Sukses

4 Cara Reset HP Xiaomi, Jangan Lupa Backup Data Terlebih Dahulu

Cara reset HP Xiaomi biasanua dilakukan ketika mengalami masalah serius atau ingin menjualnya.

Liputan6.com, Jakarta Permasalahan seperti HP tiba-tiba error, freezing, atau masalah lainnya sering menjadi kendala para penggunanya. Hal tersebut biasa terjadi pada HP sudah lama digunakan atau penggunaannya sudah melewati kapasitas.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah melakukan reset. Reset HP adalah tindakan menghapus serta mengembalikan settingan awal sebuah HP. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna melakukan backup data-data penting sebelum melakukan reset.

Xiaomi menjadi salah satu brand telepon genggam yang banyak dipakai. Fitur yang bersaing dengan harga yang terjangkau menjadi daya tarik tersendiri bagi perangkat seluler keliatan Xiaomi. Banyaknya pengguna HP Xiaomi juga membuat banyak orang yang mencari informasi tentang perangkat ini, termasuk cara reset HP Xiaomi.

Berikut cara reset HP Xiaomi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Menu Settings

Cara reset HP Xiaomi yang paling umum dilakukan adalah melalui menu setting. Pengguna hanya perlu mengakses pengaturan dan memastikan baterai HP dalam kondisi full. Proses reset akan memerlukan waktu yang cukup lama dan memakan daya baterai. Apabila daya baterai tidak mencukupi proses reset tidak akan selesai dan berpotensi menyebabkan error. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka menu Settings
  2. Klik pada opsi menu Additional Settings
  3. Pilih menu Backup and Reset
  4. Klik pada Factory Reset
  5. Klik Reset Phone dan konfirmasi dengan mengklik Delete
  6. Tunggu hingga proses reset pabrik berhasil
  7. Jika proses reset telah berhasil, secara otomatis HP Xiaomi akan melakukan proses Reboot
  8. Factory reset pun telah berhasil dilakukan
  9. Setelah perangkat Xiaomi restart secara otomatis, akan dibawa ke menu Home Screen
  10. Selanjutnya hanya perlu mensetting kembali smartphone seperti sedia kala

2. Recovery Mode

Cara reset HP Xiaomi selanjutnya adalah hard reset melalui recovery mode. Sama seperti cara reset sebelumnya, pastikan baterai HP dalam kondisi full atau setidaknya 50% agar proses hard reset dapat berjalan dengan baik.

  1. Sebelum memulai proses hard reset, terlebih dahulu matikan HP Xiaomi
  2. Akses recovery mode dengan cara menekan tombol Volume Up dan tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul logo Xiaomi
  3. Masuk ke menu Mi Recovery dan pilih Bahasa Inggris pada pilihan bahasa yang tersedia
  4. Klik Wipe Data atau Factory Reset untuk memulai proses hard reset
  5. Klik All Wipe Data dan konfirmasi dengan memilih Yes
  6. Tunggu hingga proses reset berhasil
  7. Apabila proses tersebut berhasil, maka perangkat Xiaomi akan melakukan proses reboot secara otomatis
3 dari 4 halaman

3. Mi Cloud

Cara reset HP Xiaomi berikutnya dapat menjadi alternatif apabila 2 cara diatas tidak berhasil dilakukan. Cara reset HP Xiaomi juga dapat dilakukan melalui Mi Cloud yang diakses lewat komputer atau laptop. Pengguna perlu melakukan Sign In menggunakan akun Mi di perangkat Xiaomi yang akan di-reset.

  1. Kunjungi laman us.i.mi.com
  2. Klik pada opsi Sign in with Mi Account
  3. Masukan email serta nomor HP digunakan pada akun Mi
  4. Ketikkan password lalu pilih Sign in
  5. Klik Find Device pada pilihan menu yang tersedia
  6. Akan tertera tipe Xiaomi apa saja yang terdeteksi oleh Mi Cloud
  7. Klik Wipe Device untuk memulai proses hard reset
  8. Akan muncul halaman menampilkan data apa saja yang akan terhapus
  9. Klik Wipe untuk mengkonfirmasi penghapusan
  10. Tunggu proses reset selesai dilakukan
  11. Perangkat Xiaomi akan melakukan reboot dengan sendirinya

4. MIUI 12

Bagaimana cara reset HP Xiaomi di MIUI 12 terbaru ? Cara Factory Reset atau reset HP di MIUI 12 agak berbeda dari versi MIUI sebelumnya. Menu Factory Reset di MIUI 12 memungkinkan pengguna mereset data berupa akun, kontak, foto dan video, aplikasi, data backup, data di MicroSD, atau data di tempat lainnya secara terpisah

Misalnya jika ingin reset data foto dan video saja, pengguna dapay memilih opsi Photos and Videos saja. Namun jika ingin menghapus semua data, bisa pilih tombol “Erase All Data” di bagian bawah.

  1. Berikut ini langkah-langkah reset hp Xiaomi di MIUI 12 
  2. Masuk ke menu Setting
  3. Pilih About Phone
  4. Pilih Factory Reset
  5. Pilih bagian yang ingin di-reset
  6. Jika ingin reset semua data, pilih Erase all data.
4 dari 4 halaman

Manfaat Mereset HP

Selain untuk mengembalikan HP pada settingan pabrik, cara reset HP Xiaomijuga memiliki manfaat lain. Berikut manfaat mereset HP.

1. Menghapus Virus dan Malware

Mereset HP Xiaomi dapat menghapus virus dan malware yang mungkin ada pada perangkat. Virus dan malware dapat mencuri data pribadi dan menyebabkan performa yang lambat. Dengan mereset HP, semua aplikasi, termasuk virus dan malware yang menempel di dalamnya, akan dihapus.

2. Melindungi HP dari Hacker

Reset HP Xiaomi merupakan cara yang efektif untuk memperbaiki HP yang telah di-hack oleh hacker. Gejala HP yang telah di-hack umumnya adalah kinerja yang melambat, penggunaan baterai yang cepat habis, penggunaan kuota internet yang boros, dan munculnya aktivitas yang mencurigakan di HP. Melakukan factory reset akan menghapus program yang telah ditanamkan oleh hacker pada HP.

3. Membersihkan Memori Internal HP

ika memori internal HP penuh dan sulit untuk menghapusnya, melakukan factory reset adalah cara yang paling mudah. Reset HP juga dapat membersihkan memori sampah yang ditinggalkan oleh aplikasi yang telah di-uninstall. Dengan menghapus memori aplikasi yang "nyangkut" ini, pengguna akan mendapatkan tambahan kapasitas di memori internal HP.

4. Melindungi Data Pribadi Sebelum Menjualnya

Mereset HP Xiaomi sebelum menjualnya sangat penting. Dengan melakukan reset, semua data aplikasi, foto, video, dan data email akan dihapus dari HP. Hal ini akan mencegah pengguna baru untuk mengakses data yang masih tersimpan di dalam HP. Daripada menghapus data satu per satu, melakukan factory reset akan menghapus semua data termasuk pengguna dan kata sandi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.