Sukses

Apa Arti Stupid? Ketahui Contoh Penggunaan dan Sinonimnya

Kata stupid adalah salah satu kata dalam kamus bahasa Inggris yang memiliki arti merujuk pada sesuatu yang kurang cerdas.

Liputan6.com, Jakarta Kata stupid adalah salah satu kata dalam kamus bahasa Inggris yang memiliki arti merujuk pada sesuatu yang kurang cerdas, tidak masuk akal, atau tidak bijaksana. Dalam percakapan sehari-hari, kata ini sering digunakan untuk mengekspresikan kekecewaan, kejengkelan, atau ketidaksetujuan terhadap tindakan atau keputusan seseorang.

Sejatinya dalam kamus Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia adalah bodoh. Kosa kata dalam bahasa Inggris ini termasuk kata sifat atau adjektiva dalam bahasa Inggris. Penggunaan kata "stupid" dapat bervariasi tergantung pada konteks yang sedang dibicarakan, kata ini digunakan untuk mengekspresikan ketidakpuasan atau frustrasi.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai apa arti stupid dalam bahasa Inggris dan contoh penggunaannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (29/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Kata Stupid

Apa arti kata stupid merupakan hal yang sering dipertanyakan. Dikutip dari laman dictionary, apa arti stupid adalahpada kurangnya kecerdasan, kebijaksanaan, atau pemikiran yang tidak masuk akal. Secara umum, kata ini digunakan untuk menggambarkan sesuatu atau seseorang yang dianggap bodoh, tidak cerdas, atau melakukan tindakan yang tidak bijaksana. Stupid artinya bodoh merupakan termasuk dalam kelas kata sifat atau adjektiva dalam bahasa Inggris. 

Penggunaan kata stupid dapat mencakup berbagai konteks, mulai dari deskripsi sederhana tentang keputusan yang tidak masuk akal hingga penilaian yang lebih serius tentang kecerdasan atau tingkat kesadaran seseorang. Dalam konteks sosial, penggunaan kata stupid seringkali menjadi subjektif dan tergantung pada penilaian individu atau kelompok.

Yang satu mungkin menganggap sesuatu atau seseorang sebagai stupid, sementara yang lain mungkin tidak setuju. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan konteks dalam penggunaan kata ini agar tidak menyinggung atau melukai perasaan orang lain.

3 dari 4 halaman

Contoh Penggunaan Kata Stupid

Stupid artinya bodoh merupakan termasuk dalam kelas kata sifat atau adjektiva dalam bahasa Inggris. Hal ini merajuk pada kurangnya pengetahuan atau pemahaman seseorang, atau bisa juga merujuk pada kesalahan yang dilakukan karena ketidaktahuan atau ketidaksadaran. Agar lebih paham, berikut ini terdapat contoh penggunaanya, yakni:

1. "That was a stupid mistake." (Itu adalah kesalahan yang bodoh.)

Maksudnya adalah ketika seseorang secara tidak sengaja menjatuhkan gelas air dan membasahi meja, orang lain mungkin berkomentar, "That was a stupid mistake," merujuk pada tindakan yang kurang hati-hati.

2. "Don't be stupid!" (Jangan bodoh!)

Maksudnya adalah ketika seseorang mencoba melakukan hal yang berisiko atau tidak masuk akal, temannya mungkin berkata, "Don't be stupid!" sebagai peringatan untuk berpikir lebih bijaksana.

3. "It's so stupid to wait until the last minute to start your homework." (Sangat bodoh untuk menunggu sampai menit terakhir untuk memulai pekerjaan rumahmu.)

Maksudnya adalah ketika seorang orang tua mungkin mengingatkan anaknya, "It's so stupid to wait until the last minute to start your homework," sebagai nasihat agar anaknya tidak menunda-nunda pekerjaan rumahnya.

4. "I can't believe I did something so stupid!" (Saya tidak percaya saya melakukan sesuatu yang begitu bodoh!)

Maksudnya adalah setelah seseorang menyadari bahwa dia telah kehilangan dompetnya di toko, dia mungkin berkata pada dirinya sendiri, "I can't believe I did something so stupid!" merujuk pada tindakan yang tidak hati-hati.

5. "That's the stupidest idea I've ever heard!" (Itu adalah ide paling bodoh yang pernah saya dengar!)

Maksudnya adalah ketika seseorang mengusulkan ide yang tidak masuk akal atau tidak realistis dalam rapat tim, rekan kerjanya mungkin merespons, "That's the stupidest idea I've ever heard!" sebagai penilaian atas ide tersebut.

4 dari 4 halaman

Sinonim dari Kata Stupid

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa apa arti kata dari stupid adalah bodoh. Namun dalam pengucapan sehari-hari dan Bahasa Indonesia, istilah tersebut terbilang kasar. Ada sinonim dari kata stupid yang bisa anda jadikan pilihan pengucapan yang lebih halus, yakni:

1. Foolish

Kata ini lebih mengarah pada tindakan atau keputusan yang kurang bijaksana, terutama ketika seseorang sadar bahwa tindakan tersebut memiliki risiko atau akibat yang buruk. Perilaku yang dianggap foolish sering kali terjadi meskipun orang tersebut memiliki pengetahuan atau kesadaran yang cukup. Contoh penggunaan: "Burhan were very foolish to go out in a boat on a cloudy day like this" menekankan kebodohan Burhan dalam mengambil keputusan, walaupun dia sadar bahwa itu adalah keputusan yang tidak bijaksana.

2. Senseless

Arti dari kata senseless adalah menggambarkan tindakan atau keputusan yang tidak memiliki logika atau alasan yang jelas. Contohnya dalam percakapan Bahasa Inggris:

“The argument they were having seemed senseless because neither of them was listening to the other.” (Argumen yang mereka lakukan terlihat tanpa logika karena keduanya tidak mendengarkan satu sama lain.)

3. Ignorant

Kata ini menunjukkan kurangnya pengetahuan atau pemahaman tentang suatu subjek. Berbeda dengan kata-kata sebelumnya yang lebih fokus pada tindakan atau kecerdasan, "ignorant" menggambarkan kurangnya informasi atau pengetahuan, tanpa menilai kesalahan atau tindakan yang diambil. Misalnya, "He’s ignorant about politics" menekankan bahwa seseorang kurang paham tentang politik, bukan bahwa dia bodoh secara umum.

4. Imprudent

Arti dari kata imprudent adalah tidak berpikir secara bijaksana atau tidak mempertimbangkan konsekuensi pada apa yang sedang dilakukannya sekarang. Berikut ini contoh penggunakan kata imprudent dalam percakapan sehari-hari, yakni:

It was imprudent of him to spend all his savings on a luxury vacation when he had bills to pay. (Tindakannya yang menghabiskan semua tabungannya untuk liburan mewah saat dia memiliki tagihan yang harus dibayar adalah tidak bijaksana.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.