Sukses

Mengenal Yaumul Akhir, Dalil, dan 6 Tahapannya dalam Islam

Yaumul akhir adalah hari akhirat, yang dalam Islam terbagi menjadi enam.

Liputan6.com, Jakarta Yaumul akhir disebut juga sebagai hari kiamat. Hari kiamat sendiri merupakan peristiwa yang harus diimani oleh setiap muslim. Pada Hari Akhir ini, semua manusia akan dibangkitkan dari kematian dan penghakiman akan dijatuhkan pada setiap orang sesuai dengan perbuatannya.

Setelah penghakiman, barulah manusia ditempatkan di tempat yang kekal, sesuai dengan amal perbuatannya. Kehidupan setelah kiamat dalam Islam bermula setelah peristiwa kiamat yang maha dahsyat. Semua manusia akan mati dan mengalami proses kehidupan di alam akhirat.

Yaumul akhir adalah hari akhirat, yang dalam Islam terbagi menjadi enam. Di antara enam tahapan Yaumul Akhir yaitu Alam Barzakh, Yaumul Ba’ats, Yaumul Mahsyar, Yaumul Hisab, Yaumul Mizan, dan Yaumul Jaza.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/9/2023) tentang yaumul akhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Yaumul Akhir dan Dalilnya

Yaumul Akhir adalah hari akhirat atau hari kiamat. Peristiwa Yaumul Akhir dijelaskan dalam Al-Qur’an dalam beberapa surat. Melansir laman Sumber Belajar Kemdikbud, peristiwa hari kiamat atau Yaumul Akhir digambarkan oleh Allah SWT sebagai berikut:

  1. Malaikat Israfil meniup sangkakala yang pertama. Peristiwa hari kiamat atau Yaumul Akhir yang dijelaskan di dalam Al-Quran yaitu malaikat israfil meniup sangkakala yang pertama. Hal ini tercantum pada Surat Az-Zumar, yang artinya: "Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah." (QS. Al-Zumar/39: 68)
  2. Bumi bergoncang dan isi perut bumi berhamburan keluar. Digambarkan juga pada peristiwa hari kiamat atau Yaumul Akhir, bumi bergoncang dan isi perut bumi berhamburan keluar. Hal ini tercantum pada Surat Al-Zalzalah, yang artinya: "Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat). Dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya." (QS. Al-Zalzalah/99: 1-2).
  3. Manusia berterbangan dan gunung-gunung seperti bulu dihambur-hamburkan. Manusia beterbangan dan gunung-gunung seperti bulu dihambur-hamburkan pada peristiwa Yaumul Akhir ini. Hal ini seperti dijelaskan pada surat Al-Qariah, yang artinya: "Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran. Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan." (QS. Al-Qariah: 4-5).
  4. Langit menjadi terbelah. Peristiwa hari kiamat berikutnya yaitu langit menjadi terbelah, seperti dijelaskan dalam Surat Al-Muzzammil, yang artinya: "Langit(pun) menjadi pecah belah pada hari itu. Adalah janji-Nya itu pasti terlaksana." (QS. Al-Muzzammil: 18).

Tidak ada yang tahu kapan datangnya hari kiamat atau Yaumul Akhir ini selain Allah SWT. Ini sesuai dengan surah Al-Ahzaab ayat 63 yang berbunyi:

"Manusia bertanya kepadamu tentang hari Berbangkit. Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Berbangkit itu hanya di sisi Allah,’ dan tahukah kamu wahai (Muhammad), boleh jadi hari Berbangkit itu sudah dekat waktunya.”

3 dari 4 halaman

6 Tahapan Yaumul Akhir

Yaumul Akhir memiliki 6 tahapan yang perlu dipahami oleh umat Islam. Semua manusia akan mati dan mengalami proses kehidupan di alam akhirat. Berikut tahapan-tahapan Yaumul Akhir:

1. Alam Barzakh

Alam Barzakh atau alam kubur merupakan pintu gerbang menuju akhirat atau batas antara alam dunia dan alam akhirat. Di alam kubur manusia akan bertemu, ditanyai, dan diperiksa oleh malaikat Munkar dan Nakir tentang segala amal perbuatannya ketika menjalani kehidupan di dunia.

2. Yaumul Ba'ats

Tahapan Yaumul Akhir berikutnya yaitu Yaumul Ba'ats, hari dibangkitkannya manusia dari kubur. Kebangkitan manusia ini akan terjadi setelah ditiupkan sangkakala yang kedua oleh Malaikat Israfil. Seluruh manusia mulai zaman Nabi Adam sampai manusia terakhir bangkit dari kubur. Ini merupakan hari di mana kehidupan sudah berakhir dan waktunya manusia dimintai pertanggungjawaban atas segala perbuatannya.

4 dari 4 halaman

3. Yaumul Mahsyar

Setelah dibangkitkan, manusia akan diarahkan ke padang mahsyar. Salah satu tahapan kehidupan setelah kiamat ini disebut dengan Yaumul Mahsyar. Di yaumul mahsyar manusia menerima catatan amalnya selama hidup di dunia, baik amal yang buruk maupun amal yang baik. Seluruhnya tercatat secara rinci. Orang yang beriman dan beramal saleh akan merasa gembira melihat catatan amalnya.

Sebaliknya, orang yang berbuat jahat dan kerusakan ketika hidup di dunia akan menerima catatan amalnya dengan perasaan sedih serta penuh dengan penyesalan. Pada hari itu orang yang tidak beriman sungguh telah putus harapannya dari perlindungan Allah SWT. Di hari tersebut, sudah tidak mungkin lagi Allah SWT memberi pengampunan. Sebaliknya bagi orang-orang yang beriman penantiannya di Padang Mahsyar adalah penantian yang penuh harapan akan pertolongan Allah SWT.

4. Yaumul Hisab

Tahapan Yaumul Akhir selanjutnya yaitu Yaumul Hisab. Yaumul Hisab adalah proses di mana manusia dihitung amal perbuatannya, baik atau buruk. Setelah seluruh manusia sampai di Padang Mahsyar, seluruh amal perbuatannya selama hidup di dunia akan dihitung. Pada hari itu manusia akan menerima balasannya masing-masing berdasarkan keadilan dari Allah Swt.

5. Yaumul Mizan

Setelah amalannya dihitung, saatnya amalan tersebut ditimbang. Kehidupan setelah kiamat dalam Islam ini sangat menentukan seorang manusia akan masuk surga atau neraka. Apakah lebih berat amal baik, atau amal buruknya. Jika amal baiknya lebih berat, maka surga akan menunggu. Sebaliknya, jika amal buruknya yang lebih berat, maka neraka ganjarannya.

6. Yaumul Jaza

Yaumul Jaza adalah hari pembalasan. Setelah amal manusia ditimbang, maka ia akan diberi balasan yang setimpal dengan perbuatannya. Balasan dari Allah SWT sangat tergantung pada apa yang telah dikerjakan oleh manusia selama di dunia. Sekecil apapun amal yang telah diperbuat di dunia, baik ataupun buruk, Allah Maha Mengetahui dan akan memberikan balasannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.