Sukses

20 Wisata Madura yang Lagi Hits, dari Kabupaten Bangkalan hingga Sumenep

Rekomendasi wisata Madura yang lagi hits, wajib dikunjungi dan dijelajahi!

Liputan6.com, Jakarta Wisata Madura yang lagi hits adalah ahlinya memanjakan mata wisatawan yang sedang berlibur di sana. Dari gugusan pantai, bukit, gili, hingga kepulauan kecilnya siap dijelajahi. Lengkap dari kabupaten Bangkalan sampai Sumenep jangan dilewatkan, ya!

Untuk menjelajahi wisata Madura yang lagi hits, wisatawan bisa masuk melalui pintu utama menuju Madura, yakni Jembatan Nasional Suramadu. Jalur darat, udara, dan lautnya mudah dilalui.

Wisata Madura yang lagi hits sebetulnya tak hanya menawarkan panorama alam yang indah dan menakjubkan. Nilai-nilai sejarah, budaya, dan religi di pulau Madura pun menarik untuk dipelajari. Berikut Liputan6.com ulas wisata Madura yang lagi hits dari berbagai sumber, Rabu (7/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Madura yang Lagi Hits

1. Bukit Arosbaya

Bukit Arosbaya merupakan wisata Madura yang lagi hits berlokasi di Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Bukit Arosbaya merupakan lokasi bekas penambangan kapur tulis yang sudah tidak beroperasi lagi. Bekas pahatan yang tidak beraturan memberi corak yang indah. Wisata Madura yang lagi hits berupa bukit kapur Arosbaya memiliki panorama bukit kapur yang cenderung kecokelatan. Di sekitar wisata Madura yang lagi hits terdapat juga gua-gua kecil yang terbentuk akibat penambangan.

2. Pesarean Aermata

Pesarean Aermata berada di Karang Pao, Arosbaya, tak jauh dari Bukit Arosbaya. Pesarean Aermata ini merupakan wisata Madura yang lagi hits berupa kompleks pemakaman bangsawan Madura dari Wangsa Cakraningrat, beserta kerabat dan abdi dalem istana lainnya.

Di Pesarean Aermata terdapat sumber mata air yang dipercaya oleh masyarakat sekitar mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Menurut legenda, mata air di wisata Madura yang lagi hits ini muncul atas bentuk kesedihan Syarifah Ambami, istri Cakraningrat I atas kekecewaan sang suami padanya.

3. Masjid Agung Bangkalan

Masjid Agung Bangkalan berada di Jl. KH. Moh. Kholil, Demangan Barat, Kabupaten Bangkalan. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 11.527 meter persegi, sedangkan bangunannya memiliki luas 3.000 meter persegi. Bangunan masjid ini masih dipertahankan arsitektur aslinya.

4. Bukit Jaddih

Bukit Kapur Jaddih merupakan destinasi wisata Madura yang lagi hits. Sama seperti Bukit Arosbaya, dulunya Bukit Jaddih merupakan lokasi penambangan batu kapur yang kini juga dijadikan objek wisata. Bekas penambangan meninggalkan pahatan yang unik dan indah. Di dalam wisata Madura yang lagi hits juga terdapat gua-gua kecil dan danau dengan air berwarna biru. Hingga kini aktivitas tambang masih berlangsung di Bukit Jaddih.

5. Alun-Alun Bangkalan

Alun-alun Bangkalan menjadi tempat favorit warga sekitar untuk nongkrong dan berkumpul. Di malam hari, tempat wisata Madura yang lagi hits ini menjadi pusat kuliner yang menjajakan beragam jenis makanan mulai dari tradisional hingga modern. Fasilitas yang disediakan wisata Madura yang lagi hits pun sangat lengkap mulai dari ruang terbuka hijau, taman bermain anak, hingga tempat duduk untuk bersantai.

3 dari 5 halaman

Wisata Madura yang Lagi Hits

6. Pantai Siring Kemuning

Pantai ini berlokasi di desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan. Pantai wisata Madura yang lagi hits ini berjarak sekitar 41 kilometer dari pusat Kabupaten Bangkalan. Pantai ini begitu menarik karena hamparan pasir putihnya yang kekuningan. Wisata Madura yang lagi hits berupa pantai Kemuning cukup ramai dikunjungi wisata baik lokal maupun mancanegara.

7. Taman Rekreasi Kota Bangkalan

Taman Rekreasi Kota Bangkalan merupakan taman rekreasi yang dikelola langsung oleh pemerintah setempat. Di wisata Madura yang lagi hits terdapat beragam wahana rekreasi keluarga seperti permainan anak, ruang terbuka hijau, hingga danau buatan. Ada pula kolam renang yang bisa digunakan untuk berenang anak dan dewasa.

8. Pantai Sembilangan

Pantai Sembilangan berada di Desa Sambilangan, Bangkalan. Salah satu daya tarik wisata Madura yang lagi hits ini adalah adanya Mercusuar Sembilangan. Mercusuar ini merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda yang digunakan untuk navigasi kapal-kapal yang melintas di selat Madura. Aktivitas nelayan di wisata Madura yang lagi hits juga masih dapat dengan mudah ditemukan di pantai ini.

9. Gili Iyang

Destinasi wisata Pulau di Madura yang wajib kamu kunjungi adalah Gili Iyang. Gili Iyang merupakan pulau kecil yang terletak di antara gugusan pulau-pulau di sebelah timur Pulau Madura dan termasuk wisata Madura yang lagi hits.

Pulau satu ini digadang-gadang memiliki udara dengan kadar oksigen tertinggi. Wisata di Sumenep ini menawarkan pantai pasir putih yang sangat panjang dengan air pantai yang sangat jernih dan tenang.

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di wisata Madura yang lagi hits ini, seperti berjemur di pinggir pantai, bermain air dan berenang, snorkeling, berkeliling di area pulau, berswafoto, hingga menikmati keindahan matahari terbenam.

10. Gili Genting

Destinasi wisata Madura yang lagi hits adalah Gili Genting. Bagi kamu yang ingin menikmati liburan seakan berada di Hawaii, tempat inilah jawaban yang tepat. Kamu bisa mengunjungi wisata Madura yang lagi hits, seperti Pantai Sembilan hingga Pantai Kahuripan. Pemandangan alam lautan yang eksotis akan kamu dapatkan saat berkunjung ke wisata Madura yang lagi hits berupa Pulau ini.

4 dari 5 halaman

Wisata Madura yang Lagi Hits

11. Pulau Mamburit

Pulau Mamburit merupakan wisata Madura yang lagi hits dengan keindahan pantainya. Pulau ini memiliki keindahan alam bawah laut yang tidak kalah seperti di Indonesia bagian Timur. Memiliki hamparan pasir putih, air laut yang jernih serta terumbu karang membuat suasana di pulau ini begitu asri.

Tak berbeda dengan deretan pulau di Sumenep lainnya. Di wisata Madura yang lagi hits ini kamu juga bisa snorkeling untuk menikmati keindahan kehidupan bawah laut. Destinasi wisata Madura yang lagi hits satu ini harus menjadi daftar kunjunganmu.

12. Gili Labak

Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Pulau Puteran atau Pulau Madura. Masih terletak di Kabupaten Sumenep, destinasi wisata Madura yang lagi hits ini tidak kalah menawan untuk dikunjungi.

Gili Labak merupakan wisata Madura yang lagi hits dengan garis pantai hampir di seluruh bagian sisi pulau. Seluruh area pantai ini benar-benar masih sangat bersih tanpa polusi. Begitu juga dengan air pantainya, yang terlihat sangat jernih dan berwarna bening kebiru-biruan.

Beberapa area wisata Madura yang lagi hits berupa pantai di gili ini masih memiliki kawasan terumbu karang yang sangat memukau. Area terumbu karang ini sangat cocok dimanfaatkan sebagai lokasi untuk melakukan aktivitas snorkeling.

13. Kepulauan Kangean

Kepulauan Kangean merupakan pulau besar yang berada di ujung paling timur wilayah Madura. Di Kepulauan Kangean, kamu bisa menyusuri wisata Madura yang lagi hits berupa pulau-pulau besar seperti Kangean, Pulau Paliat, dan Pulau Sepanjang.

Destinasi wisata Madura yang lagi hits ini menawarkan keindahan wisata pantai dan wisata bahari yang kaya dengan biota bawah laut. Bagi kamu yang menyenangi kegiatan diving dan snorkeling, Kepulauan Kangean merupakan destinasi wajib. Hal ini disebabkan karena alam bawah lautnya sangatlah indah dan belum sering terjamah.

14. Gili Pandan

Gili Pandan merupakan destinasi wisata Madura yang lagi hits dan tak kalah menawan. Bagi yang ingin menikmati liburan seakan-akan memiliki pulau pribadi, wisata Madura yang lagi hits berupa Gili Pandan bisa menjadi pilihanmu. Sebagai pulau tak berpenghuni, wisata Madura yang lagi hits ini menawarkan keindahan alam yang mengagumkan. Nuansa alami dari pulau tropis ini tidak terbantahkan karena pasir pantai yang putih bersih dan air laut yang tenang.

15. Pulau Sapeken

Destinasi wisata Madura yang lagi hits selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Sapeken. Pulau Sapeken merupakan salah satu pulau terluar yang ada di Kepulauan Madura. Pulau ini menawarkan daya tarik berupa kawasan terumbu karang yang sangat indah. Jadi, buat kamu penikmat alam bawah laut, wisata Madura yang lagi hits berupa Pulau Sapeken wajib dimasukkan ke dalam daftar snorkeling.

5 dari 5 halaman

Wisata Madura yang Lagi Hits

16. Puncak Ratu Pamekasan

Pamekasan merupakan daerah di Madura yang terkenal dengan keindahan alamnya. Salah satu destinasi wisata Madura yang lagi hits ini ramai dikunjungi wisatawan adalah Puncak Ratu Pemekasan. Destinasi wisata Madura ini cocok dijadikan refreshing bersama keluarga karena menawarkan panorama alam yang indah dan menyejukkan mata.

Puncak Ratu Pamekasan berada di ketinggian sekitar 200 meter. Dari puncak ketinggian, Anda bisa menyaksikan landscape Pamekasan yang menawan. Selain itu, Anda juga dapat melihat ratusan pohon sengon yang tampak masih hijau dan asri.

Bagi yang berkunjung ke Madura, sebaiknya tidak melewatkan untuk mengunjungi wisata Madura yang lagi hits berupa Puncak Ratu Pemekasan. Cukup membayar biaya retribusi Rp5.000 dan parkir kendaraan Rp3.000, Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam yang memesona.

17. Goa Blaban, Pamekasan

Bagi yang menyukai wisata alam yang penuh petualangan, wajib mengunjungi wisata Madura yang lagi hits Goa Blaban. Obyek wisata Madura yang lagi hits ini berada di Desa Blaban, Kecamatan Batu Marmar, Kabupaten Pamekasan ini, menyajikan keindahan dari dalam goa dengan stalaktit yang menawan.

Dulunya, Goa Blaban ditemukan oleh warga sekitar saat menggali sebuah sumur. Tanpa sengaja, warga sekitar menemukan lubang besar dengan diameter sekitar 50 meter persegi di kedalaman 7 meter. Banyaknya stalakmit dan stalagmit berwarna putih di dalam goa, membuat wisata Madura yang lagi hits satu ini terlihat semakin memesona.

18. Bukit Tinggi Daramista, Sumenep

Bagi yang berlibur ke pulau Madura, coba berkunjung ke Bukit Tinggi Daramista. Tempat wisata Madura yang lagi hits satu ini memiliki udara yang sejuk, pemandangan alam, dan berbagai macam spot foto yang memesona.

Tempat wisata Madura yang lagi hits ini juga menawarkan beragam fasilitas yang unik, seperti gubuk-gubuk kecil hingga kolam buatan. Lokasi wisata Madura yang lagi hits ini berada di perbukitan, membuat pengunjung bisa menikmati panorama alam yang masih hijau dan tampak asri.

19. Kampung Toron Samalem

Kampung Toron Samalem merupakan wisata Madura yang lagi hits. Obyek wisata satu ini memiliki pemandangan berupa bangunan-bangunan beratap jerami yang bisa dijadikan spot foto menarik bagi wisatawan. Selain itu, kawasan wisata Madura yang lagi hits ini juga terdapat lautan berwarna biru, menambah keindahan Kampung Toron Semalem.

Bagi yang ingin mengunjungi wisata Madura yang lagi hits berupa Kampung Toron Semalem, bisa datang langsung ke kawasan Desa Blumbung, Kecamatan Laranan, Pamekasan. Cukup membayar tiket masuk wisata Madura yang lagi hits Rp10.000, Anda sudah bisa menikmati pemandangan Kampung Toron Samalem yang eksotis.

20. Pantai Teluk Sapoong

Kabupaten Sumenep memiliki berbagai macam tempat wisata Madura yang lagi hits dan eksotis, salah satunya Pantai Teluk Sapoong. Destinasi wisata Madura yang lagi hits ini berada di Desa Pajanangger ini, menawarkan keindahan alam yang masih tampak asri.

Tak hanya air lautnya yang masih jernih, banyaknya pepohonan rindang di sekitar pantai membuat destinasi wisata ini semakin menawan.

Pantai Teluk Sapoong merupakan wisata Madura yang lagi hits dan menyediakan beragam fasilitas menarik, seperti Perahu Motor atau Kapal Boat yang siap mengantar Anda berkeliling di sekitar pantai. Untuk bisa masuk ke tempat wisata Madura yang lagi hits ini, Anda hanya perlu membayar tiket Rp5.000 saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini