Sukses

Salah Satu Cara Menyimpan Workbook pada Excel adalah dengan Menggunakan Ctrl + S

Salah satu cara menyimpan workbook pada Excel adalah dengan menggunakan Ctrl + S.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara menyimpan workbook pada Excel adalah dengan menggunakan Ctrl + S. Cara ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang dalam menyimpan pekerjaannya. Pengguna Microsoft Office tentunya sudah terbiasa menggunakannya.

Microsoft Excel adalah aplikasi atau perangkat lunak berjenis spreadsheet yang menjadi bagian dari Microsoft Office, bersama dengan Microsoft Word hingga PowerPoint. Microsoft Excel  merupakan salah satu produk Microsoft Office yang membantu penggunanya dalam berbagai kegiatan pengolahan angka. Dengan Excel kamu dapat mengolah data berupa angka lebih cepat dan tepat.

Salah satu cara menyimpan workbook pada Excel adalah dengan menggunakan Ctrl + S. Workbook atau buku kerja adalah file yang berisi satu atau beberapa lembar kerja yang dapat membantu mengelola data.

Berikut Liputan6.com rangkum dari support.microsoft.com, Minggu (13/8/2023) tentang salah satu cara menyimpan workbook pada excel adalah dengan menggunakan Ctrl + S.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Salah Satu Cara Menyimpan Workbook pada Excel adalah dengan Menggunakan Ctrl + S

Salah satu cara menyimpan workbook pada Excel adalah dengan menggunakan Ctrl+S. Selain itu, cara utama yang juga bisa kamu lakukan di mana pun ingin menyimpan workbook atau buku kerja (di komputer atau di web, misalnya), kamu bisa melakukan semua penyimpanan pada tab File. Jadi, salah satu cara menyimpan workbook pada Excel adalah dengan menggunakan tab file, kemudian nanti tinggal pilih Simpan atau Save.  

Menggunakan Ctrl + S atau Simpan ini tentunya adalah langkah termudah, karena sudah bsia tersimpan langsung pada tempat yang semula. Namun, salah satu cara menyimpan workbook pada Excel adalah dengan menggunakan Ctrl+S hanya bisa menyimpan di tempat yang semula di mana kamu membuat file tersebut. Oleh karena itu, bila kamu ingin menyimpan di tempat lain atau baru membuat workbook, maka salah satu cara menyimpan workbook pada Excel adalah dengan menggunakan Save As atau Simpan Sebagai.

3 dari 5 halaman

Menggunakan Save As atau Simpan Sebagai

Selain itu, saat akan menggunakan Simpan atau menekan Ctrl+S untuk menyimpan buku kerja yang sudah ada di lokasinya saat ini, kamu perlu menggunakan Save As atau Simpan Sebagai untuk menyimpan buku kerja untuk pertama kalinya, di lokasi berbeda, atau untuk membuat salinan buku kerja di lokasi yang sama atau lokasi lainnya. Jadi, salah satu cara menyimpan workbook pada Excel adalah dengan menggunakan Save As atau Simpan Sebagai.

Salah satu cara menyimpan workbook pada Excel adalah dengan menggunakan tab file. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama-tama klik File > Save As atau Simpan Sebagai
  2. Di bawah Save As atau Simpan Sebagai, pilih tempat di mana kamu ingin menyimpan buku kerja. Misalnya, untuk menyimpan ke desktop atau dalam folder di komputer, klik Komputer.
  3. Klik Telusuri untuk mencari lokasi yang kamu inginkan dalam folder Dokumen . Untuk memilih lokasi lain di komputer, klik Desktop, lalu pilih tempat sesuai dengan yang kamu inginkan untuk menyimpan workbook atau buku kerja.
  4. Dalam kotak Nama file, masukkan nama untuk workbook atau buku kerja baru. Masukkan nama yang berbeda jika kamu sedang membuat salinan dari buku kerja yang sudah ada.
  5. Untuk menyimpan buku kerja dalam format file lain (seperti .xls atau .txt), dalam daftar Simpan sebagai tipe (di bawah kotak Nama file), pilih format yang kamu inginkan.
  6. Klik Simpan.
4 dari 5 halaman

Mengenal Workbook pada Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows maupun Mac OS. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office. Microsoft Excel adalah bagian dari paket Microsoft Office yang terdiri dari berbagai perangkat lunak, yang juga menjadi kebutuhan kantor sekarang ini. Software Excel digunakan oleh hampir semua bidang pekerjaan dari akuntansi dan keuangan, industri, statistik dan penelitian, dan banyak bidang yang lain.

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik paling populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, Microsoft Excel adalah sebuah software spreadsheet yang paling sering dipakai di seluruh dunia.

Sebagai sebuah software spreadsheet, Microsoft Excel memiliki fungsi untuk untuk mengelola data. Namun sekarang di dalam Microsoft Excel sudah terdapat berbagai macam fitur yang bisa digunakan seperti diagram, grafik, kalkulasi, tabel dan lainnya. Meskipun banyak bermunculan software spreadsheet yang lain, Microsoft Excel tetap tak tergoyahkan dan telah menjadi standar software spreadsheet sampai sekarang.

Pada Microsoft Excel, kamu bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja. Pada worksheet ini kamu akan bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel tempat memasukkan data. Pada Microsoft Excel, kamu juga dapat menggunakan berbagai rumus atau fungsi untuk diterapkan. Setiap rumusnya memiliki fungsi masing-masing mulai dari penjumlahan dan pengurangan sederhana, hingga perhitungan rumit yang bahkan sulit untuk dihitung secara manual. Mungkin sekilas penggunaan Microsoft Excel cukup rumit dilihat dari penerapan rumus-rumusnya. Namun, jika dipahami benar, Microsoft Excel adalah pilihan sekaligus penolong dalam mengolah angka-angka yang rumit.

Setelah mengenali salah satu cara menyimpan workbook pada Excel adalah dengan menggunakan Ctrl + S dan Save As, kamu tentu perlu memahami Microsoft Excel dan istilah workbook. Workbook atau buku kerja adalah file yang berisi satu atau beberapa lembar kerja yang dapat membantu mengelola data. Kamu dapat membuat workbook atau buku kerja baru dari buku kerja kosong atau templat.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Workbook atau Buku Kerja

Cara membuat workbook atau buku kerja

  1. Buka Excel.
  2. Pilih Buku kerja kosong atau tekan Ctrl+N.  
  3. Mulailah mengetik.

 

Cara membuat workbook atau buku kerja baru dari templat

  1. Pilih File > Baru.
  2. Klik dua kali salah satu templat.
  3. Klik, lalu mulailah mengetik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.