Sukses

Wanita Ini Tunjukkan Cara Membuat Agar-Agar Ikan Lele, Bikin Geleng Kepala

Unik sekaligus nyeleneh, wanita ini membuat olahan agar-agar ikan lele dan langsung dicicipi sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Ikan lele biasanya diolah untuk menjadi lauk pauk pendamping nasi. Umumnya, pengolahan ikan air tawar ini dilakukan dengan cara digoreng, dibakar, atau dimasak dengan kuah santan. Namun, cara lain yang unik ditunjukkan oleh seorang wanita dalam video viral.

Wanita dengan laman TikTok @tersakitiiii10 membagikan sebuah video mengolah ikan lele dengan cara anti mainstream. Ikan yang dikenal dengan dagingnya yang gurih saat digoreng kering itu justru dijadikan agar-agar ikan lele. Cara mengolahnya pun sangat mudah dan sederhana.

Cara membuat agar-agar ikan lele hanya memerlukan dua bahan, yaitu ikan lele dan agar-agar sachet. Hal pertama yang dilakukan oleh wanita tersebut adalah merebus ikan lele. Terlihat ia merebus dua ikan lele sampai setengah matang. Lalu ia angkat dan dimasukkan ke dalam loyang bening.

"Resep rahasia," tulis pemilik akun pada keterangan video, dikutip Liputan6.com dari TikTok @tersakitiiii10 pada Jumat (23/6/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membuat agar-agar ikan lele

Video yang berdurasi 2 menit lebih itu pun berhasil menarik atensi warganet. Mereka terheran-heran melihat ide pengolahan ikan lele dengan agar-agar. Dalam video, setelah wanita itu selesai merebus ikan lele, kemudian giliran dia membuat agar-agar.

Agar-agar yang dipakai adalah yang berwarna putih bening tanpa rasa. Wanita tersebut memasak dua agar-agar sekaligus untuk hasil yang maksimal. Setelah mendidih dan ditirikan sebentar, agar-agar itu kemudian dimasukkan ke dalam loyang yang tadi sudah diisi dengan ikan lele.

Setelah dingin dan mengeras, wanita itu lalu mengeluarkan agar-agar yang sudah tercetak sesuai bentuk loyang. Penampakannya pun disebut cantik. Di mana dua ikan lele tadi sudah memadat di dalam agar-agar. Setelah itu, pemilik akun langsung memotong agar-agar tersebut untuk dicoba.

"Ini teksturnya cakep ya, maksudnya bagus gitu," ucapnya sembari memotong agar-agar.

Saat mencoba agar-agar ikan lele buatannya, wanita itu tidak banyak bicara. Ia hanya berusaha menikmati beberapa gigitan. Namun, disebut enak dan diberi rating 7 dari 10.

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video yang telah ditonton hingga 5,3 juta kali oleh pengguna TikTok itu pun banyak dibanjiri berbagai komentar. Tidak sedikit yang merasa terheran-heran dengan menu tersebut. Namun, ada pula yang memberi ide kreatif lain yang lebih nyelenah.

"Wahh keren sekaliii pengen buat nih," tulis akun @kania_angelo.

"Ni oranggg ada-ada ajaaa," tulis akun @iam.starr687.

"Bikin ager ager cicak ka," canda akun @imugew.

"Kirain buat kucing," tulis akun @mlprmst_.

4 dari 4 halaman

Tonton video viralnya berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.