Sukses

Taman Hiburan Ini Berada di Kedalaman 120 Meter Perut Bumi, Bikin Takjub

Salina Turda, taman hiburan di kedalaman 120 perut bumi.

Liputan6.com, Jakarta Bekas tambang identik dengan tempat terbengkalai dan pemandangan yang rusak. Namun siapa sangka, ada bekas tambang di Rumania yang disulap menjadi taman hiburan dan rekreasi. Sebuah bekas tambang garam di Rumania  telah diubah menjadi taman hiburan bawah tanah yang luar biasa.

Dikutip dari Lad Bible, taman hiburan di dalam perut bumi Rumania ini bernama Salina Turda. Sejak ditinggalkan pada tahun 2010, tempat ini telah berubah menjadi sebuah taman hiburan yang menarik perhatian ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya, tidak hanya dari kalangan penduduk lokal, tetapi juga wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Saat Anda memasuki Salina Turda, perjalanan menuju ke dalam akan membuat Anda takjub. Setelah melalui serangkaian terowongan sempit, Anda akan tiba di sebuah bangunan tinggi yang menghadap ke gua utama. Ukuran ruangan ini sungguh luar biasa. Saat melihat langit-langit, Anda akan melihat lampu bergelantungan yang menerangi taman hiburan ini.

Yang paling mengejutkan, taman ini memiliki sebuah bianglala yang disebut sebagai 'satu-satunya di dunia yang beroperasi di bawah tanah. Berikut Liputan6.com merangkum keunikan taman hiburan bawah tanah ini melansir dari berbagai sumber, Sabtu (14/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akses Salina Turda ke Perut Bumi

Mengutip dari Insider, tambang garam, yang sudah ada sejak abad ke-17, digunakan untuk segala hal mulai dari pusat penyimpanan keju hingga tempat perlindungan bom pada Perang Dunia II setelah penggalian dihentikan pada tahun 1932.

Kini tambang garam Salina Turda kini berubah menjadi taman hiburan dengan konsep futuristik yang berada di kedalaman 120 meter di bawah tanah. Untuk masuk, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar membayar tiket masuk sebesar 20 Lei Rumania atau setara dengan Rp67 ribu.

Jika Anda cukup berani, Anda dapat menjelajahi tambang dengan berjalan kaki melalui jalur kayu yang mengerikan. Namun, jika ketakutan melanda, lift kaca akan membawa Anda ke lantai utama dengan nyaman. Bahkan, hanya ada satu lift yang mampu mengangkut pengunjung ke atas dan ke bawah. Tapi jika Anda lebih suka tangga, bersiaplah untuk antrean yang mungkin panjang.

3 dari 4 halaman

Fasilitas Taman Hiburan Bawah Tanah Lengkap

Taman ini tak hanya menawarkan bianglala, namun juga fasilitas seperti bowling, golf mini, tenis meja, biliar, dan berbagai hiburan lainnya yang cocok untuk semua usia.

Area bermain untuk anak-anak dilengkapi dengan perosotan dan bahkan beberapa lapangan basket. Selain itu, ada danau bawah tanah besar yang disebut Danau Tambang Theresa, yang memungkinkan pengunjung naik perahu di atasnya.

 

Di dalam tambang, Anda juga bisa menemukan pertunjukan langsung dan pemutaran film, dengan amfiteater yang memiliki 180 kursi. Semua kursi dilengkapi pemanas, memastikan kenyamanan pengunjung di dalam perut bumi.

Banyak orang yang telah menghabiskan waktu di tempat ini tak henti-hentinya memuji 'permata tersembunyi' ini. 

Seorang pengunjung mengungkapkan, "Pengalaman di dalam tambang ini adalah sesuatu yang tak terduga setelah beberapa hari menjelajahi Rumania, dan mungkin inilah tempat paling fantastis yang pernah saya kunjungi."

4 dari 4 halaman

Ada Manfaat Kesehatan Kunjungi Bekas Tambang Garam

Tidak hanya sebagai tempat hiburan, dilaporkan bahwa berada di dalam tambang garam besar-besaran ini memiliki manfaat kesehatan. Para ahli merekomendasikan terapi garam sebagai solusi efektif dalam pengobatan penyakit pernapasan.

Mengunjungi Salina Turda juga disebut bisa merangsang sistem kekebalan tubuh, mendukung detoksifikasi tubuh, meningkatkan fungsi saluran pencernaan, serta membantu mengurangi efek kelelahan dan stres, sebagaimana dijelaskan oleh situs web taman ini.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun terapi garam telah diakui memiliki manfaat, penelitian tentang efektivitasnya masih terbatas. Sebuah penelitian pada tahun 2007 menunjukkan bahwa inhalasi garam kering, digunakan selama lima hari seminggu selama 30 menit, secara signifikan meningkatkan kondisi pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Salina Turda adalah sebuah perpaduan yang luar biasa antara keindahan alam bawah tanah dan hiburan yang tak terlupakan. Bagi siapa pun yang berkunjung, pengalaman di dalam tambang garam ini akan tetap menggetarkan dan memberikan kenangan tak terlupakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.