Sukses

Aksi Guru Dampingi Murid Penyandang Disabilitas saat Lomba Lari Ini Bikin Haru

Aksi guru yang ikut berlari bersama sang murid ini curi perhatian.

Liputan6.com, Jakarta Menggelar perlombaan olahraga di sekolah tentu menjadi hal yang wajar. Bahkan, biasanya terdapat pula agenda tahunan mengenai perlombaan di sekolah.

Dengan memanfaatkan media sosial pula, perlombaan yang digelar pun sering menjadi viral. Terlebih, jika terdapat berbagai momen seru, unik hingga mengharukan. Seperti yang diunggah oleh akun TikTok @faridkamaruddin18 bari-baru ini.

Pasalnya, akun TikTok @faridkamaruddin18, baru-baru ini mencuri perhatian netizen di media sosial Akun tersebut tampak mengunggah sebuah video yang memperlihatkan adanya lomba lari yang digelar untuk para siswa. Acara yang terlihat digelar di sebuah stadion ini memang terlihat bak lomba lari pada umumnya.

Dilansir Liputan6.com dari World of Buzz, Senin (28/8/2023), acara lari tersebut merupakan peringatan hari olahraga pendidikan khusus MSSD Jerantut, Malaysia. Namun, yang menjadi sorotan ialah saat adanya salah satu peserta lari yang memakai alat bantu berupa kruk.

Melihat adanya salah satu peserta yang menyadang disabilitas, aksi seorang guru berbaju biru pun menarik perhatian publik. Pasalnya, guru tersebut tampak ikut mendampingi sang siswa untuk berlari bersama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ikut berlari bersama

Dalam video yang direkam dari bangku tribun stadion memperlihatkan adanya sebuah perlombaan lari. Sekelompok siswa yang terdiri dair lima anak terlihat bersiap berlari dari garis start.

Keempat siswa lainnya tampak berada dalam posisi siap lari, namun salah satu siswa yang menggunakan kruk bersiap lari dengan posisi berdiri. Karena keterbatasannya, siswa yang berlari dengan alat bantu kruk ini pun tertinggal dari peserta lainnya.

Namun, dirinya juga mendapatkan semangat dari seorang guru. Bahkan, guru dengan busana biru serta memakai tas ransel hitam tampak ikut berlari bersama untuk mendampingi hingga garis akhir.

Aksi yang dilakukan oleh guru tersebut pun langsung menjadi perhatian banyak penonton. Pasalnya, guru tersebut tampak memberikan semangat kepada sang murid untuk berlari hingga selesai. Bahkan, usai melewati garis akhir, guru tersebut memberikan sebuah pelukan hangat.

"Aku tahu kau orang paling kuat dik. Terima kasih guru sudah beri dukungan hingga akhir," tulis keterangan dalam akun @faridkamaruddin18.

 

3 dari 3 halaman

Respons netizen

Tentu saja video yang memperlihatkan adanya seorang siswa penyandang disabilitas ikut lomba lari dan diberikan semangat oleh sang guru ini mengundang perhatian netizen. Bahkan, tak sedikit pula netizen yang turut memberikan semangat dan dukungan. Beberapa netizen juga turut mengungkapkan untuk tak berhenti bersyukur dan mengingatkan kepada netizen lainnya.

"MasyaAllah...Kuat semangat mu anakku," tulis akun @gomarraacademy.

"Semoga semangat anak ni terus kuat untuk hari2 yang baka ditempuh kelak," ujar akun @aafarmkajang.

"Sdihlahh, semoga adik jadi manusia hebat suatu hari nanti. Kekurangan hanya ada di mata manusia," ujar akun @ikin.

"Siapa yang naruh bawang disini?? selamat dan semangat terus ya dek," ujar @updown

@faridkamaruddin18

Aku tahu kau orang paling kuat dik. Terima kaseh cikgu bagi sokongan sehingga ke penamat. #luarbiasa #ppki #fyp

♬ Jangan Pernah Menyerah - Arnas19🐱

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.