Sukses

8 Manfaat Bermain Alat Musik bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat bermain alat musik dapat merangsang kesehatan fisik dan mental

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bermain alat musik bagi kesehatan tidak bisa dianggap sepele. Bermain musik instrumental seperti piano, gitar, dan lain-lain dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga pikiran. Jadi selain makan makanan sehat, kamu juga bisa mendukungnya dengan bermain alat musik.

Bermain alat musik instrumental, seperti gitar dan piano, telah terbukti memberikan rasa bahagia, meningkatkan kreativitas, serta merangsang telinga dan otot, bahkan otak. Karena itu, memainkan alat musik bahkan dapat meningkatkan kecerdasan.  

Manfaat bermain alat musik dapat merangsang kesehatan fisik dan mental. Tak peduli dengan usia dan tingkat kemahiran, bermain alat musik merupakan salah satu bentuk latihan kognitif. Jadi, kamu bisa memainkan alat musik kesukaanmu untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/2/2020) tentang manfaat main musik bagi kesehatan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mempertajam Pikiran dan Mengatur Suasana Hati

Mempertajam Pikiran

Manfaat bermain musik bagi kesehatan yang pertama adalah mempertajam pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Studi di University of Kansas Medical Center menyimpulkan bahwa musisi tampil lebih baik pada tes kognitif daripada yang bukan musisi. Memainkan musik secara teratur adalah bentuk olahraga otak.

Misalnya saat bermain gitar, hal ini dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi fungsi kognitif. Saat bermain gitar, kamu harus fokus pada beberapa hal seperti belajar membaca akord, menyeimbangkan nada, bahkan menekan dan memetik senar.

Menurut beberapa penelitian, bermain gitar dapat mempertajam fungsi otak dan juga merangsang kekuatan otak dengan cepat.

Mengatur Suasana Hati

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa bermain musik dapat mengurangi stres dengan menurunkan kadar kortisol. Bermain musik dengan kecepatan yang berbeda dapat lebih meningkatkan manfaat ini.

Kegiatan ini juga dapat bertindak sebagai pelampiasan emosi. Menciptakan musik kamu sendiri membuat kamu dapat mengekspresikan kesedihan, sukacita, atau ketegangan sebagai sebuah karya.

3 dari 5 halaman

Meningkatkan Sistem Pernapasan dan Mengurangi Nyeri

Meningkatkan Sistem Pernapasan

Manfaat bermain musik bagi kesehatan selanjutnya adalah meningkatkan sistem pernapasan. Manfaat ini berlaku pada alat musik instrument yang ditiup seperti seruling, karinet, dan lain-lain.

Tentunya untuk mendapatkan manfaat ini kamu harus mengerti cara mengatur pernapasan dengan benar. Mengingat beberapa instrumen tersebut bergantung pada getaran udara yang kamu buat, jadi bernapas dengan efektif dan efisien juga menjadi salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari bermain musik.

Mengurangi Nyeri

Beberapa penelitian tentang kesehatan mental telah menyatakan bahwa bermain gitar dapat mengurangi, bahkan menyembuhkan rasa nyeri. Hal ini berkaitan dengan mendengarkan musik sebagai penyembuh rasa sakit.

Jadi bermain gitar tidak hanya sekedar hobi saja, namun juga dapat menjadi cara yang efektif untuk menyembuhkan rasa sakit pada setiap orang.

4 dari 5 halaman

Menjaga Jantung Tetap Sehat dan Membantu Penanganan Alzheimer

Menjaga Jantung Tetap Sehat

Beberapa peneliti medis telah menunjukkan bahwa bermain gitar dapat menjaga jantung sehat. Saat seseorang bermain gitar, fungsi otaknya pasti akan dapat mempengaruhi perasaan sedih atau patah hati, sehingga hal itu dapat memberikan efek positif untuk jantung dan juga perasaan.

Bahkan menurut beberapa penelitian, musik itu sendiri dapat menyembuhkan serangan jantung atau stroke.

Membantu Penanganan Alzheimer

Stimulasi mental yang terlibat dalam bermain dan mendengarkan musik dapat mempromosikan memori yang lebih baik pada pasien dengan penyakit Alzheimer. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien Alzheimer, disimpulkan bahwa memori musik dapat diserap jauh lebih baik daripada kata yang diucapkan.

Hal ini terutama disebabkan oleh gairah tinggi yang dibentuk musik, sehingga dapat meningkatkan perhatian dan memori.

5 dari 5 halaman

Meningkatkan Koordinasi dan Olahraga Menjadi Semakin Mudah

Meningkatkan Koordinasi

Musisi biasanya memiliki koordinasi yang bagus. Tindakan bermain instrumen mengharuskan kamu untuk memiliki koordinasi antara tangan dan mata yang tajam. H

al ini bahkan menguntungkan kamu dalam bermain basket, atau olahraga apapun yang membutuhkan koordinasi tangan dan mata yang baik.

Olahraga Menjadi Semakin Mudah

Selanjutnya, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kamu tidak harus menghabiskan uang untuk melakukan olahraga secara teratur, karena ada cara yang lebih efektif untuk melakukannya, seperti bermain gitar.

Ada beberapa alasan mengapa bermain gitar bisa menjadi cara yang efektif melakukan olahraga. Hal ini karena ketika bermain gitar kamu akan duduk dalam waktu yang lama dalam menyesuaikan suara atau pitch, dengan duduk dan memegang gitar, kamu otomatis dapat menyeimbangkan badan dengan baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.