sahabat adalah tempat perlindungan dalam badai kehidupan.

8 dari 8 halaman

Kata-kata Bijak Bahasa Arab dan Artinya tentang Cinta

Cinta merupakan perasaan yang universal yang dapat dirasakan oleh setiap individu di berbagai belahan dunia. Bahasa Arab, sebagai bahasa yang memiliki kekayaan kata-kata yang mendalam, tidak luput dari pepatah bijak tentang cinta. Dalam artikel ini, kami menghadirkan 20 quotes bijak bahasa Arab dan artinya tentang cinta.

1. الحب والعشق بدون تضحية غير مكتمل (Al-hubb wa al-'ishq bidun tadhiyah ghair mukammal) Cinta dan kecintaan tak lengkap tanpa pengorbanan.

2. الحب كلمة صغيرة تشعر القلب بالكثير (Al-hub kalimah saghirah tush'ir al-qalb bil-kathir) Cinta adalah kata kecil yang membuat hati merasakan banyak hal.

3. الحب دعاء يغير الدنيا ويزيد الحياة جمالًا (Al-hubb da'aa yughayyir al-dunya wa yazeed al-hayat jamaalan) Cinta adalah doa yang mengubah dunia dan menambah keindahan hidup.

4. الحب له طاقة غامضة تسكن القلوب وتغير المصائر (Al-hubb lahu taqah ghamidhah taskun al-qulub wa taghyir al-masa'ir) Cinta memiliki kekuatan misterius yang mendiami hati dan mengubah nasib.

5. الحب لغة لا تفهمها إلا القلوب المتيمة (Al-hub lugah la tafhamuha illa al-qulub al-mut'immah) Cinta adalah bahasa yang hanya dimengerti oleh hati yang terpesona.

6. الحب هو الدواء الذي يعالج الجروح ويشفي الألم (Al-hubb huwa al-dawa al-ladhi yu'allij al-juruh wa yashfayi al-alim) Cinta adalah obat yang menyembuhkan luka dan menghilangkan rasa sakit.

7. الحب يعني أن تعيش لشخصٍ آخر وتستمتع بالحياة الذي تعيشها لأجله (Al-hub ya'ni an ta'ish li-shakhsin akhar wa tastamti' bi al-hayat al-ladhi ta'ishuha li-ajlih) Cinta berarti hidup untuk orang lain dan menikmati hidup yang dijalani untuknya.

8. الحب يجعل العمي كاتبًا والأطرش عازفًا (Al-hub yuj'al al-'ami katiban wa al-atrash 'azifan) Cinta membuat orang buta menjadi penulis dan orang tuli menjadi pemain musik.

9. الحب هو القوة التي تسمح للقلب بالطيران في سماء الحياة (Al-hubb huwa al-quwwah allati tusammih li al-qalb bi al-tayiran fi samai al-hayat) Cinta adalah kekuatan yang memungkinkan hati terbang di langit kehidupan.

10. الحب هو الإشارة التي تجعل قلوبنا تتكلم بصمت (Al-hubb huwa al-isharah allati taj'al qulubuna tatkalim bisamt) Cinta adalah isyarat yang membuat hati kita berbicara dengan diamnya.

11. الحب هو مفتاح يفتح أبواباً لم نكن نعلم أنها مغلقة (Al-hubb huwa miftah yufathih amwaban lam nakun na'lamu anha maghlugah) Cinta adalah kunci yang membuka pintu-pintu yang terkunci dan tidak kita sadari.

12. الحب هو العطاء الذي لا ينضب والمشاركة الذي يبقى (Al-hubb huwa al-ita' al-ladhi la yunzib wa al-musharakah alladhi yabqa) Cinta adalah pemberian yang tidak pernah habis dan bagian yang tetap ada.

13. الحب هو النور الذي ينير لنا الدروب الظلماء (Al-hubb huwa al-nur alladhi yunir lana al-durub al-thulma) Cinta adalah cahaya yang menerangi jalan-jalan gelap bagi kita.

14. الحب هو الهمس الذي يجعل الأذن تسمعه حتى وإن كان صامتًا (Al-hubb huwa al-hams alladhi yuj'al al-udhun tusmi'uhu hatan wa-in kana samitan) Cinta adalah bisikan yang membuat telinga mendengarnya meski bisu.

15. الحب هو الشمعة التي تضيء حياتنا حتى وإن كانت الظروف مظلمة (Al-hubb huwa al-sham'ah allati tudhia' hayatuna hatan wa-in kuntu al-tharuf madhlamah) Cinta adalah lilin yang menerangi hidup kita meski kondisinya gelap.

16. الحب هو العماد الذي يبني جسرًا بين قلوبنا (Al-hubb huwa al-'amad alladhi yabni jisran bayn qulubuna) Cinta adalah tiang yang membangun jembatan antara hati-hati kita.

17. الحب هو الإلهام الذي يجعل الأيام أكثر سحرًا (Al-hubb huwa al-ilham alladhi yuj'al al-ayam akthar sahrah) Cinta adalah inspirasi yang membuat hari-hari menjadi lebih magis.

18. الحب هو المغامرة التي تجرؤ على ركوب الأمواج العاتية (Al-hubb huwa al-mughamarah allati tajru 'ala rukub al-amawaj al-'atiyah) Cinta adalah petualangan yang berani mengarungi ombak-ombak yang ganas.

19. الحب هو المسافة الذي لا يمكن قياسها ولا حدها (Al-hubb huwa al-masafah alladhi la yamkin qiyasaha wa la hudaha) Cinta adalah jarak yang tak bisa diukur dan tak terbatas.

20. الحب هو النغمة التي تلحنها قلوبنا (Al-hubb huwa al-naghmah allati tahlanuhai qulubuna) Cinta adalah melodi yang dinyanyikan oleh hati-hati kita.

Dengan kata-kata bijak tentang cinta dalam bahasa Arab ini, semoga kita dapat menghargai dan merenungkan pentingnya cinta dalam kehidupan kita. Cinta adalah kekuatan yang memperkaya jiwa dan memberikan makna yang mendalam kepada hidup kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.