Sukses

5 Tips Mengatasi Kebiasaan Begadang, Mudah Tapi Manjur

Tips mengatasi kebiasaan begadang sebenarnya mudah sekali dan dipercayai manjur.

Liputan6.com, Jakarta Tips mengatasi kebiasaan begadang sebenarnya mudah sekali dan dipercayai manjur. Namun masalahnya adalah seberapa kuat seseorang menjalankan tips tersebut hingga kebiasaan begadang menghilang.

Ada kalanya seseorang sudah terbiasa untuk tidur teratur. Namun saat sudah mulai lengah dengan jam tidur, bisa-bisa tubuh mulai terbiasa untuk begadang. Tubuh yang dibiasakan begadang akan mengantarkan kamu pada kebiasaan yang lebih tidak menyehatkan yaitu insomnia.

Dalam mengatasi begadang diperlukan kedisiplinan dan komitmen. Bila kamu tetap tidak mengatur pola hidupmu, maka semuanya menjadi akan sia-sia dan kebiasaan begadang tidak akan pernah teratasi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/7/2019) tentang tips mengatasi kebiasaan begadang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Komitmen Untuk Hidup Teratur

Ini adalah poin yang terpenting. Sebelum kamu menyadari pentingnya istirahat tepat waktu, pahami bahwa tubuh kamu butuh jam istirahat yang cukup karena pada jam tertentu, tubuh perlu melakukan regenerasi dan detoksifikasi. Dan hal itu terjadi pada saat tidur. 

Berkomitmen untuk hidup lebih teratur dan membiasakan diri untuk bangun dan tidur pada jam yang sama setiap harinya merupakan hal yang sangat penting sebagai tips mengatasi kebiasaan begadang tersebut.

3 dari 6 halaman

Mengatur Jam Biologis

Tips mengatasi kebiasaan begadang yang kedua seperti yang telah disinggung sebelumnya adalah mengatur jam biologis atau body clock kamu. Misalnya kamu bangun pukul 5 pagi, dilanjutkan dengan beraktivitas dan tidur kembali pukul 9 malam. Selain itu, kamu bisa juga melakukan kegiatan yang menyehatkan seperti berolahraga secara teratur, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dan mengonsumsi makanan bergizi.

4 dari 6 halaman

Buat Suasana Tidur yang Nyaman

Agar tidur lebih nyaman, redupkan atau bahkan matikan lampu. Bersihkan kamar atau rombak suasana kamar kamu. Hindarkan kamar dari kelembaban tinggi dan debu. Hal ini akan sangat manjur dalam menjalankan tips mengatasi kebiasaan begadang kamu. Dengan tidur yang nyaman, pastinya kamu juga akan lebih mudah tertidur saat ingin tidur, dan lebih mudah pula untuk bangun saat harus bangun karena suasana kamar sudah kamu atur sedemikian rupa sesuai kenyamanan.

 

5 dari 6 halaman

Jangan Keseringan Lembur

Usahakan pekerjaan kantor atau kuliah selesai tepat pada waktunya. Sehingga tak mengulur waktu istirahat yang kamu miliki. Selain itu sebisa mungkin hindari menonton televisi hingga larut malam.

Selain itu menghindari rokok dan kopi juga salah satu tips ampuh dalam mengatasi kebiasaan begadang. Banyak orang yang terbiasa mengonsumsi kopi di malam hari, Padahal rokok dan kopi memiliki senyawa kafein yang bisa merangsang hormon di saraf otak untuk tidak bisa beristirahat maksimal. Kamu perlu menghilangkan kebiasaan merokok serta minum kopi sebelum tidur.

Terlalu sering lembur dan menonton sampai larut malam, apalagi ditambah dengan merokok dan minum kopi tentu membuat kamu sulit tidur lebih cepat. Kamu harus tidur dengan waktu yang cukup agar keesokan harinya tubuh bisa lebih bugar.

6 dari 6 halaman

Jangan Mati Gaya

Saat jam biologis kamu berlangsung, jangan mati gaya. Coba lakukan kegiatan yang membuat kamu lebih aktif bicara, bekerja dan berpikir. Selain metabolisme lebih lancar, tubuh akan membiasakan diri dengan aktivitas kamu dan mudah tidur dengan lelap.

Kurangi kebiasaan begadang karena bisa mengganggu metabolisme tubuh kamu. Dengan mencoba cara di atas untuk bisa mengatasi kebiasaan begadang, semoga bisa membantu mencegah insomnia dan hidup kamu jadi lebih teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.