Sukses

5 Penyakit Berbahaya yang Ditandai dengan Perut Kembung, Jangan Disepelekan

Jangan anggap sepele perut kembung, karena pertanda adanya penyakit lain.

Liputan6.com, Jakarta Perut kembung merupakan suatu kondisi yang menyebabkan perut mengembang dan kerap memberikan rasa tidak nyaman. Ya, hampir semua orang yang sedang mendapati kondisi perut kembung kerap merasakan penuh pada bagian perut. Kondisi ini sangat umum terjadi, baik pada anak-anak hingga lansia.

Kebanyakan orang menganggap bahwa kondisi perut kembung ini disebabkan oleh masuk angin. Maka tak heran kerap dianggap remeh. Siapa sangka, di balik kondisi perut kembung ini bisa menjadi pertanda adanya penyakit berbahaya.

Ya, perut kembung merupakan kondisi yang kerap terjadi akibat banyaknya jumlah gas yang terkumpul di dalam perut. Pada kondisi yang tidak parah, perut kembung akan memberikan gejala berupa perut terasa bergejolak, terasa penuh, sesak, nyeri, kram, dan lain sebagainya.

Pada kondisi dengan gejala tersebut nantinya akan membaik dengan sendirinya dalam waktu yang singkat. Namun, apabila gejala cenderung menetap alias bertahan lama dan ditambah dengan munculnya gejala-gejala lain, maka kamu perlu waspada.

Berikut ini Liputan6.com, Rabu (28/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber terkait penyakit-penyakit apa saja yang ditandai dengan perut kembung ini. Hal ini perlu diketahui agar kamu lebih waspada lagi terhadap tanda-tanda yang dirasakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kanker Perut

Ada beberapa penyakit yang ditandai dengan gejala perut kembung, salah satunya adalah kanker perut. Pada kondisi perut kembung merupakan salah satu gejala yang dapat terjadi akibat kanker perut.

Perut kembung akibat kanker perut biasanya hadir bersamaan dengan gejala lain, seperti mual, perasaan kenyang di perut bagian atas, gangguan pencernaan, sakit perut yang parah, dan penurunan berat badan.

3 dari 6 halaman

Kanker Pankreas

Perut kembung yang diakibatkan oleh kanker pankreas biasanya akan memberikan gejala penyerta seperti penurunan nafsu makan dan berat badan, nyeri perut yang parah, serta menguningnya kulit maupun mata.

4 dari 6 halaman

Kanker Ovarium

Kanker ovarium merupakan salah satu penyakit yang memiliki gejala perut kembung, yang disertai dengan beberapa keluhan seperti cepat merasa kenyang dan nyeri pada panggul. Kanker jenis ini disebabkan oleh pertambahan usia, obesitas, riwayat keluarga alias genetik, dan konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang.

5 dari 6 halaman

Kanker Rahim

Selain itu, kanker rahim juga merupakan salah satu kondisi yang cukup berbahaya. Pasalnya ada gejala seperti perut kembung yang dirasakan penderitanya.

Pada kasus ini, penderita juga akan mengalami gejala lainnya seperti perdarahan pada vagina, keputihan, nyeri panggul, dan nyeri saat buang air kecil.

6 dari 6 halaman

Penyakit Crohn

Pada kondisi penyakit crohn ini bisa terjadi akibat adanya peradangan kronis di lapisan sistem pencernaan. Penyakit ini dapat menyebabkan usus tersumbat.

Oleh karena itu, seseorang yang menderita penyakit crohn ini akan mengalami gejala perut kembung yang parah disertai dengan penurunan berat badan, diare, serta mual, dan muntah setelah makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini