Sukses

Bacaan Doa Sapu Jagat Beserta Artinya, Ketahui Keutamaan Mengamalkannya

Keistimewaan doa sapu jagat terletak pada kesederhanaan lafadznya.

Liputan6.com, Jakarta Doa sapu jagat adalah potongan surat Al Baqarah ayat 201, yang dipanjatkan untuk memohon kebaikan dunia dan akhirat. Doa ini merupakan doa multifungsi yang memiliki keistimewaan tersendiri dalam praktik ibadah umat Islam.

Keistimewaan doa sapu jagat  terletak pada kesederhanaan lafadznya, yang memudahkan umat Islam untuk menghafalkannya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Doa ini dapat dengan mudah diselipkan setelah salat fardhu, menjadi bagian dari amalan rutin yang dikerjakan oleh umat Islam.

Rasulullah SAW sendiri sering membaca doa ini saat melakukan itikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Dalam sebuah riwayat hadits dikisahkan,

عن أنس قال كان أكثر دعاء النبي صلى الله عليه وسلم اللهم ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

Artinya: Dari Anas, ia berkata, ‘Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah ‘Allāhumma, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār. (HR Bukhari dan Muslim).

Berikut bacaan doa sapu jagat beserta arti dan ulasan tentang keutamaannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (19/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Sapu Jagat dan Artinya

رَبَّنَاۤ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰ خِرَةِ حَسَنَةً وَّ قِنَا عَذَا بَ النَّا رِ

Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanataw wa fil aakhirati hasanataw waqinaa 'adzaaban naar

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.

Dilansir dari laman yatimmandiri.org, dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW juga menggunakan bentuk doa yang mirip, berikut becaannya,

Allahummaaatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qinaa 'adzaban naar,

Artinya: Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka. (HR Bukhari dan Muslim)

Doa Sapu Jagat menurut Para Ulama

Menurut M. Ghofur Khalil, dalam bukunya "Rahasia Dahsyat Energi Sapu Jagat", doa ini adalah salah satu doa yang sangat disukai oleh Rasulullah SAW, sehingga menjadi salah satu doa terbaik yang dibaca oleh umat Muslim. Imam Ibnu Katsir menjelaskan bahwa doa ini mengandung permohonan kebaikan dunia, yang bisa berupa kesehatan, amal saleh, dan pujian yang baik. Selain itu, doa sapu jagat juga mengandung permohonan kebaikan di akhirat, yang memiliki nilai yang lebih tinggi, seperti diselamatkan dari panas api neraka.

Menurut Tafsir Al Azhim, doa ini merupakan permohonan kepada Allah SWT untuk terbebas dari segala hal yang dapat menyebabkan terjerumus ke dalam api neraka, seperti menjauhi perbuatan dosa. Ustadz Ahmad Zacky El Syafa, dalam bukunya "Doa-doa Terbaik Sepanjang Masa", menjelaskan bahwa makna kebaikan dunia dalam doa ini mencakup keselamatan, ketentraman, dan kelimpahan harta. Sementara itu, Al Hasan mengartikan kebaikan dunia sebagai amal ibadah dan ilmu yang bermanfaat.

Dengan demikian, doa sapu jagat tidak hanya memohon kebaikan dalam kehidupan duniawi, tetapi juga mencakup keberkahan dan keselamatan dalam kehidupan akhirat, serta menyerukan untuk menjauhi perbuatan dosa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan amal ibadah dan ilmu yang bermanfaat.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Doa Sapu Jagat

sebagaimana dijelaskan oleh para ulama  doa sapu jagat memiliki beragam keutamaan, berikut diantaranya.

1. Mendapat Kebaikan di Dunia dan Akhirat

Doa ini dipergunakan untuk memohon kebaikan di dunia, seperti ketentraman, keselamatan, dan rezeki yang mencukupi. Selain itu, membaca doa ini secara rutin juga dianggap membawa kebaikan di akhirat, termasuk anugerah surga dari Allah SWT.

2. Mendapat Perlindungan Allah SWT

Doa sapu jagat diyakini memiliki kemampuan untuk mengabulkan berbagai hajat dan permohonan seseorang. Selain itu, digunakan untuk meminta perlindungan dalam menjalani kehidupan, memperoleh ilmu yang berguna, menghindari bahaya, dan mendapatkan rezeki halal serta melaksanakan amalan-amalan kebaikan.

3. Terhindar dari Celaka

Potongan surat Al-Baqarah ini juga berfungsi sebagai sarana untuk menjauhkan diri dari segala bentuk keburukan di dunia, seperti fitnah dan perilaku tercela. Doa ini juga bertujuan untuk melindungi diri dari siksaan neraka, memastikan keselamatan di padang mahsyar, serta memperoleh keringanan dalam perhitungan amal di akhirat.

4. Terlindungi Kesehatan Mental dan Fisik

Kesejahteraan rohani, jasmani, dan sosial termasuk dalam makna kebaikan di dunia yang dirujuk oleh doa ini. Ini mencakup kecerdasan intelektual, moral, kesejahteraan mental, kesehatan tubuh, kebebasan dari cacat atau luka, kekuatan fisik, keindahan, kemampuan finansial, dan pemeliharaan harga diri.

5. Menjauhkan Keburukan

Doa sapu jagat mencakup segala tindakan yang membawa kebaikan dan menjauhkan dari segala bentuk keburukan. Kebaikan di dunia mencakup hidup dalam keamanan, memiliki keturunan yang saleh, pasangan hidup yang berakhlak mulia, rezeki yang mencukupi, terhindar dari kekerasan, kesehatan tubuh, ketenangan, tempat tinggal yang luas, pengetahuan yang bermanfaat, amal baik, kenyamanan dalam perjalanan, dan pemeliharaan harga diri. Kebaikan di akhirat mencakup kebahagiaan dan surga.

4 dari 4 halaman

Waktu Mustajab untuk Mengamalkan Doa Sapu Jagat

Doa Sapu Jagat dapat diamalkan kapan saja dan di mana saja sesuai keinginan. Namun, untuk merasakan keutamaannya dengan lebih sempurna, ada beberapa waktu mustajab yang disarankan untuk mengamalkannya, berikut diantaranya.

1. Setelah Sholat Wajib

Waktu sholat merupakan saat yang sangat dianjurkan untuk berdoa. Setelah menunaikan sholat wajib lima waktu, membaca Doa Sapu Jagat dapat menjadi amalan yang baik untuk menutup ibadah tersebut dengan doa memohon kebaikan di dunia dan akhirat.

2. Sepertiga Malam Terakhir

Pada saat ini, Allah SWT memerintahkan para malaikat untuk turun ke bumi dan mengabulkan doa hamba-Nya. Oleh karena itu, memanjatkan Doa Sapu Jagat pada sepertiga malam terakhir menjadi kesempatan yang sangat istimewa untuk memohon kebaikan dan berdoa kepada Allah SWT.

3. Setelah Adzan

Doa dapat langsung dipanjatkan setelah mendengar ataupun membaca doa setelah adzan berkumandang. Moment ini juga dianggap sebagai waktu mustajab untuk berdoa.

4. Sebelum, Selama, atau Sesudah Shalat Jumat

Waktu-waktu ini juga termasuk dalam waktu yang mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW menyampaikan bahwa di antara dua kubah pada saat shalat Jumat merupakan waktu yang kemungkinan doa akan dikabulkan.

5. Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh keberkahan dan pahala yang berlipat ganda. Mengamalkan Doa Sapu Jagat pada malam ini dapat menjadi amalan yang sangat bernilai dan mendatangkan keberkahan yang besar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.