Sukses

10 Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan, Rendah Lemak

Putih telur cocok untuk menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Telur menjadi pilihan menu makanan lezat dan kaya nutrisi. Namun, telur utuh mengandung kolesterol yang begitu dihindari banyak orang. Kolesterol telur terdapat pada bagian kuning telur. Dalam satu butir telur, kuning telur menyumbang 186 miligram kolesterol sedangkan putih telur sama sekali tak memiliki kolesterol.

Banyak orang percaya putih telur adalah bagian yang baik dari telur. Putih telur adalah cairan bening dan kental yang mengelilingi kuning kuning telur. Putih telur bertindak sebagai lapisan pelindung untuk mempertahankan ayam yang sedang tumbuh dari bakteri berbahaya.

Putih telur tinggi protein tetapi rendah kalori. Ini menjadikan putih telur sebagai pilihan tepat untuk makanan diet. Putih telur juga mengandung lemak jenuh dalam jumlah rendah.

Putih telur juga memiliki rasa yang lezat dan dapat diolah menjadi berbagai menu harian. Berikut manfaat putih telur yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sehatkan otak dan otot

Meningkatkan fungsi otak

Putih telur mengandung senyawa yang dikenal sebagai kolin. Senyawa ini adalah nutrisi makro yang dapat membantu menghasilkan DNA yang sehat.

Kolin memastikan pensinyalan saraf yang tepat bersama dengan detoksifikasi. Kolin merupakan persyaratan penting untuk berfungsinya sistem saraf dengan baik. Tingkat yang cukup dari senyawa ini dalam tubuh akan mencegah kerusakan pada sistem saraf.

Penting untuk pertumbuhan otot

Dosis protein yang cukup dibutuhkan agar tubuh dapat membentuk otot. Putih telur yang kaya protein sangat bagus untuk pertumbuhan otot.

Konsumsi putih telur secara teratur dapat membantu memperkuat otot, melawan kelelahan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Putih telur kaya akan asam amino esensial untuk membuat otot lebih kuat.

3 dari 6 halaman

Stabilkan tekanan darah dan cegah penyakit jantung

Stabilkan tekanan darah

Kehadiran kalium dalam putih telur dapat membantu mengurangi dan mempertahankan tingkat tekanan darah. Kalium adalah mineral dan elektrolit yang dikaitkan dengan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menurut sebuah penelitian oleh American Chemical Society, putih telur mengandung peptida yang disebut RVPSL, yang merupakan komponen protein yang membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

Cegah penyakit jantung

Kalium membantu menurunkan tekanan darah, yang dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Kalium dapat melancarkan aliran darah dan mencegahnya tesrumbat.

Putih telur dapat dikonsumsi untuk mengobati berbagai masalah seperti pembekuan darah. Ini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Mengonsumsi putih telur juga merupakan cara yang bagus untuk mengurangi risiko penyakit arteriosklerotik.

4 dari 6 halaman

Tinggi protein dan bebas kolesterol

Tinggi Protein

Putih telur tinggi protein tetapi rendah kalori. Bahkan, putih telur mengemas sekitar 67% dari semua protein yang ditemukan dalam telur. Protein dalam putih telur ini mengandung sembilan asam amino esensial dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh.

Rendah lemak dan bebas kolesterol

Semua kolesterol dan lemak dalam telur ditemukan dalam kuning telur. Sebaliknya, putih telur hampir merupakan protein murni dan tidak mengandung lemak atau kolesterol. Siapa pun yang memiliki kadar kolesterol tinggi dapat makan putih telur.

Karena putih telur rendah lemak, bagian telur ini secara signifikan lebih rendah kalori daripada telur utuh. Ini bisa menjadi pilihan yang baik bagi orang yang mencoba membatasi asupan kalori dan menurunkan berat badan.

5 dari 6 halaman

Cocok untuk diet dan tingkatkan energi

Bantu turunkan berat badan

Protein dalam putih telur dapat membantu mengekang nafsu makan dan membuat siapa pun yang mengonsumsinya merasa lebih kenyang lebih lama. Mendapatkan protein yang cukup juga penting untuk menjaga dan membangun otot, terutama jika Anda mencoba menurunkan berat badan.

Protein ini juga bisa membantu mengatasi obesitas yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, masalah pernapasan, hingga diabetes. Sarapan tinggi protein dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa ingin makan di waktu selanjutnya.

Tingkatkan produksi energi

Putih telur mengandung vitamin esensial seperti A, B-12 dan D. Salah satu vitamin yang paling penting adalah riboflavin. Riboflavin mendukung kesehatan metabolisme dan produksi energi. Riboflavin diperlukan untuk mencegah berbagai kondisi seperti degenerasi makula terkait usia, katarak dan sakit kepala migrain.

Nutrisi ini mengatur metabolisme sel, sehingga kekurangan sedikit pun dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan. Riboflavin juga memainkan peran penting dalam kesehatan hati, produksi hormon, fungsi saraf, dan sintesis asam amino. Tubuh membutuhkannya untuk menyerap dan mengaktifkan vitamin B-kompleks lainnya, serta zat besi.

6 dari 6 halaman

Kuatkan tulang dan stabilkan elektrolit

Kuatkan tulang

Putih telur kaya akan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi putih telur dapat menguatkan tulang, mencegah risiko osteoporosis dan patah tulang. Putih telur berperan dalam meningkatkan kepadatan tulang. Kalium pada putih telur juga membantu menjaga fungsi tulang tetap sehat.

Tingkatkan asupan elektrolit

Kalium mirip dengan natrium dalam hal meningkatkan elektrolit tubuh. Elektrolit yang cukup mendorong fungsi otot normal, membantu mencegah stroke dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, elektrolit melindungi sel-sel dalam tubuh dengan menyeimbangkan cairan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.