Sukses

Momen Sekelompok Remaja Bule Belajar Memainkan Alat Musik Rebana, Antusias

Tampak sekelompok remaja bule yang begitu antusias saat belajar memainkan alat musik rebana.

Liputan6.com, Jakarta Beredar sebuah video memperlihatkan sekelompok remaja Warga Negara Asing (WNA) sedang berlatih memainkan alat musik rebana. Tampak ada empat orang remaja bule yang sedang berada di Indonesia. Jika dilihat dari karpet hijau tempat mereka duduk, diduga bule tersebut ada di sebuah musala atau masjid.

Masing-masing dari mereka tampak duduk santai sambil memegang rebana. Rupanya, keempat remaja bule yang datang mengenakan kaus hijau tua dengan logo bertuliskan 'Global Exploration' itu sedang belajar memainkan rebana. Mereka tampak diajari oleh beberapa orang asli Indonesia.

"Otww majelis," tulis pemilik akun dalam keterangan unggahan video, dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @gianseptikurniawan, Sabtu (29/7/2023).

Dalam video yang berdurasi singkat itu, tampak ada seseorang yang tengah mengajari para pemuda bule. Seseorang itu tampak memperagakan bagaimana cara menabuh rebana karena terdengar suara khas rebana ketika ditabuh. Sementara empat remaja itu tampak memperhatikan pelatih yang tak tersorot kamera tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memperhatikan dengan saksama cara memainkan rebana

Video yang dibagikan oleh laman TikTok @gianseptikurniawan itu pun langsung menjadi perhatian warganet. Tampak empat remaja bule yang begitu antusias saat belajar rebana. Mereka begitu memperhatikan ke satu titik dengan saksama, di mana sang pelatih duduk sambil memperagakan cara menabuh alat musik tersebut.

Terdengar suara 'dung tek' dari suara rebana yang ditabuh. Melihat remaja bule tersebut diam saja saat sambil tetap memperhatikan, terdengar suara tawa dari orang-orang di ruangan. Mereka gemas dengan ekspresi wajah para bule yang tampak seperti kebingungan.

Dalam kolom komentar, salah seorang warganet menyebut bahwa mereka merupakan rombongan dari Belanda yang sedang berkunjung ke SMA Yapera. Banyak warganet menduga, para bule belajar memainkan rebana karena hendak mempelajari musik hadroh.

Hadrah sendiri merupakan musik tradisional yang lekat dengan budaya Indonesia. Rebana menjadi alat musik utama dalam memainkan musik hadrah secara berkelompok.

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video para remaja bule yang belajar memainkan rebana itu pun telah ditonton hingga 2,8 juta kali. Warganet yang memperhatikan juga memberikan beragam komentar. Salah satu warganet menyebut kalau remaja bule itu juga berkunjung ke beberapa sekolah lain selain SMA Yapera.

"Jadi idaman para ibu-ibu nih nanti," tulis akun @sabrina.sm26.19.

"Dia (para bule) kek keliling indonesia gitu, ngunjungin sekolah-sekolah ,dan ini lagi di sma yapera," tulis akun @udinropeah21.

"Mukanya kebingungan lucu," tulis akun @cheesekimbap.sha.

"Bule dari mana itu?" tulis akun @meisyaangelll, yang dijawab oleh pemilik akun: Belanda.

4 dari 4 halaman

Tonton video viralnya berikut ini:

@gianseptikurniawan

otww majelis#bule#fypdunia

♬ suara asli - em.giann - noname

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.