Sukses

Gen Z Kelahiran Tahun Berapa? Begini Stereotipe yang Melekat Pada Mereka

Gen Z kelahiran tahun berapa menjadi hal yang dicari belakangan ini.

Liputan6.com, Jakarta Gen Z kelahiran tahun berapa menjadi hal yang dicari belakangan ini. Pembagian generasi berdasarkan tahun kelahiran beserta stereotipenya menjadi salah satu topik yang banyak diperbincangkan. Mulai dari silent generation, baby boomers, generasi X, Y, Z, sampai alpha, mencerminkan pergeseran zaman dan perkembangan masyarakat. 

Setiap generasi memiliki identitas unik yang terbentuk oleh kondisi lingkungan dan perkembangan zaman. Hal ini kemudian memunculkan stereotipe yang serungkali tidak mewakili setiap individu. Seperti diketahui, stereotipe adalah konsepsi mengenai sifat suatu golongan berdasarkan prasangka yang subjektif. Sehingga, bisa jadi stereotipe yang melekat pada setiap generasi termasuk Gen Z hanyalah sebuah pandangan subjektif.

Dengan begitu penilaian karakter seseorang berdasarkan gen Z kelahiran tahun berapa menjadi tindakan yang kurang efisien. Meski terbilang impulsif, generasi ini juga dikenal karena kreativitas, adaptabilitas, dan inovasi yang tinggi. Berikut ulasan lebih lanjut tentang gen z kelahiran tahun berapa dan stereotipe yang melekat pada mereka yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (22/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengenal Gen Z

Generasi Z atau Gen Z adalah  individu yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Generasi ini merupakan kelompok yang secara unik tumbuh dalam era teknologi yang canggih dan dinamis. Dikenal juga sebagai Gen Z, iGen, atau Zoomers, mereka menampilkan sejumlah ciri khas yang mencerminkan perubahan signifikan dalam interaksi mereka dengan dunia.

Sebagai "digital natives," Generasi Z lahir dan tumbuh di tengah maraknya teknologi digital dan internet, menjadikan mereka sangat akrab dengan layar, smartphone, laptop, dan tablet sejak usia dini. Mereka mampu dengan mudah memanfaatkan teknologi, menciptakan pandangan dunia yang lebih terhubung dan terbuka terhadap ragam informasi.

Generasi Z juga mencirikan diri mereka dengan kesadaran sosial dan politik yang tinggi. Mereka sering diidentifikasi dengan kepedulian terhadap isu-isu sosial dan politik, serta aktif terlibat dalam upaya membawa perubahan positif. Progresif dan liberal, mereka memprioritaskan isu-isu global seperti perubahan iklim, kesetaraan ras dan gender, serta hak-hak LGBTQ. Keterlibatan mereka dalam aktivisme dan kampanye sosial mencerminkan tekad untuk membentuk dunia yang lebih adil dan inklusif.

Keberagaman menjadi fitur mencolok dari Generasi Z, yang diakui sebagai generasi paling beragam secara etnis dan ras dalam sejarah. Dengan hampir setengah dari mereka diidentifikasi sebagai non-kulit putih, mereka mencerminkan perubahan demografis dan peningkatan penerimaan terhadap beragam budaya dan latar belakang. Keberagaman ini menjadi pendorong kuat dalam membentuk pandangan dunia yang inklusif dan toleran bagi Generasi Z.

3 dari 3 halaman

Stereotipe yang Melekat pada Gen Z

Generasi Z sering kali dihadapkan pada beberapa stereotip umum yang dapat memengaruhi persepsi terhadap mereka. Meskipun ada beberapa karakteristik umum, seperti ketertarikan pada teknologi, ambisi, dan keterlibatan dalam isu-isu sosial, penting untuk tidak menilai mereka hanya berdasarkan stereotip. Berikut beberapa stereotipe yang melekat pada GenZ.

1. Tergantung pada Teknologi

Salah satu stereotip yang sering melekat pada Generasi Z adalah bahwa mereka selalu terpaku pada teknologi, terutama smartphone dan media sosial. Meskipun tumbuh dengan teknologi canggih, Generasi Z bukan hanya terbatas pada komunikasi melalui pesan teks. Mereka juga memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang kuat.

2. Tidak Serius dalam Karier

Stereotip selanjutnya berkaitan dengan pandangan bahwa Generasi Z tidak serius dalam hal karier. Sebenarnya banyak dari Gen Z yang sangat ambisius dan memiliki visi yang jelas tentang tujuan karier mereka. Mereka cenderung mencari pekerjaan yang memberikan makna dan dampak positif dalam masyarakat.

3. Kurang Berkomitmen pada Hubungan

Klaim mengenai kurangnya komitmen dalam hubungan di kalangan Generasi Z juga perlu diperiksa kembali. Rendahnya tingkat pernikahan dini di kalangan mereka sebagian besar disebabkan oleh keinginan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi dan mencapai stabilitas keuangan sebelum menikah.

4. Kecanduan Media Sosial

American Psychological Association yang menunjukkan bahwa sebagian besar Generasi Z menggunakan media sosial secara bijak dan menyadari dampak negatif dari penggunaan berlebihan. Mereka juga aktif dalam mempromosikan kesadaran tentang isu-isu sosial melalui platform ini.

5. Abai Pada Isu di Dunia Nyata

Stereotip bahwa Generasi Z tidak peduli dengan isu-isu dunia nyata karena terlalu fokus pada dunia maya juga ditinjau ulang. Mereka sebenarnya sangat peduli dengan isu-isu sosial dan lingkungan, dan banyak yang terlibat dalam aktivisme serta kampanye untuk perubahan positif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.